6 Situs yang Bisa Kamu Gunakan untuk Memamerkan Portofolio Desainmu

Gaes, pernah nggak, sih, kamu mendengar istilah portofolio saat sedang melamar pekerjaan? Pasti pernah, dong. Apalagi kalau kamu melamar pekerjaan di industri kreatif seperti Fashion Designer, Desainer Grafis, Content Writer, dan lain-lain—selain Curriculum Vitae a.k.a CV, pihak perusahaan atau HRD juga akan meminta portofoliomu, gaes.

Portofolio sendiri adalah Portofolio adalah kumpulan dari contoh-contoh pekerjaan yang sudah kamu kerjakan atau dokumentasi profesional yang pernah dinilai atau dipublikasikan di suatu majalah, situs dan lain sebagainya. Trus, menyerahkan portofolio itu ke pihak perusahaan atau HRD itu berguna untuk apa, sih? Jadi, portofolio itu sangat dibutuhkan oleh pihak perusahaan atau HRD sebagai tolak ukur kemampuanmu dalam industri kreatif.

Nggak cuma itu, portofolio juga bisa menunjukkan dimana saja kamu pernah bekerja. Well, kalau kamu masih kepo dan penasaran tentang portofolio, kamu bisa baca lebih lengkapnya di: Apa Itu Portofolio, dan Kenapa Kamu Membutuhkannya untuk Melamar Kerja?, ya.

Sebenarnya, membuat portofolio itu susah-susah gampang. Tapi kalau kamu nggak mau ribet membuatnya, kamu bisa mengandalkan berbagai situs online di internet untuk membuat portofolio desainmu. Nah, di bawah ini ada beberapa situs online buat kamu yang ingin memamerkan portofolio desainmu. (Ingat, bikin portofolio yang keren karena portofolio bisa menarik banyak perhatian untuk sekedar melihat, bahkan memberikan pekerjaan, lho!)

1. Behance.net

Behance merupakan salah satu situs portofolio online yang terbesar dan terkenal saat ini. Situs ini digunakan, khususnya untuk orang-orang yang memiliki passion di bidang desain—seperti desainer grafis, animator, motion grapher, dan sebagainya.

Selain bisa mendaftar secara gratis di situs ini, orang lain bisa melihat, memberi komentar, dan mengapresiasi karyamu. Situs ini pun juga memudahkanmu untuk bisa mendapatkan job/project dari calon klien atau perusahaan yang menginginkan jasa desain grafis.

Oyaa, buat kamu yang menyukai dunia fotografi, kamu bisa memamerkan karya-karya terbaikmu di situs ini juga, lho!

2. Dribbble.com

Di samping Behance, Dribbble juga merupakan salah satu situs untuk menciptakan portofolio online yang dibangun oleh Dan Cederhol dan Rich Thornett. Situs yang satu ini cukup populer di kalangan orang-orang yang memiliki passion di bidang desainer grafis, perancang website, dan desainer untuk animasi 3D.

Jenis bidang karya yang popular di situs yang memiliki ciri khas warna pink ini adalah design UI UX, illustrasi web, icon design, 3D dan motion graphic. Selain nggak akan dibebankan biaya sedikit pun, di situs ini, kamu juga memiliki kesempatan untuk menjadi freelancer, bahkan berpotensi untuk mendapatkan tawaran pekerjaan dari luar negeri (wow!).

3. DeviantArt.com

Seperti yang tertera di nama situsnya, kamu bisa menunjukkan berbagai karya seni yang kamu miliki di situs portofolio online yang sudah ada sejak tahun 2000 ini. Karya tersebut dapat berupa fotografi, design grafis, ilustrasi, dan yang lainnya. Melalui situs ini, kamu juga bisa mencari inspirasi atau referensi melalui karya desain lainnya yang populer.

Cara mendaftar di situs ini pun terbilang mudah dan nggak rumit. Kamu hanya perlu mengisi formullir pendaftaran, kemudian konfirmasi e-mail yang kamu daftarkan setelahnya.

