Jurusan Kuliah Entrepreneurship di Lima Universitas di Indonesia

Oleh Fella Rossy Widjojo

Zaman sekarang, entrepreneurship alias kewirausahaan sudah menjadi jalur profesi yang lumrah banget. Berbeda dengan zaman ortu kita dulu. Dulu, pilihan profesi yang umum, ya, cuma profesional atau pegawai negeri. Padahal, menurut penelitian Schumpeter tahun 1963, kalau jumlah entrepreneur dalam sebuah negara meningkat, pertumbuhan ekonomi negara tersebut juga ikut meningkat.

Tapi sebelumnya bahas lebih lanjut, sebenarnya kamu tahu nggak, sih, apa itu entrepreneurship alias kewirausahaan? Ilmu entrepreneurship beda, lho, dengan ilmu administrasi bisnis atau internasional bisnis, misalnya. Apa, sih, bedanya?

Ilmu administrasi bisnis atau internasional bisnis lebih mengajarkan tentang ekonomi, manajemen ekonomi, serta cara mengelola sebuah bisnis. Sedangkan ilmu kewirausahaan nggak cuma mengajarkan kamu cara mengelola bisnis, tetapi juga kreatifitas dan inovasi. Tujuannya agar entrepreneur selalu dapat menciptakan produk yang inovatif.

Kalau kamu tertarik jadi entrepreneur, sekarang ini ada lima universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan entrepreneurship. Uniknya, masing-masing jurusan entrepreneurship di lima universitas ini punya tipe pembelajaran yang berbeda-beda. Supaya kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat kamu, simak ulasannya di sini!

Prasetiya Mulya Business School (Tangerang Selatan)

Sejak awal berdiri, Prasetiya Mulya Business School memang fokus kepada program studi di bidang ekonomi dan bisnis aja. Kalau tertarik dengan kewirausahaan, kamu bisa mendaftar ke program S1 Business Prasetiya Mulya.

Nama program studi : Business

Keunikan/fokus: Di program ini, mahasiswa nggak hanya belajar teori, tetapi juga dibiasakan membangun bisnis lewat proyek grup yang dimulai sejak tahun kedua kuliah. Nggak heran kalau mayoritas mahasiswa tahun akhir jurusan ini sudah “luwes” membangun bisnis sendiri. Selain itu, setiap tahun, Prasetiya Mulya mengadakan kegiatan bernama Entrepreneur Day, yang merupakan ekspo atau pameran bisnis dan produk karya para mahasiswa. Semua keren-keren, dengan produk dan model bisnis yang benar-benar sudah jadi, lho, bukan sekedar ide aja!

jurusan entrepreneurship

Universitas Ciputra (Surabaya)

Secara keseluruhan, Universitas Ciputra punya visi dan misi untuk menciptakan entrepreneur kelas dunia. Jadi, apapun program studinya, mahasiswanya akan tetap mempelajari bisnis.

Nama program studi: International Hospitality and Tourism Business, Bisnis Kuliner, Sistem Informasi Bisnis, dan Bisnis Desain Fashion.

Keunikan/fokus: Konsep dari semua program studi ini adalah mengajarkan mahasiswanya tentang pengetahuan dasar di berbagai bidang—seperti kuliner, desain fashion dan tourism—lalu melengkapinya dengan soft skill untuk entrepreneurship. Harapannya, lulusan program studi ini bisa menjadi entrepreneur handal di bidangnya masing-masing.

Universitas Bina Nusantara (Alam Sutera, Tangerang Selatan)

Meski Universitas Bina Nusantara sudah terkenal banget dengan program studi ICT (Information and Communication Technology) mereka, ternyata Binus nggak mau kalah dengan universitas lain yang membuka program studi entrepreneurship. Walaupun program studi entrepreneurship-nya tetap berbau ICT khas Binus, yaaa…

Nama program studi: Business Creation

Keunikan/fokus: Selain mengajarkan pengetahuan dasar tentang bisnis dan ekonomi, program studi ini juga bertujuan agar para mahasiswanya mengerti hal-hal dasar tentang ICT. Gimanapun juga, nantinya segala kebutuhan manusia akan terkait dengan ICT. Contoh bisnis terkait ICT—yang juga diajarkan di program studi ini—adalah digital marketing.

Surya University (Gading Serpong, Tangerang Selatan)

Surya University merupakan perguruan tinggi yang baru berdiri tahun 2013. Namun serunya, universitas ini punya tiga fakultas dan sepuluh jurusan yang unik dan spesifik. Contohnya…

Nama program studi: Technopreneurship

Keunikan/fokus: Program studi ini nggak hanya mempelajari tentang entrepreneurship, kreatifitas, dan inovasi, tetapi juga teknologi. Kemudian, di tahun ketiga, mahasiswa program studi Technopreneurship Surya University bisa mengambil satu peminatan. Pilihan peminatannya antara lain ICT, smart real estate, energy, dan life science. Tujuannya, sih, agar di kemudian hari, mahasiswa dapat mengembangkan bisnisnya sendiri dengan teknologi yang mereka pelajari. Uniknya, mahasiswa jurusan ini nggak melulu belajar tentang profit-taking alias meraih keuntungan, tetapi juga belajar tentang bagaimana menjadi seorang sociopreneur.

youthmanual - sekolah bisnis

Institut Teknologi Bandung (Bandung)

Karena peminat program studi entrepreneurship semakin banyak, pada akhirnya, di tahun 2013, ITB pun ikut membuka program studi Entrepreneurship. Selain untuk menanggapi minat para calon mahasiswa, mereka juga bertujuan untuk menciptakan banyak entrepreneur Indonesia, supaya perekonomian negara semakin meningkat. Amin!

Nama program studi: Entrepreneurship

Keunikan/fokus: Di program studi ini, mahasiswa mempelajari proses pembentukan sebuah bisnis, mulai dari melihat peluang, membuat perencanaan, menjalankan strategi, hingga menganalisa resiko. Di jurusan entrepreneurship ini, mahasiswa dibentuk menjadi pelaku bisnis yang futuristik, serta berani mengambil tantangan dan resiko.

***

Setelah tahu arah pembelajaran entrepreneurship di lima universitas di atas, kamu bisa menentukan, dong, ya, jurusan kewirausahaan di universitas mana yang paling sesuai dengan kamu. Jangan sampai salah pilih!

(sumber gambar: markitwrite.com, technical.ly, ajp.com.au)

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 6 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 10 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 10 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1