7 Pilihan Profesi Lulusan Ilmu Perpustakaan

Tahukah kamu? Kalau di Indonesia itu ada perayaan bernama Hari Kunjung Perpustakaan (pasti nggak ada yang pada tahu, deh). Perayaan Hari Kunjung Perpustakaan jatuh setiap 14 September.

Berbicara mengenai perpustakaan, kamu pasti pernah mendengar program studi bernama Ilmu Perpustakaan. Well, Ilmu Perpustakaan mungkin masih menjadi program studi yang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia dan nggak termasuk ke dalam radar program studi favorit, apalagi bergengsi bagi siswa SMA.

Tapi, Ilmu Perpustakaan juga bukan program studi yang langka di Indonesia, gaes. Soalnya, beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Brawijaya sudah sejak lama membukanya.  

Fyi, program studi ilmu perpustakaan ternyata nggak melulu mempelajari pengolahan buku seperti yang banyak orang pikirkan. Di era digital seperti saat ini, program studi Ilmu Perpustakaan juga mempelajari tentang teknologi informasi di perpustakaan dan berbagai rumpun ilmu yang terkait. Baca selengkapnya di: Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Ilmu Perpustakaan, Yuk!.

Nah, buat kamu yang berminat atau sedang menempuh pendidikan di bidang Ilmu Perpustakaan. Nggak perlu khawatir mengenai prospek kerjanya. Kamu akan memiliki kesempatan kerja yang sangat luas karena tenaga seorang lulusan program studi Ilmu Perpustakaan sangat dibutuhkan di banyak tempat. Nggak percaya? Yuk, cari tahu profesi apa yang bisa digeluti dari lulusan program studi ini.

1. Pustakawan 

pustakawan

Ya, tentu saja prospek kerja yang pertama dari program studi ini adalah menjadi Pustakawan. Seorang pustakawan bertugas untuk mengelola dan melaksanakan segala pelayanan yang dibutuhkan pengunjung terkait dengan perpustakaan. Diantaranya adalah memilih, memperoleh, membuat daftar, mengklasifikasikan, mengedarkan, hingga merawat material yang ada di perpustakaan.

Intinya, tugas seorang Ppustakawan itu ibarat mesin pencari Google, harus mampu memberikan jawaban yang tepat dan akurat. Jadi, mulai sekarang jangan anggap remeh profesi ini, ya!

Oyaa, seorang Pustakawan bisa bekerja di berbagai jenis perpustakaan, lho, gaes. Mulai dari perpustakaan publik, perpustakaan milik pemerintah atau perpustakaan milik kampus/sekolah.

2. Juru Arsip atau Arsiparis

Lulusan Ilmu Perpustakaan bisa bekerja di bagian Administrasi dan Kearsipan, lho. Soalnya, pada saat menempuh pendidikan di program studi ilmu perpustakaan, selain belajar mengenai hal-hal yang terkait dengan perpustakaann, kamu akan menemui beberapa mata kuliah mengenai manajemen arsip atau dokumen, gaes.

Kamu akan mempelajari tentang bagaimana cara pengelolaannya, pemakaiannya, pemusnahannya hingga perawatan arsip yang memiliki nilai sejarah. Sehingga, informasi yang dimiliki suatu lembaga atau perusahaan nantinya dapat tersimpan dengan rapih dan baik serta dapat ditemukan dengan mudah apabila dibutuhkan.

Psstt… saat ini hampir setiap perusahaan milik negeri maupun swasta memiliki arsip atau dokumen yang harus dikelola dengan baik. Dengan kata lain, kamu yang tertarik di bidang Ilmu Perpustakaan bakal punya kesempatan besar berkarier menjadi seorang Arsiparis.

3. Konsultan Perpustakaan atau Konsultan Informasi

Bagi kamu yang ingin berkarier di bidang wiraswasta, menjadi seorang Konsultan Perpustakaan atau Konsultan Informasi mungkin menjadi alternatif pilihan yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari program studi ilmu perpustakaan, gaes.

