Lowongan Kerja : CPNS Kementerian Luar Negeri 2021, Diplomat dan Posisi Lainnya

Kesempatan emas untuk kamu yang ingin jadi diplomat atau bekerja di Kemlu. Kementerian Luar Negeri membuka lowongan kerja CPNS 2021. Bayangin aja, tahun ini ada sekitar 322 formasi yang dibuka. Yuk, kita bedah rekrutmen CPNS Kementerian Luar Negeri 2021!

Jadwal Penerimaan CPNS Kemlu 2021

Inilah tanggal penting dalam proses rekrutmen CPNS Kemlu 2021.

  • Waktu Pendaftaran: 30 Juni – 21 Juli 2021
  • Seleksi Administrasi: 1 Juli – 27 Juli
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 28 – 29 Juli 2021
  • Masa Sanggah: 30 Juli – 1 Agustus 2021
  • Jawab Sanggah: 30 Juli – 8 Agustus 2021
  • Pengumuman Pasca Sanggah: 9 Agustus 2021
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD):  4 Oktober 20219.
  • Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): 17 – 18 Oktober 2021
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): 8 – 29 November 2021.
  • Pengumuman akhir: 18 – 19 Desember 2021

Posisi yang dibuka dan persyaratannya

1. Diplomat: 140 posisi

Diplomat merupakan posisi penting di Kementerian Luar Negeri dan kebutuhannya biasanya yang terbanyak. Tugas diplomat secara umum adalah menjadi perwakilan Indonesia terkait dengan isu dunia, hubungan dengan negara lain, dan aktivitas di lembaga internasional.

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

  • S1 Hubungan internasional: Umum 39, Cumlaude 8, putra/putri Papua 3
  • S1 Hukum/Hukum Bisnis: Umum 32, cumlaude 9, putra/putri Papua 1
  • S1 Ekonomi/Studi Pembangunan: Umum 30 Cumlaude 3, putra/putri Papua 1
  • S1 Komunikasi/Humas/ Manajemen Komunikasi: 5
  • S1 Sastra Arab: 3
  • S1 Sastra Inggris: 1
  • S1 Sastra Cina: 2
  • S1 Sastra Jepang: 1
  • S1 Sastra Rusia: 1
  • S1 Sastra Korea: 1

2. Penata Kanselerai

Tugasnya antara lain menata keuangan, barang negara, kepegawaian, dan ketatausahaan di lingkup Kementerian Luar Negeri.

Kriteria dan jumlah lowongan:

S1 Ekonomi, Manajemen, Ekonomi, Administrasi Bisnis, Administrasi Niaga, Administrasi Fiskal, Administrasi Perpajakan, Administrasi Publik Administrasi Niaga: Umum 71, cumlaude 9

3. Pranata Informasi Diplomatik

Kriteria dan jumlah lowongan

S1 Ilmu Komputer, Teknik Komputer,  Sistem Informatika, Statistik, Teknik Elektro, Sistem Informasi: Umum 39, cumlaude 5

4. Perancang Peraturan Perundang-undangan

Kriteria dan jumlah lowongan

S1 Hukum: 1

5. Perencana

Kriteria dan jumlah lowongan

S1 Manajemen: 6

6. Asesor SDM Aparatur

Kriteria dan jumlah lowongan

S1 Psikologi: 3

7. Analis SDM Aparatur

Kriteria dan jumlah lowongan

S1 Ilmu Administrasi Negara, Administrasi Publik, Manajemen: 3

8. Arsiparis

Kriteria dan jumlah lowongan

S1 Manajemen: 2

9. Pengelola Pengadaan Barang

Kriteria dan jumlah lowongan

S1 Akuntansi: 3

10. Auditor

Kriteria dan jumlah lowongan

S1 Akuntansi: 6

11. Analis Kelembagaan

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

S1 Manajemen: 2

12. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

S1 Administrasi Publik, Administrasi Negara, Manajemen: 6

13. Analis, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

S1 Administrasi Publik, Administrasi Negara, Manajemen: 4

14. Analis Organisasi

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

S1 Administrasi Publik, Administrasi Negara, Manajemen: 2

15. Analis Pengembangan Kompetensi

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

S1 Administrasi Publik, Administrasi Negara, Manajemen, Psikologi, umum: 8, penyandang difabel: 3

16. Analis Bangunan dan Perumahan

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

S1 Teknik Sipil: 1

17. Penyusun Kurikulum,Modul dan Bahan Ajar

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

S1 AdministrasiPublik, Administrasi Negara, Manajemen, Psikologi, umum: 5, penyandang disabilitas: 2

18. Analis Diklat

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

S1 AdministrasiPublik, AdministrasiNegara, Manajemen: 1

19. Analis Kerja Sama Diklat

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

S1 Administrasi Publik AdministrasiNegara, Manajemen, Psikologi: 1

20. Analis Kompetensi Tenaga Pengajar

Kriteria pendidikan dan jumlah lowongan:

S1 AdministrasiPublik, AdministrasiNegara, Manajemen, Psikologi: 2

Keterangan:

* Definisi 'umum' adalah siapa saja (sesuai prodi) bisa mendaftar asalkan IPK di atas 2.75,

'Cumlaude' mengacu pada pendaftar dengan IPK 3.51 ke atas,

* 'Putra/putri Papua' dikhususkan untuk pelamar dari Papua dan Papua Barat.

