Bukan (Hanya) Gaji, 10 Hal Ini Perlu Jadi Pertimbangan Saat Memilih Pekerjaan!

Lagi rame soal fresh graduate yang “nggak terima” ditawari gaji 8 juta, karena ia lulusan PTN beken (ehem!). Sebenarnya duduk perkara serta siapa orangnya belum jelas. Tapi isu gaji fresh grad ini menarik untuk diulik. Kamu perlu tau bahwa gaji bukanlah satu-satunya pertimbangan dalam memilih pekerjaan, terutama apabila kamu fresh graduate. Bahkan, jangan jadikan gaji sebagai faktor utama. Kenapa? Karena ada hal yang lebih penting lainnya yang perlu menjadi pertimbanganmu.

1. Pekerjaan yang sesuai dengan tujuan kariermu

Kamu ingin menjadi arsitek andal atau kepala redaksi berita, berarti pekerjaan yang sesuai denganmu adalah yang sesuai dengan tujuan karier tersebut. Menjadi asisten arsitek, bekerja di firma arsitektur, atau menjadi reporter junior merupakan langkah awal kariermu.

Kemungkinan gajinya memang di bawah tawaran bekerja di bank atau management trainee di perusahaan tambang. Tapi sejalan dengan goal yang ingin kamu capai.

2. Pekerjaan yang dapat mengasah skill-mu

Ada tempat kerja yang mirip kayak sekolah di mana fresh grad diberikan tugas yang banyak dan menantang. Penghasilan yang dijanjikan tergolong biasa saja, tapi setahun-dua tahun bekerja di sana, kemampuanmu bakalan berkembang pesat, dan mengalahkan teman yang bekerja di tempat lain.

Dari mana kita bisa tahu tempat bekerja seperti ini? Biasaya sih, perusahaan semacam itu terkenal di kalangan alumni dan dosen. Bisa juga dari pengalaman orang yang pernah bekerja di situ. Ciri lainnya adalah proyek yang dikerjakan perusahaan tersebut banyak, menantang, dan sejalan dengan kemampuan yang ingin kamu asah.

3. Pekerjaan dan perusahaan yang memberi kamu ilmu baru

Agak mirip dengan poin sebelumnya, namun pada poin ini lebih fokus pada pengetahuan dan wawasan baru (berbeda) yang diperoleh dari pekerjaan/perusahaanmu. Misalnya, perusahaannya banyak memberikan pelatihan dan workshop pada karyawan. Atau perusahaan yang bergerak di bidang yang belum kamu kuasai sebelumnya. Dengan bekerja di sana kamu mendapatkan hal baru yang nggak kamu peroleh di bangku kuliah atau di tempat kerja lainnya.

4. Pekerjaan/perusahaan yang sangat baik untuk CV mu

Pengalaman kerja merupakan modal untuk kariermu ke depan. Jadi jangan hanya memikirkan gaji yang ditawarkan saat ini. Mulai pikirkan membangun CV kamu. Ada perusahaan dan pekerjaan bergengsi yang akan sangat baik untuk portofolio dan CV kamu. Misalnya, kebanyakan orang yang awalnya bekerja di sana, berhasil menjadi pimpinan di berbagai perusahaan.

Itu semua lantaran etos kerja serta gemblengan yang diterapkan perusahaan. Alhasil fresh graduate yang bekerja di sana memiliki standar profesional yang tinggi. Dengan kata lain lebih jago dan bagus kerjanya dibandingkan yang berpengalaman kerja di tempat lain.  

5. Pekerjaan/perusahaan di mana kamu bisa mengembangkan diri dan menjadi leader

Perusahaan seperti startup memungkinkan kamu yang fresh grad memegang tanggung jawab yang besar ketimbang perusahaan konvensional. Yup, tim dalam perusahaan startup biasanya nggak banyak dan masih muda. Umumnya nggak ada senioritas, dan seringkali kamu diminta mengerjakan banyak tugas dengan prinsip learning by doing.

Di satu sisi mungkin bisa sangat merepotkan, karena kamu memiliki beragam tanggung jawab dan mesti multitasking. Tapi di sisi lain, pengalaman kamu semakin banyak. Apalagi saat ditempatkan sebagai penanggung jawab atau pimpinan suatu proyek. Kesempatan kayak begini langka banget didapatkan fresh grad yang bekerja di perusahaan besar.

6. Pekerjaan/perusahaan yang melatih atau mendorong kamu untuk jadi entrepreneur

Jarang sekali, namun ada perusahaan yang mendorong karyawannya agar bisa mandiri dan membuka usaha sendiri. Kadang malah karyawan yang berprestasi diarahkan untuk nantinya menjadi mitra perusahaan.

Ada juga perusahaan yang memberikan waktu pada karyawan serta fasilitas untuk melakukan proyek pribadinya.  Informasi kayak begini mengenai suatu perushaan bisa kamu ketahui dengan meriset perusahaan tersebut. Atau bisa juga diketahui saat wawancara (biasanya perusahaan akan menyampaikan hal tersebut).

