Menu

6 Pilihan Karier yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus dari Jurusan Kuliah Sistem Informasi

Saat ini, Indonesia tengah dilanda euforia Revolusi Industri 4.0. Berkaitan dengan hal tersebut, tentunya Indonesia masih sangat membutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang mumpuni di bidangnya.

Nah, Sistem Informasi (Manajemen Informatika) adalah salah satu jurusan kuliah atau program studi di dalam Fakultas Teknik dan Informatika (FTI)—yang diyakini keberadaannya bisa mendukung suksesnya revolusi industri 4.0.

Sayangnya, banyak orang yang menyamakan semua program studi di bawah FTI hanya berkutat pada masalah coding atau programming. Nyatanya di dalam program studi Sistem Informasi, kamu akan diajarkan bagaimana melakukan proses bisnis yang benar seiring dengan implementasi teknologi informasi serta tata kelola atau manajemen sistem yang baik dan benar, lho.

Trus, kalau begitu program studi Sistem Informasi kira-kira punya peluang karier sebagai apa saja, ya?  Untuk lebih jelasnya, yuk, cari tahu profesi apa aja, sih, yang bisa dilakukan lulusan sistem informasi berikut ini.

1. Big Data Analyst

Big Data Analyst

Data merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah bisnis. Sebuah bisnis pasti memerlukan data baik untuk melakukan evaluasi atau bahkan pengembangan produk. Big Data sendiri bukan berarti besarnya data yang dipunya, tapi Big Data berarti sekumpulan data yang sangat besar yang nggak bisa ditangani oleh aplikasi database biasa.

Oleh karena itu, dibutuhkan seorang Analis Data (Data Analyst) yang bertugas untuk mengolah data tersebut dari mentah hingga dapat dengan mudah dimengerti oleh manajemen. Dengan menggunakan berbagai macam software pendukung serta keahlian khusus, data mentah tersebut dapat bertransformasi menjadi sebuah visualisasi data berupa bentuk diagram, chart atau bar. Hasil visualisasi tersebut-lah yang digunakan para perusahaan untuk menentukan keputusan bisnis yang akan diambil.

2.  Perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau Enterprise Resource Planning (ERP) System

ERP System

ERP System merupakan sistem yang terintegrasi di dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Intergrasi yang dimaksud di sini adalah melakukan integrasi terhadap seluruh divisi yang ada dalam sebuah perusahaan, sehingga akan menghasilkan data dengan tingkat integritas yang sangat baik.

Selain itu, keseluruhan proses bisnis mulai dari pembelian bahan mentah hingga proses gudang juga diatur di dalam sebuah sistem ERP, gaes. Maka dari itu, sistem ERP ini bersifat vital, apalagi untuk kelas perusahaan internasional.

3. Database Administrator 

Database Administrator

Sesuai dengan namanya, database atau bila diartikan adalah basis data, merupakan tempat untuk menyimpan seluruh data yang ada di dalam sebuah sistem. Akhir-akhir ini, keberadaan database sangat penting digunakan oleh perusahan.

Tugas seorang Database Administrator sendiri antara lain adalah mendesain database sesuai dengan kebutuhan sistem komputer, mengkoordinasi perubahan pada database komputer hingga proses backup data.

4. Analis Sistem Komputer 

Analis Sistem Komputer

Dalam melakukan pengembangan terhadap suatu sistem, tentunya diperlukan perencanaan khusus agar sistem yang dikembangkan akan sesuai dengan ekspektasi pelanggan, ‘kan? Well, itulah tugas dari seorang Analis Sistem Komputer, gaes.

Mereka harus mampu menganalisa—baik dari sisi teknis, bisnis, dan masalah lain terkait pengolahan data untuk menerapkan dan meningkatkan sistem informasi dan komputer dalam sebuah perusahaan. Selain itu, mereka juga harus mampu dalam bahasa pemrograman serta penggunaan hardware dan software yang akan diimplementasikan guna melakukan komunikasi dengan bagian programmer.

5. Information Technology (IT) Audit

IT Audit

Untuk memastikan sebuah sistem berjalan dengan baik secara menyeluruh maka dibutuhkan-lah seorang yang ahli dalam bidang IT Audit. Mereka bertugas untuk melakukan evaluasi terhadap suatu sistem baik dari flow yang sudah ada, keamanan sistem hingga data.

Tujuan adanya IT Audit adalah untuk memastikan bahwa keberadaan sistem mampu memenuhi kebutuhan pelanggan secara efektif dan efisien.

6. Business Intelligence (BI)

Business Intelligence

BI merupakan sebuah konsep untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa, dan menyediakan akses pada data. Karena pengertian umum tersebut, BI seringkali digunakan sebagai istilah yang hanya menggambarkan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menganalisa data-data di perusahaan. Tapi, pada kenyataannya, keberadaan BI dalam suatu perusahaan terletak pada divisi IT.

Fyi, keberadaan BI dalam suatu perusahaan haruslah diawali dari pelaku bisnis itu sendiri karena merekalah yang lebih mengetahui informasi dan analisa apa-apa saja yang dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kinerja bisnis—mulai dari eksekutif, manajemen bahkan sampai ke operasional. Disinilah nilai BI bisa menjadi besar dan berguna bagi perusahaan.

Intinya, BI berfungsi sebagai analis, penghitung scorecard, sekaligus memberikan informasi yang akurat sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan pasar yang kompetitif dan stabilitas dalam jangka panjang serta membuat keputusan bisnis berdasarkan data, bukan berdasarkan insting.

***

Itulah beberapa prospek karier dari lulusan program studi Sistem Informasi, gaes. Ternyata banyak juga, ya? Hihihi.

Anyway, buat kamu yang tertarik kuliah di program studi ini atau program studi lain. Sekarang kamu nggak perlu bingung harus mulai dari mana. Karena di Pintaria, kamu bisa menemukan kampus-kampus ternama yang sudah bermitra dengan Pintaria yang menyediakan berbagai pilihan program studi kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Kabar baiknya lagi, di Pintaria ada metode blended learning untuk kamu yang mengejar gelar sarjana sambil bekerja, lho. Blended Learning biasa juga disebut dengan Pendidikan Jarak Jauh alias PJJ. Alhasil, kamu hanya perlu datang ke kampus pada akhir pekan.

Oya, selain menawarkan pendidikan berkualitas dengan metode blended learning, kamu juga bisa mengatur jadwalmu sesuai kebutuhan dan mengikuti berbagai kelas interaktif yang bisa kamu pilih sesuai dengan gaya belajarmu dan ikuti di mana dan kapan saja lewat Pintaria. Masalah biaya, kamu juga nggak usah khawatir, gaes. Soalnya Pintaria menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kelas kuliah reguler.

Jadi, gimana? Apakah kamu tertarik? Kalau iya, tunggu apa lagi. Yuk, segera kunjungi Pintaria untuk mulai merancang rencana kuliah sambil bekerja kamu sekarang juga!

 

Baca juga:​

(Sumber gambar: freeitech.com, healthworkscollective.com, themanufacturer.com, suneducationgroup.com, thebalancecareers.com, itworksite.com, cio.com)

LATEST COMMENT
Miltato | 15 jam yang lalu

apa bisa anak ipa masuk ke ilmu komunikasi?

Q & A Tanya Youthmanual: Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi
Nanda Abdullatif | 18 jam yang lalu

Setauku sttn bayar, tapi lebih murah dari ptn dan banyak beasiswa yang tawarkan

Ini Dia 7 Perguruan Tinggi Kedinasan Yang Nggak Kalah Kece Dari Perguruan Tinggi Negeri!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©