Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Ketika #DiRumahAja

Penyebaran Covid-19 atau yang lebih dikenal virus Corona beberapa hari belakangan ini kian masif saja, ya, gaes. Dengan kondisi tersebut, Presiden Jokowi akhirnya mengeluarkan perintah untuk mengurangi segala aktivitas di ruang publik atau yang melibatkan banyak orang—seperti kerja, kuliah, dan lain-lain.

Anyway, seperti yang sudah singgung sebelumnya, mulai hari Senin kemarin sudah banyak kegiatan kampus yang ikut diliburkan dan perkuliahan diganti via online. Tiap kampus bahkan beda-beda, ada yang memberlakukan libur selama dua minggu, bahkan ada yang lebih atau sampai batas waktu yang nggak ditentukan.

Well, meski libur, sebenarnya kamu masih bisa melakukan banyak hal positif dan bermanfaat, sih, gaes, karena dua minggu bukan waktu yang sebentar. Nah, kalau kamu adalah tipe mahasiswa yang kalau libur malah bingung mau ngapain, hal-hal di bawah berikut ini tentunya bisa banget buat kamu lakuin. Jadi, nggak bakalan ada, tuh, istilah wasting time.

1. Membaca buku

Yap! Kegiatan positif pertama yang wajib dan sering dilakukan mahsiswa selama libur kuliah adalah dengan membaca buku. Kalau biasanya kuliah pagi sampai sore membuatmu susah punya waktu untuk baca buku, momen kali ini kamu bisa memanfaatkan untuk membaca buku-buku yang sudah lama pengen banget kamu baca. Bisa buku novel, fiksi, biografi, buku kuliah juga bisa, kok. Ya, semoga saja setelah ini kamu jadi makin kebiasaan buat baca buku, deh.

2. Kerjakan tugas kuliah yang menumpuk

Eits, jangan seneng dulu, gaes! Libur kuliah karena virus Corona bukan berarti pembelajaran perkuliahan sepenuhnya nggak ada lho. Tapi, kebanyakan kampus mulai menerapkan perkuliahan online atau dosen-dosen bakal ngasih tugas ke mahasiswanya.

Karena itulah, waktu libur selama dua minggu ini tentunya wajib kamu alokasikan untuk fokus mengerjakan PR kuliah dengan lebih baik. Meskipun nggak beraktivitas di kampus, tetap utamakan buat menyelesaikan setiap tugas perkuliahan yang kamu punya, ya.

3. Merangkum materi kuliah

Kalau tugas-tugas sudah selesai dan kamu masih punya banyak waktu luang, jangan lupa buat perbanyak atau mendalami materi kuliah. Langkah yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah dengan membuat buku catatan khusus yang berisikan rangkuman materi kuliah—yang kamu pelajari selama liburan ini. Hal ini bakal bermanfaat banget pas nanti kamu sudah aktif ke kampus lagi. Jadi, kamu nggak akan terlalu keteteran buat ngejar materi yang tertinggal.

4. Membuat daftar agenda yang akan dilakukan setelah kembali aktif kuliah

Karena banyak kegiatanmu yang akhirnya tertunda karena virus Corona. It means, kamu harus melunasi setiap utang kegiatan tersebut setelah aktivitas kembali normal bukan?

That’s why, ada baiknya selama liburan ini kamu fokus menyusun hal apa saja yang harus kamu lakukan usai liburan nanti. List mulai dari kegiatan yang harus didahulukan terlebih dahulu dan nggak bisa ditunda lagi, misalnya bimbingan dengan dosen, dan lain sebagainya.

5. Membersihkan kamar atau kost-an

Kalau biasanya kamu jarang mengurus kamarmu karena sibuk dengan jadwal kuliah yang padat, tugas kuliah yang menumpuk, rapat organisasi atau komunitas, dan lain-lain. Nah, ini saatnya buat kamu untuk lebih memperhatikan kebersihan kamarmu.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah mulai dari merapikan berkas-berkas kuliah yang ada di rak bukumu, susun ulang mana yang masih bisa terpakai dan mana yang sampah. Atau bisa juga membongkar lemarimu dan merapikan baju-baju mana saja yang masih layak dan nggak, kemudian dirapikan kemudian. Selain kamarmu jadi rapih, kamarmu juga jadi lebih sehat dan aman dari virus atau bakteri.

6. Saatnya istirahatkan tubuhmu dan nikmati waktu me time

Setelah melakukan kegiatan-kegiatan di atas, jangan lupa juga buat memperhatikan tubuhmu, ya, gaes. Selama dua minggu ini kamu bisa manfaatkan untuk banyak beristirahat dan mengerjakan hal-hal yang menyenangkan, seperti hobi.

Kalau dihitung-hitung ini bisa jadi cara untuk menebus utangmu yang sering kali mengesampingkan kesehatanmu demi kesibukan kuliah. Apalagi virus Covid-19 ini menyebar begitu masif—yang artinya kamu wajib menjaga kesehatan biar kebal dari virus dengan banyak beristirahat dan banyak mengonsumsi makanan sehat.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: parenttoolkit.com, unsplash.com, egyptianstreets.com raisingchildren.net.au, mediabro.id, australiascience.tv) 

 

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 2 hari yang lalu

Hai Olyfia, setahu kami boleh, walaupun tidak dianjurkan lintas jurusan pada SNMPTN.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Rizka azizah | 3 hari yang lalu

Halo mau tanya, kalau ingin menjadi ahli forensik digital jurusan apa yg tepat untuk dipilih? Teknik informatika? Apakah ada kebijakan harus mempunyai gelar s2 atau s3 atau s1 saja sudah bisa untuk menjadi seorang ahli digital forensik?

Penggemar Serial Detektif? 6 Profesi Ini Mungkin Cocok Buat Kamu, Lho!
vloggrils squad | 3 hari yang lalu

semoga tahun depan 2022 bisa masuk manajemen pemasaran pariwisata UPI aamiin

Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Pariwisata dan Manajemen Pemasaran Pariwisata, Yuk!
brinaaa18 | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse Ig: brinaaa18 Followers 115k Murmer minat dm ig

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
| 6 hari yang lalu

Halo kak putri apa yang Kaka alami seperti persis yang saya alami sekarang saya merupakan mahasiswi pend.matematika dan sekarang masih 1 bulan berjalan kuliah (masih pemula banget) dan bener banget ga sesuai ekspektasi seperti di SMA. Saya juga milih jurusan ini karena ibu saya yang minta.…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1