Mengenal Profesi Data Scientist, Profesi yang Sedang Digemari

Oleh: DQLab

Menurut Harvard Business Review, di abad 21 Ilmuwan Data (Data Scientist) merupakan salah satu profesi yang menjadi primadona alias sangat digemari. Mengapa demikian? Karena Data Scientist dianggap memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, yang memengaruhi pengambilan keputusan. Alasan lainnya adalah gajinya yang fantastis, bahkan untuk ukuran freshgrade. Wuih!

Seorang data Scientist memiliki tanggung jawab yang besar dan luas, mulai dari menganalisis data sampai mendapatkan solusi. Tertarik untuk berkarier sebagai Data Scientist? Yuk simak dulu informasi selengkapnya!

1. Jobdesc Data Scientist

Apa sih pekerjaan yang dilakukan? Secara umum Data Scientist memiliki tiga tugas utama:

Pertama, menganalisa data, seperti menggabungkan data dari berbagai sumber dan memastikan konsistensi dataset.

Kedua, Data Scientist bertanggung jawab untuk memilih faktor atau algoritma yang mempengaruhi hasil prediksi atau melakukan data exploration.

Terakhir, data visualisation yakni menuangkan data yang telah diolah ke dalam bentuk infografis, supaya para pengambil keputusan lebih mudah memahaminya.

2. Tidak perlu background pendidikan tertentu

Kamu yang memiliki ilmu dasar Science, Technology, Engineering, & Math (STEM)  alias bidang Saintek memang kemungkinan akan lebih mudah dalam mengeksplorasi kemampuan mengolah data, apalagi jika mengambil prodi Data Sains. Namun jurusan semacam ini masih sangat langka di Indonesia.

Kabar baiknya adalah Data Scientist terbuka bagi siapa pun tanpa melihat latar pendidikan tertentu. Ya, dari jurusan apapun bisa kok!

Kamu yang ingin memiliki profesi sebagai Data Scientist, bisa mempelajari ilmu Data Science. Dengan segala kemudahan yang ada, kini kamu sudah bisa mempelajari Data Science melalui platform edukasi Data Science online, yaitu DQLab.

3 Lapangan pekerjaan banyak, SDM kurang

Data is The New Oil. Artinya, kini data dianggap lebih berharga dibandingkan minyak. Pentingnya pengolahan data dalam suatu bisnis pun membuat banyak perusahaan besar maupun startup menggunakan jasa Data Scientist.

Mereka yang bekerja sebagai Data Scientist juga bisa memiliki posisi penting di manajemen perusahaan. Yup, jadi bisa dibilang jenjang kariernya menjanjikan.

Nggak heran sejak tahun 2020 minat terhadap profesi Data Scientist mengalami peningkatan di berbagai belahan dunia. Di indonesia sendiri kebutuhan akan tenaga kerja praktisi data termasuk Data Scientist, terus meningkat. Sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan sumber daya manusianya. Nah, kesempatan bagus bagi kamu yang pengen menjadi seorang Data Scientist.

Tentang DQLab

DQLab merupakan platform belajar data science secara online untuk membantu mempersiapkanmu sebagai praktisi data profesional , khususnya sebagai Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst.

Program belajar DQLab dikembangkan secara terstruktur dengan studi kasus yang mencerminkan kebutuhan Industri.

Yuk, bangun kompetensimu di bidang data dengan DQLab Project. DQLab Project sendiri merupakan kolaborasi DQLab dengan praktisi Industri untuk membantumu siap berkarier di bidang data.

Di DQLab kamu akan mendapatkan akses ke lebih dari 660 modul serta mendapatkan sertifikat.

Daftarkan dirimu di DQLab dan nikmati FREE TRIAL dengan cara reedem kode voucher “DQRENCANAMU”. Trus, subscribe untuk menjadi PREMIUM member melalui Rencanamu dengan Klik di sini.

(Sumber gambar: Pixabay)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1