4 Departemen Milik Pemerintah yang Bisa Dituju Oleh Lulusan PKN STAN

Bicara tentang sekolah kedinasan, Indonesia juga memiliki cukup banyak sekolah kedinasan yang sudah kredibel, lho, gaes! Mulai dari STAN, STIN, BIN, STSN, STIS, hingga IPDN.

Di antara sekolah kedinasan yag disebutkan di atas, masih Politeknik Keuangan Negara atau yang biasa lebih dikenal dengan PKN STAN—yang masih jadi sekolah kedinasan favorit buat para pelajar yang mau lulus saat ini. Kenapa demikian?

Soalnya, pola pikir masyarakat kita beranggapan bahwa nantinya lulusan STAN pasti akan bekerja di Kementerian Keuangan dan mendapat gaji yang cukup tinggi, khususnya di Direktorat Jenderal Pajak. Padahal lulusan STAN nggak cuma bekerja di Direktorat Jenderal Pajak saja.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di STAN, yuk, simak di mana saja, sih, lulusan PKN STAN ini akan bekerja.

1. Direktorat Bea dan Cukai

Buat kamu yang mengambil jurusan pendidikan bea dan cukai di PKN STAN, hampir pasti kamu juga akan bekerja di Direktorat Bea dan Cukai, gaes. Penempatannya bisa di mana saja.

Jadi, jangan kaget, ya, kalau nanti kamu akan ditempatkan di kota pelabuhan yang jauh dari daerah asalmu!

2. Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Salah satu pekerjaan yang paling diincar oleh lulusan PKN STAN adalah Direktorat Jenderal Pajak. Alasannya, seperti yang sudah sempat disinggung di atas. Yups, karena bekerja di Direktorat Jenderal Pajak pendapatannya bisa dibilang cukup tinggi.

DJP ini juga punya kantor cabang, yaitu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). Kedua kantor cabang tersebut berada di seluruh Indonesia, sehingga penempatan kerjanya juga bisa di seluruh Indonesia, gaes.

Oyaa, di DJP juga sering terjadi mutasi, lho. Jadi, kamu juga bisa berpindah dari daerah satu ke daerah lain hanya dalam hitungan bulan.

3. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Pernah dengar cerita lulusan PKN STAN yang bertugas untuk menilai harga terumbu karang yang ada di lautan nggak, gaes? Nah, itu juga salah satu bagian tugas dari DJKN.

Sama seperti Direktorat Bea dan Cukai serta DJP, siapa saja yang bekerja di DJKN ini juga harus siap bekerja di seluruh wilayah Indonesia.

4. Sekretariat Jenderal dan Inspektorat Jenderal

Jangan salah, lulusan PKN STAN juga bisa bekerja di kantor-kantor pusat Kementerian Keuangan seperti Sekretariat Jenderal dan Inspektorat Jenderal, lho. Tenangg, statusnya tetap PNS, kok. Hanya susunan kerja serta tanggung jawabnya saja yang berbeda dari yang di Direktorat Jenderal Pajak.

Intinya, sih, semua lulusan PKN STAN akan bisa diterima kerja di semua bagian Kementerian Keuangan.

Fyi, Ibu Sri Mulyani juga telah menguumkan bahwa lulusan PKN STAN juga akan mendapat kesempatan bekerja di kementerian lain. Ada 10 kementerian/lembaga yang akan menerima lulusan PKN STAN.

Berikut  daftarnya:

1. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

2. Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

3. Kemeterian Perhubungan

4. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

5. Kementerian Pertahanan

6. Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

7. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman

8. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)

9. Badan Narkotika Nasional

10. Badan Ekonomi Kreatif

***

Itu tadi beberapa pilihan tempat kerja bagi lulusan PKN STAN. Peluang kerjanya sangat variatif, ‘kan? Pantas saja PKN STAN masih jadi sekolah kedinasan favorit di Indonesia. Hihihi.

Jadi, gimana, gaes, semakin mantap untuk melanjutkan pendidikan di PKN STAN? Siap-siap ya, karena persaingan dan seleksi untuk bisa masuk ke PKN STAN ini juga nggak mudah dan perlu perjuangan ekstra!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: bcbogor.beacukai.go.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1