4. Pinterest.com

Siapa yang nggak kenal situs yang satu ini? Yap! Hampir semua orang (terutama kalangan anak-anak muda kekinian) pasti sudah familiar dengan situs ini. Pinterest sendiri merupakan situs online untuk menampilkan karya desain grafis terbaik di seluruh dunia.

Pinterest menjadi katalog ide dari seluruh penjuru dunia—yang berisi kumpulan karya dari orang yang memiliki passion di bidang seni dan desain. Mulai dari desainer grafis, desainer website, fotografer, copywriter, tipografer, fashion designer, art director, illustrator, dan yang lainnya.

Di situs ini, kamu bisa melakukan pin, re-pin dari karya kita agar bisa dilihat oleh banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa memposting karya-karyamu hanya dengan aplikasi ponsel pintarmu, agar kamu bisa mengelola karya dimana saja dan kapan saja. Oyaa…. karena pengguna Pinterest pun sangat banyak, akan selalu ada kemungkinan buat kamu untuk mendapatkan tawaran pekerjaan dari orang yang melihat karyamu.

5. ArtStation

ArtStation adalah aplikasi art showcase yang harus kamu coba. Aplikasi ini khusus ditujukan bagi kamu yang menyukai dan membuat desain grafis maupun gambar tangan yang berkaitan dengan game, film, dan hiburan. Situs yang satu ini, lebih spesifik di bidang illustrasi karakter, game art, game asset, film, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini memiliki user interface yang mudah digunakan dan enak dilihat. Selain itu, kamu bisa meng-upload karyamu dengan berbagai macam format—mulai dari gambar biasa, video, hingga model 3D-nya!

6. Kreavi.com

Kalau situs-situs sebelumnnya selalu buatan luar negeri, situs yang satu ini patut untuk diacungi jempol karena buatan anak bangsa, gaes. Di sini, kamu bisa mengunggah karya-karyamu dengan gratis. Mulai dari fotografi, videografi, ilustrasi, desain produk, dan sebagainya. Tampilan yang disuguhkan pun, cukup userf riendly sehingga kamu bisa dengan mudah menggunakannya.

Selain bisa meng-upload karyamu, banyak menu lain yang bisa dimanfaatkan. Terdapat menu “dashboard” sebagai beranda, menu “people” mencari desainer lain yang ingin diikuti, “galeri“ tempat karya terbaik dalam 1 minggu yang terakhir dan menu “job” yang menampilkan lowongan pekerjaan. Yang lebih uniknya lagi, Kreavi juga memberikan wadah bagi anggotanya untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung melalui event gathering yang diselenggarakan pada waktu tertentu.

***

Itulah beberapa situs gratis buat memamerkan portofolio desainmu. Selain memotivasi diri untuk bisa menerbitkan karya-karya terbaikmu, portofolio yang kamu bagikan di situs online tersebut bisa menuntunmu untuk menuju pekerjaan impianmu, lho! Jadi, gimana? Tertarik untuk mencoba situs-situs gratis di atas nggak?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: helpx.adobe.com, uplabs.com, studentshow.com, deviantart.com, id.pinterest.com, artstation.com, fuad21.web.id)

LATEST COMMENT
Sinta | 5 jam yang lalu

Jurusan ni cocok untuk orang yang jiwa bisnis kak?

Kenalan Lebih Jauh Dengan Jurusan Kuliah Agribisnis
aura tahliya cita roihana | 14 jam yang lalu

Freelance buat jurusan bioteknologi apa ya kak?

Jadi Freelancer Sambil Kuliah: Banyak Keuntungannya
Helen Evy | 1 hari yang lalu

Saya tidak belum diizinkan karena kata orang tua biayanya mahal kalo kuliah di luar kota padahal saya bilang masih ada beasiswa biar meringankan biaya tetapi tetap belum diizinkan, terus saya harus bagaimana?

Cara Meyakinkan Orang Tua Supaya Boleh Kuliah di Luar Kota Atau Luar Negeri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1