Anak Magang Seperti Apa, Sih, yang Dicari Perusahaan?

Banyak tenaga ahli spesialis yang memulai karir mereka sebagai anak magang,” begitu kata Maya Juwita, HR Manager dan Ari Wijanarko, HR Recruitment & Employment Officer WWF Indonesia

Yup, di saat banyak fresh grads mengeluhkan betapa sulitnya mendapat kerja—yang notabene lebih sulit daripada mencari jodoh—beberapa perusahaan justru membuka pintu lebar-lebar bagi mahasiswa belum berpengalaman lewat program internship atau magang.  

Wah, kesempatan begini wajib dikejar! Lebih wajib daripada ngejar tiket pesawat murah! Nah, anak magang seperti apa yang di cari? Trus, kenapa, sih, mereka tertarik mempekerjakan mahasiswa? Simak keterangan mereka, siapa tau KAMU lah yang mereka inginkan!

Miranti, co-founder Living Loving, sebuah lifestyle blog yang banyak membahas tentang art, craft dan dekorasi.

Intern seperti apa yang dicari Living Loving?

“Karena Living Loving mempekerjakan intern untuk membantu kami menjalankan blog, jadi kami mencari pekerja magang yang seleranya nggak terlalu jauh dari kami, tulisannya bagus dan sesuai dengan gaya bahasa Living Loving. Itulah kenapa biasanya kami meminta contoh tulisan dan ide artikel dari calon anak magang. Trus, kalau bisa, dia juga sudah punya blog, jadi sudah terbiasa meng-update post di blog sehingga nggak perlu diajarin dari nol.”

 Kenapa Living Loving membuka peluang magang untuk mahasiswa? 

“Kebanyakan pembaca kami berusia antara 20-35 tahun. Saat kami mengadakan online survey beberapa waktu lalu, ternyata banyak juga mahasiswa yang baca. Pas menggelar workshop pun ada peserta yang masih kuliah.

Nah, karena kami berdua sudah beda generasi sama dedek-dedek kuliahan zaman sekarang, kami kepikiran untuk hire anak magang mahasiswa supaya bisa mendapat insight dari generasi mereka. Misalnya, apa, sih, yang mereka suka saat ini? Film atau musik gimana yang mereka suka? Saat baca-baca blog, info apa yang dicari? Supaya kami tetap bisa keep up dengan dunia anak muda.”

Maya Juwita, HR Manager dan Ari Wijanarko, HR Recruitment & Employment Officer WWF Indonesia, lembaga internasional dengan fokus lingkungan

Intern seperti apa yang dicari WWF?

“Kami biasanya mencari anak magang lulusan jurusan Ekologi, Biologi, Spatial Planning, Geografi, dan Kelautan. Namun kami nggak menutup kemungkinan untuk calon-calon intern dari berapa jurusan lainnya, karena organisasi WWF Indonesia memang harus disokong oleh staff yang potensial di segala bidang.

Saat ini, WWF punya program magang, Championship for Conservation Program (CCP). Di program ini, kami mencari talenta muda yang punya passion terhadap lingkungan. Durasi program magang ini enam bulan penuh, dan selama itu kami melatih para peserta magang serta memberikan mereka kesempatan untuk terjun langsung ke lapangan, supaya mereka bisa memahami konservasi secara keseluruhan.

Yang pasti, para peserta magang harus siap dengan dinamika kerja yang unik. Bekerja di organisasi semacam WWF Indonesia nggak sama dengan bekerja di korporat. Misalnya, jam kerja kami sangat fleksibel. Kadang datang jam 10 pagi, trus jam tiga sore sudah pulang. Tapi kadang malah nggak pulang-pulang. Hehehe!”

Kenapa WWF membuka peluang magang untuk mahasiswa?

“Kami mencari “berlian” yang siap diasah. Itu juga salah satu alasan kenapa CCP dibentuk.

Pada akhirnya, harapan kami adalah agar anak-anak muda ini mau benar-benar bekerja di bidang konservasi lingkungan, karena di Indonesia, hal ini langka sekali. Anak-anak muda biasanya maunya bekerja di oil and gas atau di perusahaan besar yang sudah punya nama.”

Sari Issa Putri, Recruiter Aksara Indonesia, sebuah retailer buku-buku keren, merchandise menarik serta berbagai koleksi musik.

Intern seperti apa yang dicari Aksara?

“Kami tertarik dengan anak-anak muda yang punya passion, kreativitas dan rasa penasaran tinggi yang bisa memotivasi mereka untuk terus maju. Kami juga sangat menghargai mereka-mereka yang mengisi waktunya dengan kegiatan-kegiatan positif.”

Kenapa Aksara membuka peluang magang untuk mahasiswa?

”Karena kami ingin mendukung anak muda yang ingin merasakan bekerja. Pengalaman ini akan sangat berguna untuk masa depan mereka.”

Rachma Arofani, Human Capital, PricewaterhouseCoopers Indonesia, sebuah firma konsultan bisnis internasional

Intern seperti apa yang dicari PricewaterhouseCoopers Indonesia?

“Kriterianya adalah WNI dan mahasiswa tahun terakhir dari universitas ternama, dalam maupun luar negeri. Punya IPK minimum 3.00 atau nilai rata-rata B+ alias High Distinction untuk universitas luar negeri. Kriteria penting lainnya adalah punya pengalaman berorganisasi yang menonjol. Sementara untuk jurusan kuliahnya, harus sesuai dengan kebutuhan bisnis.

 Kenapa PricewaterhouseCoopers Indonesia membuka peluang magang untuk mahasiswa? 

“Karena kami ingin memberikan pengalaman yang berarti untuk para mahasiswa, sehingga mereka bisa merasakan real life bekerja di suatu perusahaan sekaligus memperoleh pengetahuan serta keterampilan praktis.

Sedangkan dari perspektif perusahaan, magang adalah salah satu inisiatif branding dan recuitment, untuk mengenalkan kehidupan di PwC sedini mungkin kepada para mahasiswa.

Pada akhirnya, program magang menjadi akses perusahaan untuk melihat manakah mahasiswa yang berpotensi menjadi bagian dari associates kami. Jadi, teman-teman yang pernah magang di perusahaan kami punya kesempatan untuk langsung diterima bekerja setelah lulus.”

Novita Imelda, Director of HR & Operations Female Daily, online publishing yang fokus pada dunia beauty.

Intern seperti apa yang dicari Female Daily?

Mahasiswa yang aktif, dinamis, punya opini, dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Kenapa Female Daily membuka peluang magang untuk mahasiswa?

“Karena kami mempunyai banyak project yang sifatnya jangka pendek. Female Daily juga ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dunia kerja sebelum mereka lulus. Di samping itu, program magang menjadi cikal bakal untuk recruitment karyawan-karyawan baru, jadi yang performanya bagus akan kita pekerjakan sebagai karyawan tetap.”

***

Tertarik untuk magang di perusahaan-perusahaan di atas? Go for it! Sebelum kamu mendaftar, jangan lupa baca dulu bocoran do’s and don’ts melamar pekerjaan di perusahaan mereka!

Buat mahasiswa yang pengen cari lowongan magang atau informasi pekerjaan yang relevan dengan dunia mahasiswa, coba deh masuk ke
Studentjob Indonesia

 

(sumber gambar: Brains on Fire, Living Loving, WWF Indonesia, Cntraveler, PwC Indonesia, linkedin)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 15 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1