5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!

Kamu anak IPA dan tertarik masuk program studi Psikologi? Nggak perlu lintas jurusan pada SNMPTN dan SBMPTN karena ada PTN dengan jurusan Psikologi Saintek. Di banyak perguruan tinggi, Psikologi memang masuk rumpun Soshum (IPS), tapi ternyata ada kampus dengan jurusan Psikologi IPA alias Saintek. Nah, inilah 5 perguruan tinggi negeri dengan jurusan Psikologi rumpun Saintek.

1. Universitas Padjadjaran 

Dari  125 program S1 Psikologi di Indonesia yang tercatat di Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), hanya 19 yang terakreditasi A termasuk Unpad. Selain itu, prodi Psikologi juga tersedia hingga jenjang S3. Fakultas Psikologi Unpad sendiri berdiri sejak tahun 1961. Wih, udah lebih dari 50 tahun! Dari tahun ke tahun Unpad nggak membuka jalur mandiri, hanya SNMPTN dan SBMPTN.

Gabriella Diva yang mengenyam pendidikan di Psikologi Unpad menjelaskan tentang keunikan dan keunggulan jurusannya, “Berbeda dengan kampus lain yang kebanyakan IPS, di Unpad Psikologi masuk IPA karena fokus Fakultas Psikologi Unpad adalah Psikologi eksperimen. Psikologi Unpad itu terkenal banget dengan keunggulannya dalam bidang Psikologi Klinis, makanya ada mata kuliah Biopsikologi dan Neuropsikologi yang lebih membahas otak dan syaraf manusia. Selain itu Fakultas Psikologi termasuk RIK atau Rumpun Ilmu kesehatan.”

Komentar senada juga datang dari ,Azalea Fania mahasiswi Psikologi Unpad, “Psikologi di Unpad lebih melihat dari sisi klinis dan menekankan pada pemikiran serta metode ilmiah.”

Daya tampung SBMPTN 2018: 95

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 2.7 persen

Daya tampung SNMPTN 2018: 64

Prediksi peluang masuk SNMPTN: 2 persen

2. Universitas Sebelas Maret  (UNS)

Walaupun termasuk rumpun Saintek, namun pada tahun 2017 lalu banyak lho anak IPS yang masuk Psikologi UNS.  Yup, ada 14 siswa IPS sedangkan IPA 15 siswa ditambah 4 siswa Madrasah Aliyah IPA. Mata kuliahnya antara lain adalah Psikologi Kesehatan, Psikologi Hukum, Konstruksi Tes dan Skala Psikologi, Kesehatan Mental, serta Psikologi Budaya Jawa. Di semester 4 mahasiswa bisa menentukan peminatan, apakah  Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, atau Psikologi Sosial dan Komunitas. Total studi yang perlu ditempuh adalah 150 SKS.

Di UNS, prodi ini masuk dalam Fakultas Kedokteran. Psikologi UNS mengantongi akreditasi B dari BAN-PT. Untuk masuk prodi ini, kamu bisa mengikuti SNMPTN, SBMPTN, atau jalur seleksi mandiri dengan menggunakan nilai SBMPTN.

Daya tampung SBMPTN 2018: 45

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 2.4 persen

Daya tampung SBMPTN 2018: 30

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 2 persen

3. Universitas Andalas 

Prodi Psikologi di Universitas Andalas masih tergolong baru, yaitu dibuka tahun 2009 dengan 53 mahasiswa. Jurusan yang berada di bawah Fakultas Kedokteran ini memiliki akreditasi B. Untuk bisa menjadi mahasiswa Andalas, kamu bisa melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, serta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat (SMMPTN Barat), alias seleksi Mandiri yang diselenggarakan 15 Universitas di Sumatra.

Daya tampung SBMPTN 2018: 41

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 2.4 persen

Daya tampung SNMPTN 2018: 30

Prediksi peluang masuk SNMPTN: 3 persen

4. Universitas Sriwijaya 

Psikologi merupakan program studi yang tergolong baru di kampus di Sumatera Selatan ini. Tak heran jika akreditasinya masih C. Prodi ini masuk dalam Fakultas Kedokteran. Untuk bisa masuk Psikologi Unsri bisa melalui SNMPTN, SBMPTN, atau jalur mandiri (USM).

Daya tampung SBMPTN 2018: 29

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 3 persen

Daya tampung SNMPTN 2018: 24

Prediksi peluang masuk SNMPTN: 3.5 persen

5. Unhas

Prodi Psikologi juga masih baru di kampus ini, yaitu sejak tahun 2012. Untuk sementara akreditasinya adalah C. Prodi ini berada di bawah Fakultas Kedokteran. Unhas menyebutkan bahwa keunikan jurusan Psikologi di kampus mereka adalah dikembangkan dengan nilai maritim serta pendekatan kreatif dan adaptif.

SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri merupakan jalur masuk menuju Psikologi Unhas. Untuk Seleksi Mandiri, akan ada Tes Potensi Akademik, Tes Psikologi, serta Wawancara.

Daya tampung SBMPTN 2018: 49

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 1.3 persen

Daya tampung SNMPTN 2018: 21

Prediksi peluang masuk SNMPTN: 2 persen

***

Secara umum, yang dipelajari pada prodi Psikologi rumpun Saintek (IPA) dan Psikologi rumpun (Sohsum) relatif sama. Gelar, ilmu, serta dan skill yang bisa diperoleh mahasiswanya pun serupa. Yang paling berbeda tentu saja tes masuknya, yaitu yang satu dengan tes sains dan teknologi sementara yang lain dengan tes sosial dan humaniora.

Tiap kampus tentu memiliki ciri dan keunggulan sendiri. Dan salah satu ciri 5 PTN dengan prodi Psikologi rumpun Saintek adalah penekanannya pada Sains yang lebih besar dibanding di kampus lain. Prodi Psikologi sendiri  mempelajari manusia, dan meliputi ilmu sains, biologi, hingga sosial. Yup, walaupun digolongkan dalam rumpun Saintek, namun materi yang berhubungan dengan sosial banyak sekali dipelajari di prodi ini.

Cek tentang prodi Psikologi dan testimoni mahasiswanya di sini.

(sumber gambar: Meo from Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 6 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1