Bekerja Sebagai Pustakawan: Menarik, Nggak, Sih?

Ketika kamu mendengar kata Pustakawan, apa yang ada di pikiranmu? Pastinya tidak jauh dari buku dan perpustakaan, kan? Yap! Memang Pustakawan adalah seseorang yang melakukan kegiatan perpustakaan dengan membantu orang-orang menemukan buku, majalah, dan informasi lainnya.

Lalu apakah pekerjaan dari seorang Pustakawan hanyalah mencari dan menemukan buku-buku saja? Wah, nggak, dong, gaes. Pustakawan memiliki berbagai macam pekerjaan, bahkan Pustakawan juga bertanggung jawab atas kenyamanan dari pengunjung perpustakaan, lho.

Pustakawan adalah sumber daya yang menggerakkan sumber daya lainnya agar perpustakaan dapat berperan secara baik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Karena hal inilah, Pustakawan menjadi ujung tombak keberhasilan dalam penyebarluasan informasi di perpustakaan.

Wah, kalau begitu selain mencari dan menemukan buku-buku, Pustakawan kerjanya ngapain aja, ya? Kan, kerjaannya di perpustakaan, terus bosen, nggak, ya? Skills apa saja, ya, yang dibutuhkan kalau mau bekerja sebagai Pustakawan?

Eits… Sabar, mumpung ada satu teman kita, nih, yang bekerja sebagai Pustakawan di Perpustakaan PsikologiUniversitas Pancasila. Yuk, kita tanya-tanya langsung seputar dunia Pustakawan bersama dengan Irfan!

Halo Irfan! Kamu kerja sebagai Pustakawan dimana sih?

“Halo, saya kerja sebagai Pustakawan di Perpustakaan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, nih.”

Wah, keren ya! Emang kalau jadi Pustakawan kerjaannya atau job description-nya apa, sih?

job description pustakawan

“Kalau secara umum, sih, saya mengurusi pelayanan, pengadaan bahan pustaka, pengolahan bahan pustaka, reservasi, shelving dan masih banyak lagi.”

“Kalau pelayanan pasti orang-orang sudah banyak yang tahu, lah, ya. Ketika kamu ketemu seseorang saat kamu ingin meminjam buku, nah, orang yang melayanimu adalah Pustakawan yang sedang mengerjakan job description pelayanan. Kalau pengadaan dan pengelolaan bahan pustaka, saya bekerja mengurusi buku-buku yang baru, baik itu buku-buku yang dibeli dari pihak fakultas atau buku hibahan dari orang lain.”

“Kalau reservasi, saya menangani orang-orang yang mau booking atau pesan buku untuk peminjaman berikutnya. Dan kalau shelving, saya memiliki kewajiban untuk menempatkan semua bahan pustaka sesuai dengan nomor panggilnya.”

“Oh iya, nomor panggil adalah kode-kode yang sering di tempelkan di punggung buku, yang isinya berupa huruf dan juga nomor-nomor. Huruf yang tertulis pada nomor panggil merupakan inisial dari nama penulis dan juga satu huruf dari huruf pertama judul buku. Sedangkan nomor-nomor merupakan nomor klasifikasi jenis buku. Saya juga yang bertanggungjawab atas nomor panggil ini. Guna dari nomor panggil ini adalah untuk mempermudah orang-orang menemukan buku yang sedang dicari.”

Memangnya, apa alasan kamu memilih untuk bekerja sebagai Pustakawan?

“Soalnya, memang pas di S1 saya mengambil Program Studi Ilmu Perpustakaan. Jadi, saya memilih pekerjaan ini karena memang sejalan dengan program studi yang saya ambil ketika di S1. Selain itu, saya juga merasa senang mengerjakan pekerjaan sebagai Pustakawan.”

Kemampuan yang harus dimiliki sebagai seorang Pustakawan, tuh, ada apa saja, sih?

kemampuan yang dimiliki oleh pustakawan

“Sebenarnya, sih, kemampuan yang terpenting yang harus dimiliki oleh Pustakawan ialah pemahaman tentang bagaimana, sih, cara mengatur perpustakaan, misalnya mengerti paham pembuatan nomor panggil bahan pustaka dan sebagainya.”

“Tapi perlu diingat, nih, dunia kerja dan dunia kuliah sangat jauh berbeda. Jadi, ketika kamu sudah berada di dunia kerja, kamu harus memiliki banyak kemampuan atau multi-skills. Kamu jangan hanya terpaku dengan kemampuan-kemampuan dasar saja, melainkan kamu pun harus mencari dan memperkuat kemampuan lainnya.”

“Contoh, waktu saya masih kuliah di Ilmu Perpustakaan, saya belajar tentang hal yang berhubungan dengan dunia kepustakaan, tetapi, saya pun belajar tentang software atau sistem informasi berbasis Information and Technology hingga mendukung di dunia perpustakaan. Kemampuan tentang desain grafis dan bahasa juga perlu diperhatikan, karena kedua kemampuan tersebut sangat dibutuhkan juga.”

Bagaimana suka dan dukamu bekerja sebagai seorang Pustakawan?

“Kalau sukanya, sih, karena emang sesuai dengan program studi ketika kuliah jadinya enjoy-enjoy, saja. Selain itu, karena dari dulu suka sekali dengan buku-buku, jadi senang-senang saja kalau harus bekerja dengan buku-buku. Selain itu, karena pengunjung perpustakaan pastinya banyak sekali, jadi seru juga harus berinteraksi dengan banyak orang.”

“Dukanya, sih, kadang saya suka ketemu dengan pengunjung yang susah diatur. Kadang suka ada yang berisik dan kadang juga suka ada pengunjung yang tidak memperlakukan bahan pustaka dengan bijak.”

Tips untuk teman-teman yang mau menjadi Pustakawan?

suka duka sebagai pustakawan

“Intinya, jangan cepat menyerah untuk mengejar cita-cita. Peluang jadi seorang Pustakawan itu cukup besar. Pokoknya, harus giat belajar, tingkatkan kemampuan agar menjadi seseorang yang multi-skills atau memiliki banyak kemampuan agar dapat bersaing di dunia kerja.”

***

Nah, dari penuturan Irfan tentang pekerjaannya sebagai Pustakawan, bagaimana, nih, gaes, menurutmu? Menarik, nggak, sih bekerja sebagai Pustakawan?

Baca juga:

(Sumber gambar: systematicsinc.com, commons.wikimedia.com, litablog.org, rd.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1