Lulusan Baru? Yuk, Cek Hal-Hal Berikut Sebelum Mencari Kerja!

Mencari pekerjaan merupakan agenda paling utama yang akan dilakukan oleh para anak kuliah setelah lulus. Ada beberapa dari mereka yang mencari pekerjaan sesuai dengan jurusannya dan ada pula yang mencari pekerjaan sesuai dengan passion-nya.

Kamu harus tahu, gaes, proses dalam mencari pekerjaan merupakan suatu hal yang penting banget, lho. Kenapa, sih, kok, proses pencarian kerja penting banget? Karena, proses pencarian kerja merupakan perjalananmu untuk menemukan pekerjaan mana yang sesuai dari segi gaji, lingkungan kerja, job description dan sebagainya.

Tetapi, terkadang, banyak orang yang berhenti dari pekerjaannya, padahal baru saja bekerja beberapa bulan. Ketika ditanyakan, apa masalahnya, ternyata banyak yang beralasan bahwa pekerjaan yang di-apply tidak sesuai dengan passion-nya. Alasan lainnya yang paling sering disebutkan adalah karena merasa tidak nyaman dengan pergaulan atau atasan di kantor.

Nah, agar kamu tidak melakukan kesalahan yang dapat membuatmu menyesal di kemudian hari, yuk, perhatikan lima tips berikut ini agar kamu terhindar dari penyesalan!

1. Tentukan Pekerjaan Apa yang Kamu Sukai

cari kerjaan yang kamu sukai

Kalau kamu sedang mencari pekerjaan, kamu wajib banget mendahulukan mencari pekerjaan-pekerjaan yang kamu suka. Kenapa begitu? Karena, ketika kamu mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan passion dan apa yang kamu suka, maka, sesulit apapun pekerjaannya, kamu akan berusaha mengerjakannya sebaik mungkin.

Kamu bisa banget menulis hal-hal apa saja yang kamu suka pada buku atau secarik kertas. Tulislah secara berurutan mulai dari yang paling kamu sukai ke yang kurang disukai. Setelah kamu menulis apa saja hal yang kamu sukai, kamu bisa mencari pekerjaan apa yang berkaitan dengan hal-hal tersebut.

Misalnya nih, kamu sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan tulis-menulis, mengedit video dan juga membuat desain grafis. Nah, dari hal-hal yang kamu suka ini, kamu bisa tulis pekerjaan apa yang sesuai dengan kesukaanmu. Misalnya, karena kamu suka kegiatan tulis-menulis maka kamu bisa mencari pekerjaan sebagai content writer. Kamu juga suka dengan kegiatan mengedit video, kamu bisa mencari pekerjaan sebagai video editor. Dan kamu pun suka membuat desain grafis maka kamu bisa mencari pekerjaan sebagai desainer grafis dan sebagainya.

2. Cari Tahu Bagaimana Track Record dari Perusahaan yang Kamu Pilih

cari tahu track record perusahaan

Ini penting banget, lho, gaes. Ketika kamu menemukan sebuah lowongan yang sudah kamu banget, kamu perlu mencari tahu track record dari perusahaan tersebut. Kegiatan ini dilakukan agar kamu mengetahui bagaimana performa dari perusahaan tersebut.

Jangan salah, lho, gaes. Ketika kamu mencari pekerjaan di situs pencarian kerja, terkadang ada saja loh perusahaan-perusahaan bodong alias perusahaan bohongan. Perusahaan tersebut mengaku mencari karyawan baru, tapi pada nyatanya, perusahaan tersebut malah melakukan penipuan agar mendapatkan keuntungan dari para pencari kerja. Nah, pengecekan track record ini, pun, bermaksud untuk mencegah adanya penipuan-penipuan juga, gaes.

3. Cari Tahu Bagaimana Lingkungan di Perusahaan yang Kamu Pilih

lingkungan kerja

Selain mengetahui bagaimana track record dari perusahaan yang kamu lamar, kamu juga perlu mencari tahu bagaimana sih lingkungan di perusahaan yang kamu lamar. Lingkungan yang dimaksud disini bisa berupa kantornya, orang-orang yang di dalam kantornya, budaya kantornya dan sebagainya.

Saya pernah bertemu dengan seseorang ketika melamar pekerjaan, ketika berkenalan, ia cerita bahwa ia pernah bekerja sebelumnya. Tapi karena sebelumnya ia tidak mencari tahu bagaimana lingkungan kantornya, akhirnya ia merasa tidak nyaman. Budaya di kantor lamanya tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ia anut. Akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari kantor tersebut.

Nah, supaya cerita di atas tidak terjadi sama kamu, makanya, kamu perlu dan wajib hukumnya untuk mencari tahu tentang bagaimana lingkungan yang ada di perusahaan tersebut. Kamu bisa mencarinya di internet. Biasanya, ada banyak, lho, orang-orang yang membagikan cerita mereka tentang perusahaan-perusahaan tertentu.

4. Cari Tahu Berapa Banyak Salary yang akan Kamu Dapatkan

cari tahu gaji yang kamu dapatkan

Wah, ini sih perlu banget kamu cari tahu, gaes, kan tujuan kamu mencari kerja salah satunya untuk mendapatkan pendapatan, ye kan? Hehe. Nah, sebelum kamu melamar suatu pekerjaan, kamu perlu banget tahu tentang seberapa besar gaji yang akan kamu terima.

Kan, capek banget, gaes, kalau kamu sudah mengikuti serangkaian seleksi penerimaan calon karyawan tapi ketika dibagian offering salary, ternyata, salary atau gaji yang ditawarkan tidak sebesar yang kamu inginkan.

Oh iya, perlu diingat, gaes, ketika kamu mencari tahu tentang seberapa banyak salary yang nantinya kamu dapat, kamu juga perlu menghitung pengeluaranmu juga, ya. Coba hitung, berapa banyak pengeluaranmu seperti transportasi menuju ke kantor perusahaan yang kamu lamar dan juga uang makanmu selama di kantor. Hal ini harus dilakukan agar gajimu dapat menutupi pengeluaranmu.

5. Cari Tahu Jarak Tempuh dari Rumahmu Menuju Kantor Perusahaan yang Kamu Pilih

cari tahu jarak tempuh

Terkadang, saking senangnya menemukan pekerjaan yang sesuai banget sama diri kamu, pasti kamu lupa untuk melihat dimana kantor dari perusahaan tersebut. Nah, ketika kamu mendapatkan pemberitahuan kalau kamu sudah diterima di perusahaan yang kamu lamar, eh, tahunya, jarak dari rumah ke kantor perusahaan tersebut jauh banget.

Nah, sebelum kamu melamar pekerjaan di situs pencari kerja, kamu wajib banget, ya, untuk melihat dimana lokasi kantormu. Kalau kamu melamar pekerjaan di bursa kerja a.k.a job fair, kamu perlu menanyakan dimana lokasi kantor perusahaan tersebut.

***

Nah, mulai dari sekarang perhatikan kelima hal di atas, ya, gaes, sebelum melamar kerja supaya tidak ada penyesalan di akhir. Semangat!

Baca juga: 

(Sumber gambar: internations.org, thenewblack.agency.com, gemaintermulia.co.id, youtube.com, lynda.com, yourstory.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 17 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 20 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1