Menu

5 Jurusan yang Bersinggungan dengan Ilmu Bisnis

Siapa disini yang mau berkuliah di jurusan bisnis? Hmm... Pastinya banyak dari kamu yang ingin berkuliah di jurusan bisnis, kan? Tetapi, jurusan bisnis itu sendiri memiliki ragam yang banyak, lho. Sebagian besar orang mungkin mengira bahwa Jurusan Bisnis hanya ada di bawah Fakultas Bisnis dan Ekonomi, namun, ada beberapa cabang ilmu ekonomi yang berada di bawah Fakultas lain seperti Fakultas Sains dan Teknologi, Ilmu Komputer dan sebagainya.

Lho, kok, bisa seperti itu? Memangnya ilmu bisnis itu ada banyak jenisnya, ya, makanya jurusan tersebut bisa berada di bawah fakultas selain Fakultas Bisnis dan Ekonomi? Yap, betul banget, gaes! Jurusan Bisnis itu memiliki jenis yang beragam. Ilmu Bisnis dapat beragam jenisnya karena ilmu ini meruapakan pengetahuan yang sangat aplikatif di berbagai bidang. Misalnya, nih, dalam bidang Pariwisata, meskipun kamu bisa belajar tentang hospitality, perhotelan dan sebagainya, namun kamu juga perlu memiliki kemampuan mengatur keuangan dan juga keuntungan dari bisnis yang kamu jalani. Hal ini nggak hanya berlaku pada bidang pariwisata saja, nih, gaes, namun hal ini dapat berlaku pada bidang lainnya. Hmm... Penasaran dengan jenis-jenis jurusan ilmu bisnis lainnya? Simak artikel berikut, yuk!

1. Jurusan Sistem Informasi Bisnis 

Bisnis informatika

Dari namanya saja, kamu pasti sudah tahu bahwa jurusan ini terdiri dari dua ilmu yang berbeda. Yap, ilmu tersebut ialah Ilmu Bisnis dan juga Ilmu Sistem Informatika. Nah, karena jurusan ini terdiri dari dua ilmu, maka, kamu pun akan mempelajari kedua ilmu tersebut dengan porsi yang setara.

Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Bisnis akan dipersiapkan untuk menjadi seorang technopreneur yang handal dengan di bekali ilmu teknologi sistem informasi yang diperlukan dalam membentuk dan mengelola suatu start-up. Mahasiswa difokuskan untuk memiliki skill yang profesional untuk memecahkan masalah bisnis dengan pemanfaatan teknologi sistem informasi.

Nah, memangnya, hal apa saja, sih, yang dipelajari dalam jurusan ini? Well, kamu akan mempelajari tentang akuntansi dan keuangan, pemograman, basis data, enterprise resource planning, E-Business, analisis proses bisnis, supply chain management dan lain sebagainya.

Lalu, setelah lulus dari jurusan yang satu ini, pekerjaan apa, ya, yang bisa dilakukan oleh para lulusannya? Pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan sistem informasi bisnis ialah Auditor, Arsitek Database, Analis riset profesional, konsultan pemasaran digital, growth hacker, perencana bisnis berkelanjutan dan lain sebagainya. Tertarik dengan mata kuliah dan pekerjaan tersebut? Yuk, masuk Jurusan Sistem Informasi Bisnis.

2. Jurusan Matematika Bisnis 

Nah, lho, bahkan matematika pun ada bisnisnya? Well, betul, gaes. Matematika dapat digunakan dalam ranah bisnis.  Jurusan Matematika Bisnis mempelajari tentang penerapan ilmu Matematika dalam penyelesaian berbagi permasalahan bisnis. Kemampuan analisis dan berpikir logis dalam matematika dapat membantu memecahkan persoalan bisnis. Pastinya di prodi ini kamu akan mempelajari lagi statistika, aljabar, dan logika matematika.

Ilmu Matematika dalam bisnis berperan sebagai penyedia kerangka logis yang digunakan dalam mengidentifikasi permasalahan, melakukan analisis, dan membuat prediksi dalam kegiatan bisnis. Matematika Bisnis juga tersedia dalam bentuk peminatan di Jurusan Matematika di beberapa perguruan tinggi.

Lalu, hal apa saja, sih, yang dipelajari di Jurusan Matematika? Mata pelajaran yang akan kamu prlajari di jurusan ini ialah Kalkulus, Metode Statistika, Logika Matematika, Mikroekonomi, Makroekonomi, pemograman, Komunikasi Bisnis, Entrepreneurship, Aljabar Linier Erlementer, Teori Peluang, Persamaan Diferensial, Metode Numerik dan lain sebagainya. Perlu kamu ketahui, gaes, bahwa dalam jurusan ini kamu akan mempelajari tentang Ilmu Matematika dan Ilmu Bisnis yang sama banyaknya.

3. Jurusan Manajemen Bisnis Unggas 

bisnis unggas

Jurusan ini merupakan jurusan yang masuk dalam kategori pertanian. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal tentang unggas dan juga manajemen bisnis. Meskipun jurusan ini masuk ke dalam kategori pertanian, namun, jurusan ini merupakan pergabungan antara Ilmu Peternakan dan Ilmu Bisnis.

Di jurusan  ini kamu akan belajar tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan bisnis, produksi, pasca panen, pemasaran, juga manajemen SDM. Disini kamu akan diajarkan secara menyeluruh tentang pengelolaan bisnis ternak unggas, mulai dari bagaimana menyeleksi bibit unggas yang berkualitas, merancang kandang yang tepat, memformulasikan pakan yang baik, mengelola kesehatan unggas, dan mengelola hasil ternak unggas menjadi produk yang bisa di pasarkan.

