Inilah Kenapa Mahasiswa Teknologi Informasi, Khususnya Jurusan Ilmu Komputer, Punya Masa Depan Cerah!

Oleh Dewa Made Rai

Katanya, sekarang ini dunia sedang masuk ke era revolusi industri yang keempat, tepatnya revolusi industri teknologi digital.

“Revolusi industri ini dipicu oleh teknologi mobile. Nantinya, semua hal akan dibawa ke arah mobile. Karena itu, kita butuh banyak ahli teknologi informasi,” begitu kata Bapak Ahmad Fachrudin, kepala bagian Echanell Solution di Multipolar, salah satu  perusahaan Teknologi Informasi besar di Indonesia.

Maka wajar lah, ya, kalau lulusan Teknologi Informasi—khususnya lulusan jurusan Ilmu Komputer alias Computer Science—kelihatannya bakal bermasa depan cerah.

Lihat, deh, hasuk survei yang diadakan oleh Linkedin pada tahun 2015 . Survei ini menunjukkan bahwa skill yang paling banyak dicari pada tahun 2015 adalah skill di bidang Cloud dan Sistem Komputer Terdistribusi.

Memang, sekarang ini, banyak perusahaan—terutama perusahaan besar seperti Microsoft dan Google—yang sedang fokus kepada pengembangan sistem Cloud.

linkedin survey

Dan jika dilihat dari urutan 2 sampai urutan 25, sebagian besar skill yang paling dicari adalah skill yang berkaitan dengan bidang Teknologi Informasi.

Meskipun, jujur aja, dibandingkan di Indonesia, lahan pekerjaan untuk lulusan Ilmu Komputer lebih banyak tersedia di negara-negara maju yang sering mengadakan riset, seperti Amerika Serikat dan Jerman. Bukan berarti lahan pekerjaan tersebut nggak ada di Indonesia, sih, tetapi belum sebanyak di luar negeri aja. Soalnya, di Indonesia, nggak semua perusahaan sudah benar-benar menyadari akan pentingnya kebutuhan Teknologi Informasi.

Bagi kamu yang sudah lulus dari jurusan Teknologi Informasi tapi merasa nggak memiliki kemampuan Cloud dan Sistem Komputer Terdistribusi, jangan khawatir! Masih banyak, kok, hal yang bisa kamu explore di bidang Teknologi Informasi. Yang penting tentukan dulu, kamu ingin fokus di front-end atau di back-end, karena agak susah untuk menguasai keduanya di tengah perkembangan industri Teknologi Informasi yang sangat pesat ini.

Kalau kamu memang tertarik kuliah di jurusan Teknologi Informasi, Indonesia punya beberapa kampus yang memiliki jurusan tersebut, seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Telkom, Universitas Gadjah Mada, dan banyak lainnya. Untuk lebih detilnya, yuk, ah klik ini.

(sumber gambar: capital.edu, blog.linkedin.com)

LATEST COMMENT
Siska Nurfadilah Sri Kusumah | 2 hari yang lalu

Ngga bisa ngasih saran kak:( kita satu server

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Siska Nurfadilah Sri Kusumah | 2 hari yang lalu

Hai kak, aku salah satu mahasiswi jurusan S1 pendidikan matematika. Aku baru 2 bulan kuliah, sebelumnya aku gap year dan taun ini aku milih buat masuk ke salah satu PTS di kotaku. Aku sebenernya ga pernah punya pikiran buat kuliah di pendidikan, aku lebih exited sama management (ya basically aku…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Babay Kholifah | 2 hari yang lalu

Terimakasih info nya kaka,, sangattt bermanfaat

Persiapan UTBK dan SBMPTN 2021 untuk Kelas 12
Nisa Nuraisyah | 2 hari yang lalu

Ada di univ mana? Saya cari itu adanya soshum

6 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik yang Bisa Kamu Ambil di Bidang Pendidikan
Yulika Aprianiii | 3 hari yang lalu

Saya jurusan IPS dari 5 hal di atas kemungkinan saya bisa masuk hi tapi masih takut gk bisa caranya agar lebih muda di terima di universitas gimna caranya

5 Tanda Bahwa Jurusan Hubungan Internasional Cocok Buat Kamu
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1