Menu

11 Program Studi yang Sering Dipilih oleh Perempuan

Kamu mungkin bertanya-tanya, memangnya ada, ya, program studi tertentu dikatakan lebih sesuai untuk laki-laki dan program studi lain untuk perempuan? Well, nggak ada batasan gender yang mutlak dalam hal menuntut ilmu, gaes. Baik itu laki-laki maupun perempuan, setiap orang memiliki hak yang sama untuk belajar. Iya, ‘kan?

Meskipun demikian, dalam kenyataannya memang ada anggapan yang berkembang bahwa program studi tertentu lebih sesuai untuk gender tertentu. Misalnya, 11 program studi berikut ini sering dianggap lebih sesuai untuk perempuan. Penasaran apa saja? Cekidot!

1. Ilmu Keperawatan 

Yap! Program studi pertama adalah Ilmu Keperawatan. Disadari atau nggak, mayoritas mahasiswa dari program studi ini adalah perempuan. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan perempuan memiliki karakter yang sabar dan telaten dalam merawat orang lain.

Eitss… tapi bukan berarti perawat laki-laki nggak mampu bekerja sebaik perawat perempuan, lho, ya. Kamu yang laki-laki juga bisa menjadi seorang perawat, asalkan kamu memiliki minat dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menekuni profesi ini.

2. Kebidanan 

Profesi sebagai seorang Bidan memang identik dengan perempuan. Bener nggak?

Well, memang nggak ada aturan yang melarang laki-laki buat kuliah di program studi Kebidanan. Akan tetapi, pada umumnya laki-laki kurang memiliki minat menangani fase-fase kehamilan, proses persalinan, hingga perawatan bayi yang baru lahir.

Oyaa, seorang Bidan akan sering bekerja sama dengan dokter spesialis kandungan, gaes. Selain itu, seorang Bidan juga bisa membuka praktik di rumah sekaligus bekerja pada instansi kesehatan.

3. Pendidikan Dokter atau Kedokteran

jurusan kedokteran

Sebenarnya, kuliah Kedokteran memang nggak bisa dibilang ringan untuk perempuan. Jam kerja dokter juga cukup panjang bagi ketahanan fisik perempuan.

Akan tetapi, profesi sebagai seorang Dokter Anak, Dokter Umum, Dokter Gigi, hingga Dokter Hewan sekalipun kebanyakan adalah seorang perempuan. Soalnya, perempuan dianggap lebih sabar dalam merawat seorang pasien.

4. Psikologi 

Nggak bisa dipungkiri, perempuan cenderung memiliki olah rasa yang lebih halus, lebih peka dan lebih berperasaan dibanding laki-laki. Orang yang berprofesi sebagai seorang Psikolog harus mau mendengar keluh kesah dan memahami orang lain, gaes.

That’s why, program studi Psikologi dikatakan lebih cocok untuk perempuan karena sesuai dengan kehalusan perasaan yang mereka miliki.

5. Kependidikan

Kamu sering lihat nggak, sih, Guru playgrup, Guru TK, Guru SD atau Guru SMP itu biasanya adalah seorang perempuan?

Nah, sama seperti  program studi Keperawatan dan program studi lainnya yang sudah disebutkan di atas. Program studi di bidang Kependidikan juga dianggap lebih sesuai untuk perempuan karena faktor kesabaran dan sifat keibuan yang mereka miliki.

Meskipun begitu, masih ada, kok, program studi yang lebih didominasi laki-laki. Misalnya, program studi Ilmu Keolahragaan.

6. Tata Busana 

Perempuan dan fashion?  Adalah dua hal yang ngga bisa dipisahkan. Rasanya ngga akan ada abisnya, deh, kalau perempuan ngomongin soal fashion.

Nah untuk itu bagi kamu pecinta fashion, ngga ada salahnya banget kalau kamu memilih program studi Tata busana atau yang lebih dikenal Fashion Design. Selain program studi yang satu ini, kamu juga bisa, lho, mencoba program studi lainnya—yang masih berkaitan dengan dunia mode dan fashion. Penasaran? Kamu bisa baca selengkapnya di: 5 Program Studi yang Berkaitan dengan Dunia Mode dan Fashion.

