Wawancara Kerja Tanpa Persiapan? Ini Triknya!

Persiapan sangat dibutuhkan dalam wawancara kerja. Tapi bagaimana bila persiapannya sangat minim bahkan nihil? Apakah sebaiknya mundur karena kemungkinann besar akan gagal? Prinsipnya, jangan menyerah sebelum mencoba. Wawancara tanpa melakukan riset perusahaan, latihan menjawab pertanyaan, dan menyiapkan penampilan yang paripurna memang jauh dari ideal. Tapi kamu bisa membuat keadaan lebih baik dengan:

1. Penampilan yang pantas. Nggak sempat pakai baju terbaik yang sesuai dengan standar perusahaan? Pastikan saja pakaian yang kamu kenakan bersih dan pantas, walau biasa saja. Bersikan noda pada sepatu, cuci tangan, cuci muka agar wajah fresh, sisiran/rapikan kerudung, dan perbaiki tampilan baju.  Jangan sampai badan/baju berbau tak sedap atau malah wanginya menyengat karena kebanyakan pake parfum.    

2. Sambil menunggu wawancara, bisa browsing mengenai perusahaan. Tapi kalau memang waktunya mepet, ya nggak perlu memaksakan untuk riset dadakan.

3. Jika sempat baca-baca, lakukan dengan relaks. Jangan memaksakan untuk membaca semua informasi apalagii menghafalnya. Yang ada kamu malah makin nervous.

4. Fokus pada dirimu. Sebab tujuan utama wawancara adalah mengenal dan menggali dirimu. Mengingat dan memahami CV-mu akan sangat membantu. Tanpa latihan, kamu tetap bisa menjawab pertanyaan mengenai dirimu.

5. Selain itu fokus pada bidang yang kamu lamar. Sebab mungkin kamu belum tahu banyak soal perusahan, namu kamu tahu bidang yang dilamar, misalnya bagian keuangan, atau bagian desain. Nanti akan banyak pertanyaan seputar pekerjaan tersebut.

6. Jika dalam interview ada pertanyaan,Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk kami?” Kamu bisa menjawab dengan netral, seperti “Kandidat seperti apa yang perusahaan Anda cari?”

7. Berikan kesan pertama yang baik, dengan menyapa, menatap, tersenyum, dan tetap profesional. Gestur semacam ini akan membuat suasana wawancara lebih menyenangkaan.

8. Saat ada pertanyaan yang kamu nggak bisa dijawab atau jawabannya nggak memuaskan, Harus move on secepatnya. Karena kamu masih dalam sesi wawancara.

Masih ada pertanyaan lain yang perlu dijawab. Kekurangan jawabanmu tadi masih bisa ditebus dengan sisa wawancara yang berjalan baik. Sebaliknya, jika nggak bisa mengendalikan diri, situasi akan makin akward dan parah.

***

Kuncinya adalah berusaha untuk tenang, walau kondisinya tidak ideal. Sebab ketenangan merupakan salah satu modal penting untuk kesuksesan wawancara kerjamu. Semoga berhasil!

(sumber gambar: pixabay.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1