4 Prodi yang Lulusannya Dicari Untuk Berkarier Di Bidang Data Science

Oleh: DQLab

Perusahaan di Indonesia berbondong-bondong merekrut praktisi data. Ya, di era revolusi industri 4.0, semua menyadari pentingnya data. Sebab dengan bermodalkan data, perusahaan dapat menghasilkan keputusan tepat. Nah, karena kebutuhan praktisi data terus meningkat, banyak orang yang tertarik untuk terjun ke bidang ini.

Sebenarnya, siapa saja bisa berprofesi sebagai praktisi data atau Ilmuwan Data (Data Scientist), walaupun kebanyakan berlatar belakang pendidikan Science, Technology, Engineer, & Math (STEM) atau sering disebut rumpun Saintek. Di sisi lain, orang berlatar belekang jurusan Soshum juga cocok lho, bekerja sebagai praktisi data. Cek 4 prodi yang lulusannya berpeluang bekerja di bidang data berikut ini.

1. Teknologi Informasi

Di dalam bidang Data Science, keahlian mengoperasikan komputer sangat dibutuhkan. Dengan memiliki bekal ilmu Teknologi Informasi, kamu akan lebih mudah untuk menganalisa perancangan, pengujian, pengembangan sistem operasi, perangkat lunak, dan kinerja komputer. Ditambah lagi lulusan prodi Teknologi Informasi memiliki kompetensi coding.

Baca juga : Belajar Data Science DQLab : Kisah Inspiratif Yohanes yang Beralih Profesi dari IT Support Menjadi Seorang Data Analyst di Industri Startup E-commerce

2. Matematika 

Jurusan kuliah selanjutnya yang banyak diincar oleh perusahaan untuk dijadikan sebagai praktisi adalah Matematika. Lulusan prodi Matematika akan lebih siap menghadapi industri data. Soalnya, mereka bisa menerapkan algoritma statistika dalam konteks bisnis untuk melakukan pemodelan data exploratory, predictive, dan prescriptive. Alhasil, mereka bisa menghasilkan rekomendasi dengan tingkat akurasi yang tinggi untuk perusahaan.

3. Ekonomi 

Ada juga lho, kesempatan untuk jurusan soshum, tepatnya prodi Ekonomi. Pengetahuan soal pengaturan keuangan perusahaan bisa dikombinasikan dengan pengetahuan bidang data science. Nah, kemampuan data science dipelajari sambil bekerja. Dari data, dapat dilihat permasalahan yang dihadapi perusahaan. Sementara ilmu bidang Ekonomi dipakai untuk mengambil keputusan.

Baca juga : Baca juga : Belajar Excel : Yuk Intip Alasan Kamu Harus Belajar Microsoft Excel untuk Analisis Data!

4. Ilmu Komunikasi

Di hampir semua lini pekerjaan, kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat diperlukan. Termasuk di dalam bidang Data Science. Apalagi Ilmu Komunikasi di era digital terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan  teknologi. Lulusan prodi Komunikasi memiliki keahlian untuk mencari informasi yang bersumber dari data digital. Terutama dalam mata kuliah yang berhubungan dengan digital journalism. Jika kamu mengambil prodi Komunikasi, tingkatkan kompetensimu dengan mempelajari Python serta R. Skill komputer paling dasar, yaitu program excel juga wajib kamu kuasai.

Tentang DQLab

DQLab merupakan platform belajar data science online untuk membantu mempersiapkanmu sebagai praktisi data yang siap bekerja secara profesional, khususnya untuk profesi Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst.

Bangun kompetensimu di bidang Data dengan DQLab Project, kolaborasi DQLab dengan praktisi Industri untuk membantumu siap berkarir dibidang data. Akses lebih dari 660 modul dan dapatkan sertifikatnya.

Kamu juga bisa mendaftarkan diri di DQLab dengan menikmati FREE TRIAL dengan reedem kode voucher “DQRENCANAMU”. Subscribe untuk menjadi PREMIUM member melalui Rencanamu dengan Klik di sini ya. 

(Sumber gambar: Gerd Altmann from pixabay Image by <a href="https://pixabay.com/users/geralt-9301/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2167836">Gerd Altmann</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2167836">Pixabay</a>)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1