Prospek dari program studi ini juga menjanjikan, kok, gaes! Lulusan Fashion Design bisa jadi desainer, fashion stylist, dan lain-lain yang bisa kamu baca di sini.

7. Tata Rias dan Kecantikan 

Selain program studi Tata Busana, ada juga program studi yang erat kaitannya dengan perempuan! Yap, bener banget! Program studi tersebut adalah Tata Rias dan kecantikan.

Meski saat ini banyak laki-laki yang berprofesi sebagai makeup artist atau hair stylist, seperti Bubah Alfian, dan lain-lain. Program studi Tata Rias dan Kecantikan lebih banyak diminati oleh perempuan karena mereka secara natural memang suka merawat diri.

Ya, namanya juga program studi Tata Rias dan Kecantikan. Selain belajar tata rias korektif, tata rias karakter dan tata rias fantasi, mahasiswa juga diajarkan untuk mempercantik kulit, rambut, dan tubuh secara keseluruhan.

8. Akuntansi 

Meskipun laki-laki yang berprofesi sebagai Akuntan itu ada. Tapi kenapa program studi yang satu ini juga lebih identik dengan perempuan?

Soalnya, belajar Akuntansi akan erat hubungannya dengan hitung-hitungan. Dan perempuan sering dianggap memiliki ketelitian dalam menghitung dan pandai dalam mengatur keuangan yang lebih baik daripada laki-laki. Lagi-lagi, faktor ketelatenan dan ketelitian sangat dibutuhkan dalam pemilihan program studi, ya?

9. Manajemen 

Masih di bidang ekonomi, Manajemen juga menjadi salah satu program studi yang banyak diminati oleh perempuan. Program studi Manajemen sendiri merupakan program studi yang mempelajari semua bidang, seperti manajemen keuangan dan manajemen pemasaran

Oleh karena itulah, pengelolaan sumberdaya hingga proses evaluasi yang ditangani tim manajemen sering dianggap sejalan dengan ketelitian dan ke-detail-an yang dimiliki oleh seorang perempuan.

10. Ilmu Komunikasi 

Selain memiliki sikap yang teliti, perempuan juga lebih peka dalam bergaul di lingkungan sosial. Sehingga program studi yang satu bisa dikatakan pula identik dengan perempuan. Meskipun begitu, masih ada, kok, mahasiswa laki-laki yang kuliah di program studi ini.

Oyaa, program studi Ilmu Komunikasi sendiri terbagi lagi menjadi beberapa konsentrasi, gaes. Di antarnya adalah marketing, advertising, jurnalistik, broadcasting, dan lain-lain.

11. Sastra

Pada umumnya program studi Sastra—entah itu Sastra Arab (Sastra Asia Barat)Sastra Korea, Sastra Jerman, Sastra Inggris, dan lain-lain lebih diminati perempuan ketimbang laki-laki. Kegiatan olah rasa, seperti membaca dan menganalisis novel atau puisi, memang lebih menarik minat kaum hawa.

Anyway, prospek kerja di bidang Sastra juga nggak boleh dipandang sebelah mata, lho. Lulusannya bisa bekerja sebagai Dosen/Gur, Penerjemah, Tour Guide, Penulis atau Reporter. Apalagi setelah lulus dari bidang Sastra Korea, misalnya. Kalau kamu bisa juga menguasai dan fasih menggunakan bahasa Koreanya, akan jadi nilai plus buat kamu di dunia kerja nanti.

***

Itulah beberapa program studi yang sering dipilih oleh perempuan. Yang perlu digarisbawahi disini adalah nggak ada keharusan suatu program studi cuma menerima atau dipilih berdasarkan gender tertentu, gaes. Soalnya yang paling penting adalah pilihlah program studi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: abaforlawstudents.com, physiciansweekly.com, luckyfeetshoes.com, talk-business.co.uk)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©