Tanda-Tanda Kalau Kamu Sudah Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Kamu yang sedang duduk di bangku kuliah pasti pernah bertanya-tanya ke diri sendiri “apakah jurusan kuliah yang saya pilih itu sebenarnya sudah tepat atau belum”. Soalnya, memang nggak bisa dipungkiri banyak orang yang masih bingung di tengah jalan dengan jurusan kuliah yang sudah mereka pilih.

Trus, gimana, sih, caranya mengetahui kalau jurusan kuliahmu itu sudah tepat atau malah keliru? Yuk, cari tahu tanda-tandanya di bawah ini.

1. Nggak malas pergi ke kampus

Rasa malas yang ada pada diri kamu itu sangat wajar terjadi, karena memang ada saat-saat di mana kamu perlu refreshing dari hal-hal seputar kehidupanmu—termasuk aktivitas perkuliahan.

Tapi, kalau kamu selalu merasa malas, jenuh atau muncul perasaan-perasaan negatif lainnya, maka kemungkinan besar kamu sudah ambil jurusan perkuliahan yang salah, gaes. Sebaliknya kalau kamu merasa semangat untuk berangkat ke kampus dan muncul perasaan-perasaan positif lainnya, maka kemungkinan besar kamu sudah ada mengambil jurusan kuliah yang tepat.

Jadi, gimana kamu semangat atau malah males terus saat pergi ke kampus?

2. Beban tugas kuliah terasa mudah

Ya, namanya aja lagi menempuh pendidikan. Dari jaman kamu SD, SMP, SMA hingga kuliah saat ini pasti nggak akan pernah lepas dari yang namanya tugas. Meskipun tugas kuliah bisa dikerjakan di dalam kelas atau dibawa pulang. Rata-rata orang Indonesia itu nggak ada yang suka dikasih tugas. Bener nggak?

Apalagi kalau kita berkaca pada sistem pendidikan terbaik di dunia yaitu di Finlandia. Di sana nggak ada, tuh, yang namanya PR (huaaa…enak banget pasti, ya). Tapi, bagaimanapun juga tugas yang kamu dapatkan itu bisa bermanfaat, kok, yaitu untuk melatih kemampuan diri sendiri.

Cuma, apakah tugas kuliah itu sangat membebani dirimu atau nggak? Apakah kamu betul-betul merasa kesusahan saat mengerjakan tugas yang diberikan dosen atau nggak? Karena kalau kamu merasa hampir semua tugas yang diberikan itu nggak membebani dirimu, maka jawabannya adalah jurusan kuliah yang kamu pilih saat ini sudah tepat.

3. Kamu sangat antusias saat dosen menjelaskan materi

Selain kamu nggak terbebani sama tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Tanda selanjutnya yang menunjukan kamu sangat menyukai aktivitas perkuliahanmu adalah waktu yang terasa begitu singkat saat dosen menerangkan materi kuliah.

Apalagi kalau dosen tersebut mengajarnya dengan asik dan nggak killer. Jam perkuliahan pasti sangat dinanti-nantikan dan kamu bakalan serius menyimak setiap detail-detail penjelasan dari dosen.

Kamu juga semakin antusias melontarkan pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan penjelasan dosen. Bahkan, kalau kamu yang dari SD sampai SMA malas bertanya, jadi suka bertanya saat perkuliahan, sudah pasti 99% kamu berada di jurusan kuliah yang tepat.

4. Kamu bangga dengan jurusan kuliahmu

Rasa bangga terhadap jurusan kuliah bisa jadi salah satu indikator yang kuat kalau kamu sudah memilih jurusan kuliah yang tepat, gaes. Kamu akan excited untuk menceritakan kegiatanmu saat kuliah atau apa saja yang dipelajari di sana. Bahkan, kamu akan senang sekali kalau ada saudara atau orang lain yang nanya-nanya soal jurusan kuliahmu itu.

Tapi, kalau yang terjadi sebaliknya alias kamu malah malu atau enggan bercerita tentang apapun soal jurusan kuliahanmu. Maka, kemungkinan besar kamu sudah berada di jurusan kuliah yan salah gitu, deh.

Jadi, saat ini kamu bangga atau malah malu, nih, sama jurusan kuliahmu? Hehehe.

5. Orang di sekitarmu memuji dirimu

Sebenarnya pendapat orang lain itu sifatnya subjektif, ya, gaes. Tergantung dari setiap sudut pandang masing-masing orang. Tapi, ibarat voting kalau banyak yang berpendapat positif tentang soal jurusan kuliah yang kamu ambil.

Misalnya, dari kakak kelas dosen atau orang tuamu memuji skill kamu dalam mengerjakan tugas kuliah di tengah kesibukan organisasi, nilai A pada semua mata kuliahmu dan sebagainya. Maka bisa jadi kalau kamu memang sudah berada di jalur yang tepat.

6. Kamu sudah tahu arah masa depan dari jurusan kuliah yang kamu pilih

Poin terakhir ini adalah salah satu tanda yang penting banget, lho, gaes. Misalnya, saat ini kamu sedang kuliah di jurusan Hubungan Internasional, kamu sudah bertekad dari awal untuk jadi Diplomat setelah lulus nanti, trus sewaktu masuk kuliah kamu enjoy aja dan nggak ada niatan untuk berubah haluan menjadi Akuntan secara tiba-tiba. Maka, SELAMAT kamu sudah berada di jurusan kuliah yang tepat, gaes.  

Sebaliknya, kalau komitmenmu dari awal malah berubah-ubah di tengah jalan, trus niatmu yang penting cuma kuliah untuk ambil gelar saja dan lebih parahnya lagi kalau ambil jurusan kuliah karena ikutan-ikutan teman/gebetan. Maka, kemungkinan besar kamu sudah berada di jurusan kuliah yang nggak tepat.

***

Itulah hal-hal yang menandakan kamu berada di jurusan kuliah yang tepat. Coba perhatikan lagi semua tanda di atas pada dirimu sendiri. Kalau kamu merasa semua tanda di atas ada pada dirimu, maka kamu sudah memilih jurusan yang paling tepat buatmu.

Oyaa, buat yang akan melanjutkan perkuliahan di tahun depan atau dua tahun lagi. Saya cuma mau bilang, nih, kalau kamu sedari awal sudah tahu bakat, minat, dan passion yang kamu miliki. Kamu sudah yakin dan berkomitmen dengan jurusan kuliah yang akan kamu pilih nantinya. Kamu sudah tahu profesi apa yang kamu cita-citakan setelah lulus dari jurusan kuliah yang kamu pilih.

Maka, kamu nggak perlu khawatir dan tinggal memantapkan hati dengan keyakinan kalau kamu sudah berada di jurusan kuliah yang tepat serta step ini adalah salah satu proses yang akan membantu kamu meraih kesuksesan di masa depan.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: thoughtco.com, studybreaks.com, linkedin.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 1 bulan yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1