Kenalan Lebih Dekat dengan Program Studi Manajemen Bisnis

Tahukah kamu? Kalau di Institut Teknologi Sepuluh Nopember a.k.a ITS ada yag namanya program studi Manajemen Bisnis. Yups, program studi yang masuk ke dalam Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi ini tergolong baru, sebab baru dibuka saat SNMPTN 2018 lalu.

Di SNMPTN 2019, program studi ini menyediakan kuota sebanyak 36 kursi. Sementara, data peminat SNMPTN tahu sebelumnya berjumlah 982. Bisa kamu bayangkan bagaimana keketatan persaingannya?

Sebelum kamu benar-benar memilih program studi yang satu ini, ada baiknya kamu mengetahui informasi di bawah berikut ini.

Tentang program studi Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis adalah kegiatan untuk merancang, mengelola, dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis yang mencakup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan, pengelolaan sampai cara mencapai suatu tujuan bisnis yang diinginkan.

Intinya, program studi Manajemen Bisnis ini akan memberikan kamu pengetahuan seputar bisnis dan kewirausahaan—mulai dari teori hingga melakukan analisis dan praktik untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di dunia bisnis.

manajemen bisnis

Kalau kamu penasaran apa saja, sih, yang dipelajari di program studi ini selama kuliah, berikut adalah beberapa mata kuliah di program studi Manajemen Bisnis:

1. Pengantar Ekonomi

2. Matematika Bisnis

3. Akuntansi Biaya

4. Ekonomi Makro

5. Ekonomi Mikro

6. Manajemen Keuangan

7. Manajemen Perkantoran

8. Manajemen Pemasaran

9. Manajemen Sumber Daya Manusia

10. Statistika Deskriptif

11. Komunikasi Bisnis

12. Manajemen Pengadaan

13. Praktik Perencanaan dan Pengendalian Produksi

14. Studi Kelayakan Bisnis

15. Perilaku Organisasi

Oyaa, pelajaran SMA yang membantu untuk memahami program studi ini adalah Matematika, Sosiologi, Ekonomi, Bahasa Inggris.

Trus apa bedanya program studi Manajemen, Manajemen Bisnis sama Administrasi Bisnis?

Gaes, program studi Manajemen, Manajemen Bisnis dan Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga), memang hampir mirip, ya. Prospek kerja keduanya juga hampir sama.

Secara garis besar dari mata perkuliahan yang diajarkan juga tidak berbeda jauh. Ketiganya sama-sama mempelajari bagaimana menjalankan suatu bisnis. Namun ada juga beberapa perbedaan dari ketiga program studi ini.

Kalau Manajemen bisnis mempelajari teori pengelolaan bisnis yang baik dan benar. Manajemen lebih berorientasi ke sarana dan caranya. Sedangkan Administrasi bisnis mempelajari dasar-dasar yang ada di dalam bisnis kemudian di praktikan ke kehidupan sehari hari

Keahlian apa yang dibutuhkan untuk masuk ke program studi ini?

Kira-kira keahlian-keahlian berikut ini sangat butuhkan, biar nantinya kamu survive saat sudah berhasil masuk ke program studi Manajemen Bisnis.

  • Memahami dan mengolah informasi berupa kata-kata (termasuk memahami bacaan, mengungkapkan ide lewat tulisan dan ucapan)
  • Memahami informasi berupa angka, menggunakan logika matematika, dan menerapkan operasi hitung untuk menyelesaikan masalah
  • Memahami simbol, huruf, diagram, gambar
  • Kemampuan memilah informasi ke dalam kategori tertentu
  • Daya Ingat Kuat/Mudah Menghafal
  • Kreatifitas
  • Fleksibel
  • Teliti
  • Bisa bekerja cepat

Prospek kerja lulusan Manajemen Bisnis

prospek manaemen bisnis

Lulusan program studi ini dipersiapkan untuk meniti karir di berbagai bidang usaha atau bisnis—baik di instansi swasta maupun instansi pemerintah. Bisnis itu banyak ragamnya, gaes—mulai dari bisnis yang bergerak di bidang manufaktur maupun jasa.

Nah, tiap-tiap unit bisnis tersebut membutuhkan seorang profesional yang memiliki keahlian di bidang manajemen. Selain itu, lulusan prodi ini juga dibekali dengan pengetahuan kewirausahaan, sehingga sangat memungkinkan lulusannya untuk menciptakan usaha atau bisnis sendiri.

Fyi, program studi Manajemen Bisnis tersedia dalam berbagai jenjang studi, lho. Jenjang studi tersebut adalah Diploma III (D3), Diploma IV (D4) dan Strata I (S1), maka dari itu lulusannya nanti akan memeroleh gelar yang berbeda-beda.

Universitas dengan program studi Manajemen Bisnis terbaik

Kalau kamu tertarik untuk terjun ke program studi ini, berikut adalah universitas di Indonesia dengan program studi Manajemen Bisnis terbaik. 

***

Gimana, gaes, sudah semakin mantap untuk memilih program studi ini?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar:  expression.ae, strategicaxis.ae, kennas.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 7 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 12 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 12 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 13 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 15 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1