Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Biar Nggak Mudah Terserang Penyakit

Sejak pengumuman ditemukannya wabah virus corona di Indonesia beberapa waktu lalu oleh pemerintah, nggak bisa dipungkiri wabah yang satu ini cukup membuat kita sedikit khawatir. Karena yang awalnya ditemukan 2 pasien menjadi 34 pasien hingga minggu ini—bahkan telah ada yang dinyatakan meninggal 1 pasien dari Warga Negara Asing.

Tentunya, dengan jangka waktu yang terbilang sebentar, perkembangan wabah virus corona sangat cepat. That’s why, pemerintah tak gencar-gencarnya mengingatkan kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.

Anyway, berbicara tentang menjaga kesehatan, nih, gaes. Makanan dan minuman memegang peranan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hampir semua makanan dan minuman yang kita konsumsi memiliki manfaat bagi tubuh.

Hanya saja, di saat-saat seperti ini, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari karena hampir nggak ada gizinya. Bahkan, beberapa jenis makanan dan minuman tersebut bisa memicu penyakit dan malah menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Penasaran apa saja? Berikut di antaranya:

1. Junk food

Yap, bener banget, gaes! Makanan pertama yang bisa memicu penyakit adalah junk food a.k.a makanan cepat saji. Sebelum mewabahnya virus corona, makanan cepat saji sendiri sudah dikenal tinggi kalori tanpa gizi yang baik. Sehingga, kalau kamu terlalu banyak mengonsumi makanan yang satu ini bisa menurunkan kekebalan tubuhmu.

2. Daging

Eits, nggak usah panik dulu. Daging yang saya maksud di sini adalah daging yang belum matang secara sempurna. Kamu pasti bertanya-tanya, kenapa, sih, kita nggak boleh mengonsumsi daging yang belum matang sempurna? Karena daging yang belum matang sempurna mengandung bakteri, seperti salmonella atau E.coli. Sehingga bisa berbahaya bagi kesehatan dan kamu berpotensi memakan bakteri tersebut.

3. Gorengan

Hayoo ngaku! Sapa di antara kamu yang habis pulang sekolah atau kuliah belinya gorengan? Well, makanan yang satu ini memang nggak bisa lepas dari masyarakat Indonesia. Bener nggak? Hehehe. Meskipun gorengan enak dan renyah, gorengan ternyata nggak baik buat kesehatan. Soalnya, gorengan diproses dengan minyak yang nggak segar, bahkan sampai minyaknya hitam pekat. Hal itulah yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung dan imunitas tubuh.

4. Soft drink

Soft drink atau yang lebih dikenal, minuman soda biasanya menjadi pilihan orang saat sedang haus dan lelah. Rasanya yang menyegarkan dan bikin merinding bisa membuat matamu langsung segar. Selain itu, minuman soda juga enak diminum dalam keadaan apapun, sehingga membuatnya jadi favorit semua kalangan. Padahal, minum bersoda itu mengandung asam fosfor yang menguras kalsium dan magnesium, sehingga bisa mengganggu kekebalan tubuhmu.

5. Alkohol

Kamu pasti sudah sering denger, ‘kan, bahaya alkohol itu lebih besar daripada manfaatnya. Mau dikonsumsi secara berlebihan atau nggak, tetap saja nggak mengurangi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh zat tersebut. Kamu bisa terkena risiko penyakit berbahaya—seperti stroke, diabetes, hingga penyakit jantung.

6. Kopi

Sudah bukan rahasia umum lagi, kebiasaan minum kopi sulit ditinggalkan bagi sebagian orang—terutama mahasiswa dan para pekerja. Well, beberapa penelitian menyatakan bahwa kopi bisa membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak, sehingga stamina akan meningkat, sistem saraf pusat terangsang, serta menetralkan tubuh dari polusi udara, asap hingga paparan sinar ultraviolet.

Tapi, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi kopi setiap saat dan setiap hari, lho, gaes. Soalnya, terlalu sering minum kopi juga bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh. Di antaranya adalah memicu detak jantung lebih cepat, gangguan pencernaan, darah tinggi, kolestrol meningkat, hingga diabetes.

7. Susu

Hah! Minum susu memang bisa, ya, berbahaya buat tubuh?  Bisa dong!

Dilansir dari laman Liputan6.com, baru-baru ini terdapat satu penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari 3 gelas susu nggak akan melindungi tulang dan gigi kamu, tapi justru bisa meningkatkan peradangan yang berdampak pada rusaknya sel-sel dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena kandungan gula yang ada dalam susu itu sendiri.

Well, kalau kamu mau sering-sering minum susu, pilihlah susu low fat atau yoghurt agar bermanfaat untuk imunitas tubuhmu. Dan jangan terlalu sering minum susu tinggi lemak yang mengandung sedikit kalsium, ya.

8. Minuman dingin

Minum minuman dingin memang menyegarkan. Apalagi kalau meminumnya saat cuaca sedang panas atau setelah berolahraga, tentu akan sangat melegakan dahaga. Tapi, terlalu sering minum minuman dingin juga nggak baik, lho, untuk kesehatan karena bisa menyebabkan flu. Kalau sudah terkena flu, bakteri dan virus bakal lebih mudah menyerangmu.

Selain itu, minum minuman dingin bisa membekukan lemak yang ada pada darah kamu, sehingga membuat peredaran darah menjadi nggak lancar. Akibat peredaran darah yang nggak lancar ini, membuat proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga bisa menyebabkan tubuhmu mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan dan berakibat kegemukan.

Tentu kamu nggak mau, dong, seperti itu? Jadi, usahakan pilih minuman hangat, ya!

***

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya nggak kamu konsumsi terlalu sering supaya nggak mudah sakit dan meminimalisir penyebaran virus corona. Apalagi di saat seperti ini, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi agar kekebalan tubuhmu meningkat. Selalu jaga kesehatan dan jangan lupa cuci tangan, ya, gaes!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: royrogersrestaurants.com, thrillist.com, zacmeat.com.sg, wiratech.co.id, podcavern.com, netnewsledger.com, diabetes.co.uk, diabetesselfmanagement.com, britannica.com)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 17 jam yang lalu

Hai Muhammad Hafidz, yang bisa mendaftar adalah lulusan jurusan IPA dan SMK dengan kejuruan yang sejalan. Untuk mengetahui dengan pasti, kamu bisa menanyakan pada BINUS UNIVERSITY.

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
ALEX ALZAM, S.Kom, M.Kom | 23 jam yang lalu

- Universitas Amikom Yogyakarta - Universitas Gadjah mada - UPN VETERAN - UII

Serba-Serbi Jurusan Cyber Security: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Karier
Navi | 1 hari yang lalu

Halo kak, kalau anak IPA lintas jurusan ke sastra inggris atau ilmu komunikasi nilai yang dilihat yg mana aja ya? Soalnya saya ga punya nilai sosiologi, ekonomi, dan geografi. Terima kasih.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Muhammad Hafidz | 2 hari yang lalu

Jadi lulusan Multimedia seperti saya ga bisa daftar jurusan Computer Engineering?

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
Elza Aulia | 5 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1