7. Pekerjaan/perusahaan yang membawa kamu bertemu banyak orang inspiratif dan membangun networking

Ini biasanya perusahaan dengan reputasi yang baik yang memiliki banyak klien. Atau kamu bekerja sebagai asisten seseorang yang berpengaruh dengan jaringan (networking) yang bagus. Di dalam perusahaan tersebut banyak pula profesional sukses.

Dengan bekerja di situ, kamu memiliki keuntungan, yakni:

* Mencuri ilmu dari atasan/senior yang sangat andal di bidang pekerjaannya.

* Menemukan banyak inspirasi dari berbagai pihak yang bisa membuat kamu termotivasi.

* Memperluas kenalan dan jaringanmu.

8. Perusahaan dengan jenjang karier menjanjikan

Mungkin saat ini kamu di posisi trainee dengan gaji UMR (Upah Minimum Regional), namun perusahaan memiliki jenjang karier yang jelas dan menjanjikan. Apabila berprestasi, kedudukan (dan gaji) pekerja akan naik. Perusahaan tersebut juga relatif besar dan kuat. Dengan kata lain, bekerja di situ baik untuk jangka panjang.

9. Pekerjaan yang membuat kamu bisa berbuat lebih untuk orang banyak atau lingkungan sekitar

Ini adalah sebuah nilai plus…plus…plus, di mana kamu bekerja nggak hanya untuk mencari nafkah, menyalurkan passion, dan mengasah potensi diri, tapi juga bermanfaat untuk banyak orang dan berbuat untuk suatu nilai yang kamu percayai. Dengan menjalani pekerjaan tersebut kamu bisa memberikan dampak positif.

Ini dahsyat banget sih, efeknya. Dan kepuasan yang kamu rasakan akan berbeda. Misalnya, kamu concern banget sama masalah pendidikan. Eh, tempat kamu bekerja juga punya concern serupa. Nggak hanya itu, pekerjaan kamu juga berkaitan langsung dengan peningkatan kualitas pendidikan dasar di desa terpencil. Pastinya, kamu akan bekerja dengan sepenuh hati.

Bandingkan seandainya kamu punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Tapi ternyata perusahan tempat kamu bekerja cuek bebek terhadap isu tersebut. Bahkan bekerja sama dengan perusahaan yang punya andil merusak lingkungan. Setinggi apapun gaji yang diberikan, pasti ada perasaan nggak nyaman. Yekan?

10. Perusahaan yang memberikan kamu keuntungan materil di luar gaji

Tentunya tujuan sebagian besar orang ketika bekerja adalah untuk mendapatkan nafkah yang halal. Maka kompensasi merupakan hal yang penting. Nah, benefit yang kamu peroleh nggak terbatas gaji pokok, kamu juga bisa mencari tahu hal berikut:

* Tunjangan di luar gaji pokok

* Uang/fasiltas  transportasi

* Uang makan/disediakan makan (ada perusahaan yang memberikan katering bagi pegawainya)

* Fasilitas/layanan kesehatan

* Fasilitas kebugaran

* ..... (dan lain sebagainya)

Siapa tahu gaji pokok kamu memang nggak seberapa, namun disediakan kendaraan dan makan siang. Atau, kamu bebas bekerja dari mana saja, bahkan dari rumah (yang mana menghemat ongkos). Bila dihitung-hitung, semua itu lumayan, lho. Jadi, jangan cuma cari informasi mengenai besarnya gaji, tapi juga fasilitas dan kemudahan yang didapatkan.

***

Siapa sih, yang nggak pengen punya gaji pertama di atas 8 juta alias besar? Tapi jangan cuma memikirkan keuntungan jangka pendek, gaes. 10 hal di atas penting untuk pengembangan dirimu. Sayang banget apabila hanya melihat nominal gaji yang cukup besar, namun nggak ada satu pun dari poin di atas yang "nyangkut". Setuju?

Baca juga:

 

(Sumber gambar: canva.com)   

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Robiatul Awaliyah | 1 jam yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Faris Nadhir | 6 hari yang lalu

Semoga cita²ku menjadi pilot terkabula yaa Allah amin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Zidna Ilmalana | 19 hari yang lalu

Emng knp llsn psntrn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Fatimah Ibtisam | 27 hari yang lalu

Hai Ilham, lmu Matematika juga dipakai dalam prodi Psikologi, khususnya yang berkaitan dengan statistika. Prodi Psikologi banyak melakukan riset, yang di antaranya menggunakan perhitungan statistik.

7 Mata Kuliah Paling Menantang di Program Studi Psikologi
Fatimah Ibtisam | 27 hari yang lalu

Hai Ronny, kamu bisa mendaftar FSRD ITB apabila kamu mengambil program IPA atau IPS.

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1