Menu

Ingin Berkarier di Bidang Kepariwisataan Indonesia? Ini 4 Ilmu Penting yang Harus Kamu Kuasai

Industri pariwisata di Indonesia bisa dibilang nggak akan ada matinya. Saking banyaknya kekayaan alam dan budaya yang ada di negara kita, kepariwisataan menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling penting di Indonesia. Nggak heran kalau banyak yang memiliki aspirasi untuk berkarier di bidang kepariwisataan karena prospeknya yang sangat cerah.

Untuk dapat berkarier di bidang ini, salah satu jalan yang bisa kamu pilih adalah memilih sekolah kejuruan di bidang hospitality atau melanjutkan studi ke perguruan tinggi di bidang yang sama. Salah satu jurusan yang populer dipilih oleh pelajar tentunya jurusan Pariwisata.

Di jurusan Pariwisata, kamu akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan pariwisata mulai dari destinasi wisata, tour and travel, dan perhotelan untuk dapat memberikan layanan hospitality yang berkualitas. Bidang kepariwisataan sangatlah luas dan dinamis mengikuti zaman, sehingga banyak ilmu dan pengetahuan yang terus upgrade karena kemajuan teknologi.

So, untuk kamu yang ingin berkarier di bidang pariwisata (khususnya Indonesia!) dan nggak mau sampai mempelajari ilmu-ilmu yang ketinggalan zaman, inilah 4 ilmu yang harus kamu kuasai untuk dapat berkarier di bidang pariwisata dengan cemerlang.

1. Bahasa asing

belajar bahasa asing

Para pelancong yang akan berkunjung untuk menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia nggak cuma masyarakat Indonesia aja, lho. Ada ribuan pelancong mancanegara yang setiap harinya berkunjung ke Indonesia dan melakukan hal yang sama, tapi bedanya nggak semua dari mereka memahami bahasa Indonesia.

Agar pengalaman wisata mereka makin afdol, tentunya para pelancong mancanegara butuh pelayanan wisata yang melayani dalam bahasa yang mereka pahami. Karena bahasa Inggris udah jadi harga mati di industri mana pun kamu ingin berkarier, anak Pariwisata tentunya harus bisa step up their game dan mampu menguasai bahasa-bahasa asing lainnya.

Bingung mau belajar bahasa asing dari mana? Tenang, kamu bisa mulai belajar dari 6 bahasa yang menjadi bahasa resmi internasional PBB. Atau kamu juga bisa belajar bahasa asing lain yang menjadi minatmu, karena sesuai yang sudah kamu minati akan terasa jauh lebih mudah untuk dipelajari.

2. Peninggalan, budaya, dan sejarah Indonesia

Belajar pariwisata di Indonesia nggak sekadar menghafalkan objek-objek wisata untuk disodorkan ke para turis aja, lho. Sebagai bentuk pelayanan pariwisata yang baik, kamu juga harus memahami budaya, kultur, dan sejarah Indonesia—yang perannya nggak lepas dalam membentuk objek-objek wisata yang ada.

Yup, membuat narasi dalam perjalanan wisata adalah hal yang paling krusial untuk dipelajari di jurusan Pariwisata. Untuk dapat menggali potensi wisata dan menjualnya, harus ada narasi yang disampaikan dengan dasar budaya, kultur, dan sejarah yang tersimpan dalam kurasi objek-objek wisata yang ingin ditawarkan ke calon pelancong.

Beruntung, nih, Indonesia menyimpan jutaan kekayaan budaya yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan menjadi suatu potensi wisata. Selebihnya tinggal seberapa gigih kamu dalam menggali satu per satu dan membuat narasi yang tepat sebagai rancangan perjalanan wisata.

3. Media digital dan E-business

media digital dan e-business

Pernah lihat foto selebgram favoritmu lagi liburan ke suatu tempat dan kamu jadi ingin liburan ke tempat tersebut karena pengalaman seru si selebgram yang diperlihatkan di media sosialnya? Nah, ini adalah dampak positif penggunaan media digital dalam mengembangkan industri Pariwisata.

Zaman sekarang, rasanya mustahil untuk tidak mengkonsumsi informasi dari media digital, apalagi jika kamu aktif menggunakan ponsel pintar. Apalagi banyak orang yang sekarang gemar berbagi pengalaman (termasuk berwisata) di internet dan banyak juga yang merasa fear of missing out (FOMO) kalau nggak update sama pengalaman orang lain yang dibagikan di internet (termasuk berwisata). Makanya, pengetahuan seputar media digital patut diperdalam jika kamu ingin jadi yang paling progresif dalam bidang pariwisata.

Oya, perilaku belanja online juga nggak lepas dari bidang pariwisata, lho. Sekarang, kita bisa memesan apa pun bahkan paket perjalanan wisata lewat internet. Ketika informasi seputar destinasi wisata bisa dipadukan dengan layanan pembelian paket wisata, kurang canggih apa lagi, coba?

4. Ekowisata

Secara singkat, ekowisata adalah serangkaian aktivitas wisata berwawasan lingkungan dan berpusat pada tanggung jawab kepada alam, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Ekowisata sangat digandrungi akhir-akhir ini karena dianggap sebagai the perfect getaway untuk mereka yang kurang piknik juga menjadi cara seru seseorang belajar mengenal dunia lebih luas lagi.

Destinasi wisata alam Indonesia nggak terhitung jumlahnya. Berhubung ekowisata memiliki manfaat seperti konservasi, pemberdayaan ekonomi lokal, menghormati kepercayaan masyarakat setempat, dan pendidikan lingkungan, ekowisata tentunya patut banget untuk didalami untuk kamu yang ingin berkecimpung di industri pariwisata Indonesia.

***

Gimana, gaes? Setelah mengetahui ilmu-ilmu di atas, jadi tertarik buat mendalami bidang Pariwisata?

Kalau ya, program studi Pariwisata di BINUS University bisa jadi salah satu pilihan yang pas untuk kamu. Ada banyak banget program pengembangan diri baik di dalam kurikulum ataupun aktivitas luar kelas yang ditawarkan oleh BINUS University untuk mempersiapkan mahasiswanya menjadi ahli di bidang pariwisata.

Misalnya, keempat ilmu kekinian dan progresif di atas adalah sebagian kecil dari highlights kurikulum ajar program studi strata 1 (S1) Pariwisata. Biar kuliah pariwisatamu makin afdol, ada juga berbagai field trip seru yang bisa kamu ikuti di tiap semesternya untuk memperluas pengetahuan seputar dunia kepariwisataan Indonesia disamping menguasai teori di dalam kelas.

Tentunya ada kesan yang beda, nih, jika kamu memilih kuliah Pariwisata di BINUS University dibanding kampus-kampus lainnya. Dengan program 3+1, kamu bisa memilih enrichment program—mulai dari internship, research, entrepreneurship, community development, sampai study abroad!—yang bisa kamu ikuti di tahun terakhir perkuliahanmu.

Selamat bereksplorasi!

Baca juga:

(sumber gambar: sterlingcollege.com, theconversation.com, thecdm.ca)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©