10 Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Persuasif dan Bercita-Cita Menjadi Pemimpin

Kalau kamu perhatikan, banyaaak banget lowongan pekerjaan yang mensyaratkan skill persuasi dan kepemimpinan yang baik sebagai salah satu poin pertimbangan seleksi para pekerjanya. Artinya, kamu-kamu yang punya jiwa kepemimpinan yang tinggi nggak usah takut kehabisan lowongan. Hihihi.

Kamu yang memiliki karakteristik seperti ini dikenal juga dengan individu yang sangat persuasif, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, serta nggak ragu untuk menyampaikan pendapatnya. Nah, nggak salah jika kamu sangat efektif dalam hal negosiasi, organisasi, dan pengambilan keputusan, dan nggak heran kalau kamu sering terpilih untuk menjadi pemimpin alias “orang terdepan” dalam setiap kesempatan. Wih!

Nah, jika kamu sudah menyelesaikan modul minat di Youthmanual, kamu termasuk dalam tipe The Charismatic CEO dalam spektrum kepribadian RIASEC. Dan jurusan kuliah yang cocok menjadi pilihan kamu adalah…

1. Teknik Industri‍ 

1

Bisa dibilang, jurusan Teknik Industri adalah jurusan teknik yang paling nggak teknik-teknik amat. Soalnya, selain mempelajari sistem produksi dari sisi turunan ilmu permesinan, di jurusan ini kamu juga akan mendalaminya dari sisi manajemen. So, jangan heran kalau di jurusan ini kamu bisa mengasah skill kepemimpinan dengan baik dengan adanya mata kuliah seputar manajemen pemasaran, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, sampai ekonomi teknik.

2. Manajemen Sumber Daya Manusia‍ 

Sumber daya manusia adalah alat dan aset yang sangat penting dalam organisasi manapun untuk mencapai keunggulan kompetitif jangka panjang. Makanya, kamu dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi jangan ragu untuk memilih jurusan ini, karena skill kamu akan terus dikembangkan melalui teknik pengelolaan potensi sumber daya manusia dan pembuatan kebijakan, instruksi dan regulasi yang berkaitan dengan apa pun yang menyangkut dinamika sumber daya manusia dalam organisasi/perusahaan.

3. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan‍ 

Jurusan ini pastinya spesifik banget untuk membekali para mahasiswanya pemahaman mengenai kurikulum pendidikan, agar mereka dapat memberikan solusi dan pengembangan kurikulum yang cocok bagi pendidikan di Indonesia yang melibatkan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Buat kamu yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, mengikuti perkembangan teknologi, dan menaruh perhatian pada dunia pendidikan, jurusan ini pastinya cocok banget buat kamu.

4. Hubungan Masyarakat‍ 

Hubungan Masyarakat adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Itulah mengapa kamu yang sangat persuasif sangat cocok dengan jurusan ini karena kamu berperan penting dalam memberi identitas organisasi atau perusahaan dengan tepat dan benar, serta mampu mengkomunikasikannya sehingga publik menaruh kepercayaan dan mempunyai pengertian yang jelas dan benar terhadap perusahaan tersebut. Greget, ya?

5. Pendidikan Militer‍ 

5

Pendidikan Militer adalah sistem pendidikan yang bertujuan untuk membentuk masyarakat umum terpilih untuk menjadi Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI). Individu yang tegas, percaya diri, berkomitmen, kritis, serta cinta negara (seperti kamu) adalah mereka yang dibutuhkan untuk dapat mendalami pendidikan satu ini. Nggak salah, sih, kalau banyak pemimpin negara dan lembaga-lembaga besar di negara kita memiliki latar belakang militer!

6. Pendikan Pramugari/Pramugara‍ 

Untuk menjadi pramugari/pramugara di berbagai maskapai penerbangan domestik maupun internasional dibutuhkan sebuah pelatihan khusus. Tentunya juga bukan orang sembarangan juga yang bisa menekuni pendidikan ini. Karena kamu akan bekerja di industri jasa pariwisata, kamu harus memiliki rasa percaya diri, kemampuan persuasi, dan sikap asertif untuk dapat menekuni pendidikan ini dan melanjutkan karier sebagai pramugari/pramugara dengan kualitas jempolan.

7. Bisnis Internasional‍ 

Bicara soal persuasi dan kepemimpinan, pasti nggak jauh-jauh dari dunia bisnis. Nah, selain cocok dengan karakteristik yang kamu miliki, jurusan Bisnis Internasional juga memiliki tren karier yang cerah di masa yang akan datang. Di jurusan ini, kamu nggak hanya fokus pada pembelajaran tentang tantangan-tantangan yang dihadapi oleh dunia bisnis di pasar internasional, tapi juga keterampilan lintas budaya, pengembangan keterampilan di dunia kerja, dan pengambilan keputusan.

8. Marketing Komunikasi‍ 

Marketing dan komunikasi merupakan bidang yang dinamis dan selalu dibutuhkan. Di jurusan ini, kamu akan diajarkan bagaimana cara mengkomunikasikan strategi pemasaran perusahaan yang sudah dibuat kepada calon pelanggan, baik dalam menggunakan media konvensional maupun media modern. Apa pun konteks dan bentuknya, strategi yang baik tidak akan bisa berhasil dengan optimal jika dikomunikasikan secara keliru. ‘kan?

9. Manajemen Rumah Sakit‍ 

9

Ada juga, lho, jurusan buat kamu yang persuasif dan menyenangi dunia kesehatan. Adalah Manajemen Rumah Sakit, jurusan yang cukup unik karena nggak banyak dimiliki oleh perguruan tinggi di Indonesia. Di sini, kamu akan mempelajari tentang bagaimana menjalankan sistem rumah sakit secara sistematik, mengelola kegiatan manajerial rumah sakit, dan mengurus operasional rumah sakit secara efisien. Kamu akan memahami seluk beluk operasional dan manajemen rumah sakit, dan bisa mewujudkan apa yang ideal bagi kesembuhan para pasien rumah sakit.

10. Technopreneurship‍ 

Meski tergolong baru, jurusan ini nggak boleh kamu remehkan, sob. Di sini, kamu akan  dipersiapkan, dilatih, dan didorong untuk menjadi seorang entrepreneur atau pelaku bisnis yang mampu melahirkan dan mengembangkan usaha baru (small-medium enterprise) berbasis teknologi unggul yang tepat guna. Upaya ini dilakukan dengan penggunaan berbagai cara/metode pembelajaran kreatif, inovatif dan terkini. Sejalan banget, nih, sama tren karier berbasis teknologi di masa depan!

(sumber gambar: cnbc.com, picdn.com, tmpo.co, sarvgyan.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1