Inilah Kenapa Mahasiswa Teknologi Informasi, Khususnya Jurusan Ilmu Komputer, Punya Masa Depan Cerah!

Oleh Dewa Made Rai

Katanya, sekarang ini dunia sedang masuk ke era revolusi industri yang keempat, tepatnya revolusi industri teknologi digital.

“Revolusi industri ini dipicu oleh teknologi mobile. Nantinya, semua hal akan dibawa ke arah mobile. Karena itu, kita butuh banyak ahli teknologi informasi,” begitu kata Bapak Ahmad Fachrudin, kepala bagian Echanell Solution di Multipolar, salah satu  perusahaan Teknologi Informasi besar di Indonesia.

Maka wajar lah, ya, kalau lulusan Teknologi Informasi—khususnya lulusan jurusan Ilmu Komputer alias Computer Science—kelihatannya bakal bermasa depan cerah.

Lihat, deh, hasuk survei yang diadakan oleh Linkedin pada tahun 2015 . Survei ini menunjukkan bahwa skill yang paling banyak dicari pada tahun 2015 adalah skill di bidang Cloud dan Sistem Komputer Terdistribusi.

Memang, sekarang ini, banyak perusahaan—terutama perusahaan besar seperti Microsoft dan Google—yang sedang fokus kepada pengembangan sistem Cloud.

linkedin survey

Dan jika dilihat dari urutan 2 sampai urutan 25, sebagian besar skill yang paling dicari adalah skill yang berkaitan dengan bidang Teknologi Informasi.

Meskipun, jujur aja, dibandingkan di Indonesia, lahan pekerjaan untuk lulusan Ilmu Komputer lebih banyak tersedia di negara-negara maju yang sering mengadakan riset, seperti Amerika Serikat dan Jerman. Bukan berarti lahan pekerjaan tersebut nggak ada di Indonesia, sih, tetapi belum sebanyak di luar negeri aja. Soalnya, di Indonesia, nggak semua perusahaan sudah benar-benar menyadari akan pentingnya kebutuhan Teknologi Informasi.

Bagi kamu yang sudah lulus dari jurusan Teknologi Informasi tapi merasa nggak memiliki kemampuan Cloud dan Sistem Komputer Terdistribusi, jangan khawatir! Masih banyak, kok, hal yang bisa kamu explore di bidang Teknologi Informasi. Yang penting tentukan dulu, kamu ingin fokus di front-end atau di back-end, karena agak susah untuk menguasai keduanya di tengah perkembangan industri Teknologi Informasi yang sangat pesat ini.

Kalau kamu memang tertarik kuliah di jurusan Teknologi Informasi, Indonesia punya beberapa kampus yang memiliki jurusan tersebut, seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Telkom, Universitas Gadjah Mada, dan banyak lainnya. Untuk lebih detilnya, yuk, ah klik ini.

(sumber gambar: capital.edu, blog.linkedin.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 1 bulan yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1