Jangan Asal Kuliah Bisnis! Ini 5 Hal Penting Supaya Sukses Kuliah Jurusan Bisnis

Belakangan, program studi Ekonomi Bisnis (Bisnis) dan Entrepreneurship (Kewirausahaan) makin digemari. Di satu sisi, meningkatnya minat bidang bisnis/wirausaha di kalangan anak muda merupakan hal yang sangat baik. Tapi jangan sampai masuk jurusan Bisnis hanya lantaran tren. Supaya sukses dalam kuliah dan karier, inilah yang perlu diperhatikan saat mengambil jurusan Bisnis.

1. Mulai praktik, jangan hanya teori.

Soal Bisnis, nggak cukup dengan hanya mempelajari teori dan ilmu dari bangku kuliah. Mahasiswa perlu mempraktikannya. Bagus banget jika mendapatkan kampus yang banyak praktiknya dan mendorong mahasiswanya berwirausaha sejak bangku kuliah.

Jadi mulai deh, bikin usaha kecil-kecilan sembari menerapkan ilmu yang diperoleh. Cara lainnya adalah dengan magang/bekerja paruh waktu di perusahaan. Dari situ, kamu bisa mengamati langsung bagaimana sebuah bisnis berjalan.

2. Gali pengalaman pelaku usaha

Orang yang terjun berbisnis memiliki banyak pengalaman. Nah, pengalaman mereka bisa menjadi pengetahuan yang berharga buat kamu, sebab nggak ada di buku. Kamu bisa tanya-tanya ke keluarga/kerabat yang berbisnis atau hadir di berbagai acara seminar. Nggak hanya itu, biasanya di kampus, ada dosen yang juga merupakan praktisi alias pebisnis.

Di kelas biasanya dia suka membagi pengalamannya. Manfaatkan hal tersebut. Jangan ragu untuk bertanya, berdiskusi, dan berkonsultasi dengan beliau. Dan yang tak kalah penting, perhatikan apa yang ia sampaikan.

3. Tingkatkan hard skill penunjang: Bahasa Inggris, bahasa asing lainnya, penguasaan teknologi, dan sebagainya

Bahasa Inggris serta bahasa asing lainnya akan sangat membantu dalam dunia usaha. Bahasa membuat kamu lebih bisa terhubung dengan banyak informasi dan banyak orang. Tingkatkan kemampuan bahasa asingmu. Jangan puas dengan kemampuan rata-rata.

Selain itu, teknologi hampir nggak bisa dipisahkan dari dunia bisnis. Sebagai mahasiswa, setidaknya kamu wajib memiliki skill dasar dan punya wawasan teknologi.

Akan sangat membantu jika kampus mendorong mahasiswanya menguasai skill tersebut dengan menerapkannya di perkuliahan. Misalnya, untuk beberapa matkul menggunakan bahasa pengantar Inggris. Trus, perkuliahan memanfaatkan teknologi sehingga mahasiswanya terbiasa.

4. Kuasai soft skills

Bidang bisnis juga membutuhkan soft skills, terutama kemampuan kerja sama dan komunikasi. Kemampuan ini bisa diasah melalui proyek perkuliahan atau di luar kelas seperti dalam organisasi.

5. Mengikuti perkembangan dunia usaha dan masyarakat di dalam dan luar negeri

Wawasan soal perkembangan yang terjadi dalam masyarakat serta di dunia usaha dalam dan luar negeri juga dibutuhkan. Kamu jadi tahu tren bisnis serta apa kebutuhan masyarakat.

Usaha lokal sukses seperti Gojek, BukaLapak, Traveloka, dan lainnya terinspirasi dari bisnis sejenis yang sudah berjalan di luar negeri. Namun founder-nya mengembangkan ide usaha tersebut sesuai kultur dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Makanya, rajin-rajin deh, membaca berita dan jurnal. Supaya wawasan kamu makin luas.

Eniwei, memilih sekolah bisnis terbaik sangat penting untuk kesuksesan kuliah dan kariermu. Soalnya, kelima hal di atas bisa kamu dapatkan di perguruan tinggi bisnis berkualitas dengan reputasi internasional, seperti BINUS BUSINESS SCHOOL. BINUS BUSINESS SCHOOL  sendiri telah memperoleh akreditasi dari Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), asosiasi global non-profit dan lembaga akreditasi internasional paling terkemuka untuk sekolah bisnis.

“Sebagai bagian dari BINUS University, integrasi sekolah bisnis kami lakukan tidak lepas dari visi kami untuk menjadikan BINUS BUSINESS SCHOOL sebagai sekolah bisnis bereputasi internasional dan misi kami untuk terus melakukan inovasi pada pendidikan bisnis dan riset guna menghasilkan para profesional yang mampu mempergunakan teknologi pada penciptaan inovasi disruptif untuk menjawab tantangan bisnis global terkini,” kata Direktur BBS Dezie L. Warganegara, Ph.D.

Pengajar di BINUS BUSINESS SCHOOL pun sangat ideal, karena merupakan gabungan akademisi dan praktisi. Ada banyak dosen yang bergelar doktor, berpengalaman di berbagai bidang industri, serta aktif melakukan penelitian di bidang manajemen dan kewirausahaan.

Program studi S1 yang ditawarkan BINUS BUSINESS SCHOOL adalah:

  • Business Creation
  • Business Management
  • Creativepreneurship
  • Global Business Marketing
  • International Business Management
  • Management
  • Management – Business Management
  • Management and Information System
  • Tourism

Baca juga:

5 Fakta Seputar BINUS University Malang

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 6 jam yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 1 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 1 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1