Menghadapi Pertanyaan Wawancara Kerja Berbahasa Inggris

Mendapat panggilan dari perusahaan idaman, tapi wawancaranya dalam bahasa Inggris. Brb, daftar kursus bahasa Inggris sama native speaker *caelah*. Kursus memang membantu kemampuan berbahasa. Sayangnya, wawancara kerja nggak bakal menunggu kamu sampai lulus EF. Trus gimana dong? Apa mundur aja? No way, gaes! Tetap semangat!

Biasanya, interview dijadwalkan seminggu atau beberapa hari sebelumnya. Nah, dalam waktu terbatas tersebut kamu bisa melakukan yang berikut ini:

1. Cari teman/mentor untuk latihan berbicara bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa itu sesuatu yang dinamis. Walaupun di atas kertas jago, tapi kalau jarang dipraktikkan bakalan kaku. Sebaliknya, latihan akan membuat kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris meningkat.

2. Berlatih tanya jawab wawancara kerja. Paling afdol dengan kawan (seperti poin 1). Tapi pas nggak ada teman, bisa kamu  lakukan sendiri di depan cermin.

Pada dasarnya, pertanyaan wawancara dalam bahasa Indonesia dan Inggris relatif sama. Dan pertanyaan yang sering muncul adalah

  • Tell us about yourself!
  • Tell us about your work (internship) experience!
  • What do you know about us (our company)?
  • Why did you apply for this position?
  • Why should we hire you?
  • What are your biggest strengths/Weaknesses?
  • Where do you see yourself in 5 years?
  • Do you have any question for us?

3. Salah satu tips menjawab adalah dengan mengulang frase/kata dari pertanyaan. Misalnya,  pertanyaan “What are your biggest strengths?”

Kamu bisa memulai jawaban dengan, “My biggest strengths are….

4. Perhatikan pertanyaan pewawancara sampai selesai. Jangan memotong atau menyela. Pastikan kamu mengerti sebelum menjawab.

5. Apabila ada kata yang kurang jelas terdengar, atau pertanyaan yang menurutmu kurang jelas, jangan sungkan untuk menanyakan atau memastikan maksudnya.

6. Jangan panik apabila tiba-tiba lupa kosa kata bahasa Inggris yang ingin diucapkan. Orang yang jago banget bahasa Inggrisnya aja bisa ngeblank, kok!

Yang  dapat dikerjakan adalah:

a. Tetap berusaha tenang.

b. Menjelaskan hal tersebut dengan kata-kata yang lain.

c. Atau kalau kepepet kamu bisa berterus terang bahwa kamu ingin mengatakan sesuatu tapi lupa penyebutannya dalam bahasa Inggris.

7. Siapkan pertanyaan untuk perusahaan. Kalau bisa dari rumah sudah punya stok pertanyaan ya..

8. Grammar yang digunakan kebanyakan present (menyampaikan keadaan/fakta saat ni), past (mengacu pada pengalaman kuliah/magang), dan future (apabila ditanya apa yang akan dilakukan di masa depan).

9. Komunikatif merupakan kunci. Dalam bahasa Inggris grammar itu penting. Namun, jangan menuntut diri untuk selalu sempurna. Yang terpenting pewawancara bisa  memahami apa yang kamu sampaikan, dan sebaliknya.

10. Untuk soal etika dan tata krama, wawancara dalam bahasa apapun tetap menerapkan hal ini.

11. Closing statement: ucapkan terima kasih di akhir wawancara dan sampaikan lagi minat kamu untuk bekerja di sana.

Contoh: "Thank you for making time to interview me for the open position. I am thrilled about the prospect of  being a part of a highly reputable company."

(sumber gambar: Pixabay)

 

 

 

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Freelance prodi Manajemen cukup beragam, mulai dari yang sejalan dengan studi yang diambil sampai yang sangat berbeda. Contohnya di Rencanamu, pernah ada mahasiswa Manajemen yang menjadi freelance writer.

Jadi Freelancer Sambil Kuliah: Banyak Keuntungannya
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Pekerjaan (freelance) yang terkait dengan prodi Rekayasa Perangkat Lunak antara lain menjadi web developer atau bagian IT.

Jadi Freelancer Sambil Kuliah: Banyak Keuntungannya
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Ada pekerjaan lepas khusus untuk mahasiswa jurusan tertentu. Adapula yang bisa untuk berbagai/semua jurusan/prodi. Selengkapnya, baca di link ini: https://rencanamu.id/post/dunia-kerja/persiapan-kerja/lowongan-kerja-freelance-untuk-mahasiswa

Jadi Freelancer Sambil Kuliah: Banyak Keuntungannya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1