Ilmu yang kamu dapatkaan saat mengenyam bangku kuliah—seperti manajemen perpustakaan dan informasi, serta pengelolaan teknologi di perpustakaan bisa kamu jadikan peluang untuk membuka jasa menata perpustakaan, memberikan edukasi informasi pada bidang ilmu tertentu, pelatihan digital, dan lain-lain kepada perpustakaan yang membutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa membuka usaha sendiri dalam bidang pengelola dan penyimpanan arsip dan dokumen.

4. Web Desainer 

perpustakaan digital

Sempat disinggung di awal, perkembangan teknologi yang semakin canggih menyebabkan perpustakaan juga harus mengikuti perkembangan jaman tersebut. Bahkan, beberapa perpustakaan kini sudah tersedia dalam bentuk digital alias layanan perpustakaan online baik berupa website ataupun aplikasi.

Sehingga mau nggak mau, program studi Ilmu Perpustakaan pun turut mengikuti arus perkembangan teknologi informasi yang ada. Mahasiswa yang bekuliah di program studi ini ditutuntut untuk siap menghadapi gebrakan informasi dengan mempelajari pemrograman web dasar, analisis perancangan sistem, dan arsitektur informasi.

That’s why, lulusan program studi ini bisa menjadi seorang Web Desainer yang sangat dibutuhkan oleh berbagai perpustakaan yang ada.

5. Database Administrator 

Selain sebagai Web Desainer, peluang karier bagi lulusan sarjana ilmu perpustakaan di bidang IT selanjutnya adalah sebagai Database Administrator. Seorang Database Administrator bertugas untuk mendesain, memelihara, mengelola hingga memperbaiki database perpustakaan.

6. Menjadi PNS di semua kementrian, lembaga, BUMN, dan BUMD

Hampir semua instansi pemerintah, pasti terdapat penerimaan bagi lulusan Ilmu Perpustakaan untuk menempati posisi sesuai keahlian sebagai seorang Pustakawan atau Arsiparis, gaes.

Asal kamu tahu, ya. Dokumen menjadi urat nadi kehidupan sebuah instansi. Soalnya, di dalam dokumen terdapat disposisi, surat perintah, surat keputusan, dan beragam hal terkait laju perusahan.

Dari situ, tentu setiap insntasi atau perusahaan membutuhkan para profesional di bidang manajemen arsip, pendokumentasian, dan teknologi pengelolaan dokumentasi. Jelas kebutuhan akan hal tersebut meninggi seiring semakin berkembangnya teknologi dokumentasi dan kearsipan.

7. Dosen atau Pengajar

Last but not least, profesi yang terakhir ini bisa jadi alternatif lain kalau kamu nggak berminat untuk bekerja di perpustakaan atau di suatu instansi/perusahaan.

Tentunya, prospek karier sebagai dosen terbuka luas, dikarenakan masih minimnya tenaga pengajar bidang ilmu perpustakaan di Indonesia. Program studi Ilmu Perpustakaan sendiri sudah ada di 33 Universitas di Indonesia. Selain itu, seorang lulusan Ilmu Perpustakaan juga bisa mengajar pada program studi sejenisnya yang berhubungan dengan administrasi, informasi dan kearsipan.

Tapi, yang perlu digarisbawahi adalah untuk bisa menempuh karier sebagai dosen atau pengajar, kamu harus melanjutkan pendidikan ke jenjang magister terlebih dahulu.

***

Itulah tadi 7 prospek karier bagi kamu yang ingin atau sedang berkuliah di program studi ilmu perpustakaan. Ternyata banyak banget, ya, ragam karier yang bisa kamu tempuh? Jadi, jangan pernah berkecil hati atau merasa khawatir untuk berkuliah di program studi ini, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: princeton.edu, rd.com, ejump.ro)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1