* 'Penyandang disabilitas' adalah lowongan yang dikhususkan untuk pelamar difabel.

* Jika kuotanya tidak ada penjelasan kriteria di atas, maka posisi tersebut untuk umum.

* Pelamar hanya bisa melamar 1 posisi, ya. Ini bukan kayak SBMPTN dan Seleksi Mandiri yang pilihannya bisa lebih dari satu, gaes.

Kompetisi Ketat

Kemlu disebut-sebut sebagai kementerian "most wanted" yang banyak peminatnya.

“Di tahun 2019 pendaftarnya (pendaftar CPNS Kemlu) lebih dari 3000 orang. Setelah rangkaian seleksi, yang diterima 114 orang,” jelas Agus Hidayatulloh, Diplomat yang sedang bertugas sebagai Kasubag Formasi dan Pengadaan SDM di Kementerian Luar Negeri. Artinya, persentase yang lulus kurang dari 4 persen!

Materi seleksi di Kemlu adalah:

  1. Seleksi Administrasi atau berdasarkan berkas yang dikirimkan pelamar.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan CAT BKN. SKD ada contoh soalnya dan bisa dipelajari.
  3. Seleksi Kompetisi Bidang yang meliputi
  • Tes kesehatan fisik dan psikis
  • Tes subsansi jabatan menggunakan CAT BKN
  • Tes kemampuan bahasa asing (tes ini hanya untuk pelamar posisi Diplomat, Pranata Informasi Diplomatik, dan Penata Kanselerai)

Tip sukses seleksi Kemlu 2021

Nah, rencanamu ngobrol dengan Agus yang saat ini bertugas sebagai Kasubag Formasi dan Pengadaan Sumber Daya Manusia. DI luar tugas tersebut, Agus merupakan seorang diplomat. Inilah berbagai tip supaya kamu sukses di rekrutmen Kemlu

1. Perhatikan seleksi administrasi. Agus menjelaskan, “Telitilah dalam mendaftar dan mengunggah berkas yang diminta. Perhatikan betul pengumumannya. Sebab banyak pelamar gugur karena kurang teliti membaca pengumuman. Meskipun IPK-nya tinggi, seandainya dia salah unggah dokumen, maka bisa digugurkan ketika seleksi administrasi."

Ya, hal yang dianggap formalitas atau detail yang kesannya sepele ternyata bisa menentukan kelulusanmu.

2. Berikan yang terbaik saat tes. Tujuannya agar dapat melampaui batas nilai yang ditetapkan untuk bisa lulus. Bahkan, berusahalah untuk menjadi yang terbaik di antara peserta lain, bahkan menduduki 3 besar pada tes yang dijalani.

3. Menjaga kesehatan lahir dan batin, karena kesehatan fisik dan mental meruoakan syarat kelulusan.

4. Memiliki pengetahuan luas mengenai jabatan yang dilamar. Jangan sampai kamu melamar sebagai diplomat atau pranata informasi Diplomatik, tapi kamu blank mengenai tugas profesi tersebut.

5. Asah kemampuan bahasa asing. Perbanyak aja membaca, mengerjakan soal bahasa, dan menggunakan bahasa asing tersebut. Biar makin menguasai.

6 Mampu meyakinkan panelis yang terdiri dari para pejabat Kementerian Luar Negeri dan ahli hubungan luar negeri. Artinya, kamu harus menjawab pertanyaan dengan benar dan percaya diri.

7. Saat wawancara, pakailah baju rapi dan formal seperti setelan jas, blazer atau setidaknya batik.

8. Rajin buka website Kementerian Luar Negeri, untuk mengetahui berbagai informasi.

9. Membaca koran/kanal berita terpercaya, terutama baca yang berkaitan dengan isu/berita internasional.

Semoga berhasil!

(Sumber gambar: Pexels)

LATEST COMMENT
brinaaa18 | 2 hari yang lalu

Open pp/endorse Ig: brinaaa18 Followers 115k Murmer minat dm ig

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
| 3 hari yang lalu

Halo kak putri apa yang Kaka alami seperti persis yang saya alami sekarang saya merupakan mahasiswi pend.matematika dan sekarang masih 1 bulan berjalan kuliah (masih pemula banget) dan bener banget ga sesuai ekspektasi seperti di SMA. Saya juga milih jurusan ini karena ibu saya yang minta.…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Olyfia Hutagalung | 4 hari yang lalu

kak mau nanya, aku sma jurusan ipa, kalo nanti SNMPTN linjur ke pendidikan bahasa Inggris apakah boleh kak?

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Lavienda William | 5 hari yang lalu

apakah mahasiswa hukum public speakingnya harus bagus? soalnya public speakingku jelek banget dan aku tertarik untuk masuk jurusan hukum tahun depan..

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum
Fatimah Ibtisam | 6 hari yang lalu

Kami juga sering mendengar hal yang demikian. Pada dasarnya, penilaian utama SNMPTN adalah prestasi, sementara yang menentukan diterima atau tidaknya adalah pihak kampus. Menurut kami, pilihan kedua tetap berpeluang diterima.

Siap SNMPTN 2022: Pertanyaan yang Sering Muncul Soal SNMPTN
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1