Sebelumnya saya sudah bilang, kan, kalau jurusan ini mempelajari banyak hal tentang perternakan dan juga bisnis? Maka dari itu, nggak hanya tentang perternakan, kamu pun akan belajar tentang ilmu manajemen bisnis. Selain itu, kamu akan belajar tentang bagaimana membuat perencanaan produksi peternakan unggas, mengelola keuangan bisnis peternakan unggas, mengelola SDM, pemahaman tentang keselamatan kerja, sampai dengan pengelolaan limbah unggas.

Gimana? Menarik? Kalau menarik, kamu penasaran nggak dengan mata kuliahnya? Mata kuliah yang diajarkan pada jurusan ini ialah Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Produksi Ayam Ras Pedaging, Produksi Ayam Ras Petelur, Teknologi Industri Penetasan, Manajemen Keuangan, Manajemen Mutu, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan sebagainya. Seru, kan, mata kuliah yang diajarkan pada program studi ini?

Nah, setelah lulus, ada pekerjaan yang cocok, nih, bagi para lulusan jurusan yang satu ini. Hmm... Ada pekerjaan apa saja, ya? Well, kamu bisa bekerja menjadi seorang Peneliti Hewan, Manager Pertanian dan Perternakan, Analisis Manajemen Bisnis dan sebagainya. Bagaimana, nih, gaes? Tertarik dengan jurusan yang satu ini?

4. Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika 

Satu lagi, nih, gaes, jurusan yang memiliki persinggungan antara ilmu komputer dan ilmu bisnis. Selain ada Jurusan Sistem Informatika, ada lagi, nih, jurusan yang bernama Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika. Wah, ini jurusan apa, ya? Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika adalah sebuah jurusan yang mengkaji, mengembangkan, dan mempraktikkan ilmu-ilmu yang mendasari Teknologi Informasi dalam bidang manajemen bisnis. Tujuan dari program studi ini sendiri adalah untuk membentuk lulusan yang berkompeten dan unggul dalam bidang manajemen dan bisnis konvergensi dengan semangat kewirausahaan.

Kamu semua pastinya sudah tahu, dong, bahwa pada saat ini perkembangan ICT alias Information and Communication Technology sedang berkembang dengan sangat cepat. Nah, kamu perlu mengambil jurusan ini dengan alasan tersebut, gaes. Karena adanya perkembangan dalam bidang ICT, pastinya, banyak pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan orang-orang yang paham dengan bidang tersebut.

Seperti jurusan-jurusan lainnya, jurusan yang satu ini memiliki porsi yang sama antara ilmu bisnis dan ilmu teknologi, sehingga, kamu pun akan mempelajari keduanya. Kamu akan belajar Manajemen Bisnis, Statistika Bisnis, Pengantar Akuntansi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem dan Bisnis Telekomunikasi dan sebagainya. Nah, apakah kamu ingin menjawab kebutuhan dunia kerja dengan masuk jurusan yang satu ini?

5. Jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian) 

agribisnis

Nah, kamu yang suka bercocok tanam, suka berladang, suka berkebun namun kamu juga ingin menjual hasil bertanammu, kamu cocok banget, nih, belajar di jurusan yang satu ini! Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semua jurusan memiliki persinggungan di antara dua ilmu dan nggak terkecuali jurusan yang satu ini. Jurusan Agribisnis pun merupakan jurusan yang terdiri dari ilmu pertanian dan ilmu bisnis.

Program studi ini menawarkan ilmu tentang seluk beluk usaha atau bisnis yang memanfaatkan pertanian sebagai komoditas. Mulai dari pengusahaan produksi pertanian, sampai pengelolaan hasil pertanian pula. Para mahasiswa akan mempelajari semua hal tentang pertanian, dari keseluruhan proses produksi sampai distribusi hasil pertanian sehingga memperoleh keuntungan. Program studi ini merupakan program studi multidisiplin, artinya pelajaran dari IPA maupun IPS akan dipelajari disini.

Lalu, mata pelajaran apa saja, sih, yang dipelajari pada Jurusan Agribisnis? Yap, mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Agribisnis ialah Biologi Umum, Fisika Umum, Sosiologi Umum, Kimia Umum, Dinamika Pasar Agribisnis, Risiko Agribisnis, Pembiayaan Agribisnis, Dasar Hortikultura, Ilmu Tanaman Pangan, Ekonomi Pertanian dan SDA, Manajemen Usaha Tani, Manajemen Agribisnis, Sosial Ekonomi Pedesaan dan lain sebagainya.

***

Wah, ternyata Ilmu Bisnis karena saking aplikatifnya, ilmunya pun bisa terpecah menjadu beberapa Jurusan yang dapat berdiri sendiri, ya. Kamu pun pastinya nggak akan bosen, deh, belajar di jurusan-jurusan yang disebutkan di atas karena kamu nggak hanya belajar tentang bisnis saja, namun, kamu pun bisa belajar tentang ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu-ilmu tentang tumbuhan, pertanian dan perkebunan, tata busana, telekomunikasi informatika dan sebagainya. Nah, dari ke sepuluh jurusan di atas, adakah salah satunya yang menarik perhatianmu?

Baca juga:

(Sumber gambar: salamberkah.com, pengajar.co.id, tokomesin.com, negosentro.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©