Menu

Jangan Anggap Enteng Ujian Open Book, Perhatikan 5 Hal ini!

Dosen memberikan ujian open book alias boleh buka buku di UTS atau UAS. Asiiik, bisa nyantai, nih! Jangan salah, ujian dengan membuka buku justru sangat menantang, lho. Masalahnya, belum tentu kamu menemukan jawaban yang tepat, meski boleh buka buku. Kalau nggak siap, kamu justru bisa makin pusing tujuh keliling gara-gara mencari materi yang sesuai di buku. Akhirnya, nilaimu pun jadi terancam. Wadidaw!

Inilah 5 hal yang perlu kamu perhatikan untuk menghadapi UtS atau UAS open book.

1. Harus pahami materi

Memang sih, ujiannya buka buku. tapi bukan berarti baru belajar di dalam kelas, yaaaa… Kebayang nggak kamu masih sibuk mencari tahu hal dasar dan mencari rumus/teori yang tepat, eh waktu ujiannya udah selesai. Kelar!

2. Bawa catatan bila diperbolehkan.

Coba bikin pointers rangkuman materi. Sertakan penjelasan yang menunjang untuk tiap poin, lengkap dengan judul buku, bab dan halaman yang mendukung poin tersebut. Hal ini akan sangat memudahkanmu ketika ujian.

3. Pilah-pilih buku dan materi yang tepat.

Apabila ada 8 buku, 3 diktat besar, plus setumpuk catatan dan fotokopian, maka kamu harus memilih yang paling sesuai. Bayangkan betapa ribet dan pusingnya kamu jika membawa semua saat ujian. Yang ada malah kamu membuang waktu berkutat dengan banyaknya materi. Pilih buku yang paling relevan dengan materi ujian. Jika ada buku yang serupa, pilih salah satunya. Dengan menyortir, buku yang dibawa jadi nggak kebanyakan.

Begitupula dengan diktat, fotokopian, dan segala catatan lainnya perlu disusun sesuai topik materi untuk memudahkanmu.

4. Jangan memasukkan semua isi buku.

Apa yang ada di dalam buku seharusnya menjadi referensimu, bukan untuk dijiplak. Pasti bakal capek dan memakan banyak waktu. Lagipula, nggak bagus juga untuk penilaian apabila kamu hanya menyalin. So, coba jelaskan jawaban dengan bahasamu sendiri, yang lebih padat.

5. Perhitungkan waktu.

Saat ujian dengan sistem open book, biasanya kamu akan cenderung lebih perfeksionis. Pengen serba sempurna. Bagus banget memiliki standar yang tinggi, namun perhatikan juga durasi ujian. Lagipula,  kamu sedang menjawab soal tes, bukan membuat makalah. Paham 'kan, bedanya?

Lakukan langkah-langkah di atas supaya makin efisien dan efektif dalam pengerjaan. Selain itu, bagi waktu untuk mencai materi di buku, menyusun jawaban, menuliskan jawaban, dan memeriksakan pekerjaanmu kembali.

Semoga sukses di ujian open book!

(sumber gambar: pexels pixabay)

    

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©