Jurusan Kuliah Sains-Teknologi (IPA) “Rasa” Sosial-Humaniora (IPS)

Pengen mengambil program studi Sains Teknologi, tapi suka sama subjek yang berkaitan dengan Sosial Humaniora? Ada lho, jurusan kuliah IPA “rasa” IPS. Egimana?

Soal pilihan dalam hidup memang kadang bikin galau (tsaahh!), termasuk pilihan jurusan. Ada orang yang pengen banget mengambil program studi Saintek, tapi di sisi lain berminat sama pelajaran Soshum. Solusinya, ambil prodi IPA (Saintek) yang masih nyambung dengan bidang IPS (Soshum), seperti jurusan-jurusan berikut ini.

Teknik Industri‍ (TI)

Fakultas Teknik

Materi sosial humaniora: Manajemen, bisnis, akuntansi, ekonomi, dan psikologi.

Deskripsi: Mempelajari berbagai hal yang terkait dengan industri pembuatan produk, supaya berjalan efisien dan efektif. Program studi ini memadukan ilmu teknik dengan ilmu sosial. Selain aspek teknik, seperti teknik mesin dan quality control, dibahas pula sisi bisnis, manajemen, dan pengelolaan sumber daya manusia. Bahkan ada unsur seninya juga lho, karena anak TI mempelajari soal desain produk.  

“Aku bersyukur karena banyak yang dapat dipelajari (di jurusan TI) selain tentang teknik in general. Ada (materi) manajemen, psikologi, ekonomi, seni, sampai kewirausahaan,” kata Sancita Utami mahasiswi TI Universitas Telkom.

Mata kuliah “rasa” IPS: Ekonomi Teknik, Psikologi Industri, Akuntansi dan Biaya, Pemasaran Industri, Manajemen Proyek.

Peluang karier: Teknisi ahli, product developer, akademisi, wirausaha, konsultan bisnis.

Rekomendasi kampus: Universitas Indonesia‍, Institut Teknologi Bandung‍, Universitas Sumatera Utara‍, Institut Teknologi Sepuluh Nopember‍, Universitas Andalas, Universitas Atma Jaya Yogyakarta‍ ‍ Universitas Bina Nusantara‍, Institut Teknologi Nasional Bandung, Universitas Katolik Parahyangan‍, ‍ Universitas Gadjah Mada‍ , Universitas Diponegoro‍, Universitas Islam Indonesia‍, Universitas Gunadarma‍, dan Universitas Telkom‍.

Agribisnis

Fakultas Pertanian

Materi sosial humaniora: Manajemen, bisnis, sosiologi, dan komunikasi.

Deskripsi: Mempelajari ilmu pertanian dari sisi pengelolaan dan aspek bisnisnya. Program studi ini termasuk 10 besar yang paling banyak dipilih di SBMPTN 2017, lho. Mahasiswanya belajar tentang mengelola usaha pertanian, perkebunan, perikanan, atau peternakan. Mulai dari proses awal, perkembangan, hingga diperoleh hasil, kemudian diolah dan dipasarkan.  

Mata kuliah “rasa” IPS: Ekonomi Pertanian, Pemasaran Agribisnis, Komunikasi Agribisnis, Pengembangan Masyarakat, Ekonomi Makro.

Peluang karier: Wirausaha tani/ternak/perikanan/perkebunan, bagian manajemen/manajer perusahaan pengolahan hasil pertanian, penyuluh pertanian.

Rekomendasi kampus: Institut Pertanian Bogor‍, Universitas Gadjah Mada‍, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta‍, Universitas Hasanuddin‍, Universitas Jenderal Soedirman‍, Universitas Mataram, Universitas Airlangga‍, Universitas Sebelas Maret‍, UPN Veteran Surabaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Udayana‍, Universitas Riau‍, Universitas Lampung.

Statistika‍ 

Fakultas MIPA

Materi sosial humaniora: Sosiologi, ilmu budaya, ekonomi.

Deskripsi: Di jurusan Statistika mahasiswa bakal belajar mengenai pengolahan data, mulai dari  perencanaan, pengumpulan, analisa, interpretasi, dan presentasi data tersebut. Statistika diperlukan di berbagai bidang, baik bidang sosial maupun sains.

Novita Nisa, mahasiswi Statistika UII Yogyakarta menjelaskan, “Secara umum, yang dipelajari di Jurusan Statistika adalah cara menghitung peluang terjadinya suatu kejadian serta menyampaikan informasi, dari bahasa Matematika menjadi bahasa yang lebih informatif.”

Mata Kuliah “rasa” IPS: Akuntansi, Analisis Keputusan Bisnis, Metode Riset Pemasaran.

Peluang karier: data analyst, data scientist, bagian marketing riset di berbagai perusahaan, peneliti.

Rekomendasi kampus: UGM, IPB, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Islam Indonesia

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Fakultas Pertanian

Materi sosial humaniora: komunikasi, ekonomi, sosiologi, ilmu budaya

Deskripsi: Kalau kamu anak IPA tapi berminat dengan bidang komunikasi dan kehumasan kamu bisa mengambil prodi ini. Yang dipelajari dalam perkuliahan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian adalah ilmu komunikasi dan hubungan masyarakat. Bedanya dengan jurusan Humas atau Komunikasi adalah lingkup materinya spesifik, yakni Pertanian. Jadi tujuan, audiens, dan materi komunikasinya terkait dengan pertanian.

Mata kuliah “rasa” IPS: Ekonomi Pertanian, Ekonomi Mikro, Komunikasi Bisnis, Organisasi dan Kepemimpinan, Komunikasi Pertanian, Sosiologi Lingkungan, Pengembangan Kepribadian, Gender dan Pembangunan, Komunikasi Antar Budaya.

Peluang karier: Penyuluh, konsultan, jurnalis, wirausaha, peneliti.

Rekomendasi kampus: UGM dan Universitas Sebelas Maret‍ 

Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer/Teknologi/Teknik

Materi sosial humaniora: bisnis.

Deskripsi: Jurusan Sistem Informasi banyak membahas  soal hardware dan software komputer. Mahasiswanya belajar mengembangkan dan mengelola sistem software dan memanfaatkannya untuk memecahkan masalah perusahaan/organisasi atau membuat perusahaan tersebut makin efisien dan efektif. Pengetahuan mengenai bisnis dan organisasi perusahaan juga dipelajari di prodi ini.  

“Saya memilih jurusan karena ingin mempelajari tentang pemograman dan juga sisi bisnisnya,” ujar Kresna Bayu, Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara.

Mata kuliah “rasa” IPS: Prinsip-Prinsip Manajemen, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengembangan dan Pemasaran Produk.

Peluang karier: Konsultan teknologi, web developer.

Rekomendasi Kampus: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Bina Nusantara, Universitas Gunadarma, Universitas Bina Darma,  Universitas Dian Nuswantoro‍.

(sumber gambar: socialmathmatics.net)

.

LATEST COMMENT
Lemon meringue | 3 jam yang lalu

Berapa jam kita belajar di kelas hukum ka? Penasaran

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum
Khusnul Khuluq | 4 hari yang lalu

Semakin banyak baca banyak pula pengetahuan

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Anzeli Amin | 5 hari yang lalu

Kak, mau bertanya. Saya anak IAI ingin masuk sastra Inggris unj lewat SNMPTN apakah bisa atau tidak? Terimakasih

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1