Kompetisi di Bidang IT Buat Pelajar dan Mahasiswa Indonesia

Waktu masih sekolah dulu, saya selalu semangat kalau disuruh ikut kompetisi. Kenapa? Karena dengan berkompetisi, udah pasti saya bisa bolos kelas mendapatkan banyak manfaat. Misalnya, saya jadi lebih berani bersosialisasi, jadi bisa mengukur kemampuan diri sendiri secara sportif, dan jadi bisa mendapat pengalaman berharga yang bisa saya ingat sampai sekarang.

Nggak peduli hasilnya menang atau kalah, selalu ada keseruan tersendiri ketika ikut kompetisi.

Nah, bicara soal kompetisi, kalau kamu mau mengambil jurusan Sistem Informasi‍, Teknik Informatika‍, Ilmu Komputeratau Manajemen Informatika atau sedang berkuliah di jurusan-jurusan IT, kamu wajib banget tahu lima kompetisi penting ini!

Gemastik

Kompetisi IT 1 - Youthmanual

Gemastik diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, bekerjasama dengan salah satu kampus terpilih di Indonesia. Acara ini merupakan pagelaran IT yang rutin diadakan setiap tahun sebagai ajang penyaluran minat dan bakat dalam pengembangan IT.

Tahun ini, Universitas Indonesia‍ berperan sebagai host, sementara Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) adalah co-host-nya. Tahun ini adalah tahun ke-9 kegiatan Gemastik, sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007.

Acara puncak Gemastik 9 akan dilaksanakan pada tanggal 22-24 September 2016 di Kampus Universitas Indonesia, Depok. Catat, gaes! Selain ada kompetisi di bidang IT, bakal ada seminar, pameran hasil karya finalis Gemastik 9 dan sponsor, serta pentas budaya dan Kesenian.

Microsoft Imagine Cup

Kompetisi IT 2 - Yotuhmanual

Imagine Cup adalah program tahunan yang diselenggarakan oleh Microsoft. Kompetisi ini dapat diikuti oleh seluruh siswa di dunia yang mau mengadu kemampuan, memecahkan masalah, dan memberikan perubahan di negara masing-masing, dengan memanfaatkan IT.

Cabang kompetisi yang dapat diikuti diantaranya Games, Innovation, World Citizenship, Hello Cloud, dan Earth. Pemenang dari setiap cabang kompetisi akan berkesempatan terbang ke kantor pusat Microsoft di Seattle, Amerika Serikat, untuk saling berkenalan dan berkompetisi dengan peserta lainnya di seluruh dunia.

Tahun ini, None Developers dari Indonesia, mahasiswa-mahasiwa dari Universitas Trunojoyo Madura memenangkan juara kedua dalam kategori Games, lho. Warbiyasak!

CompFest

Kompetisi IT 3 - Yotuhmanual

CompFest adalah serangkaian acara IT yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, sejak tahun 2009.

CompFest menghadirkan berbagai kompetisi IT yang dapat membawa inovasi berdaya guna bagi masyarakat, pameran IT dengan teknologi terbaru Indonesia yang dikemas dengan konsep gamifikasi, serta seminar mengenai berbagai macam topik IT terbaru. CompFest juga menghadirkan Internet of Things Academy dan Startup Academy mereka yang femes abis dan bertujuan untuk memajukan kreativitas anak muda Indonesia.

Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC)

Kompetisi IT 4 - Yotuhmanual

Kompetisi ini diadakan oleh Indosat untuk mencari talenta terbaik generasi muda seluruh Indonesia. Cukup dengan mengajukan ide dan proposal sederhana, kamu sudah bisa menjadi bagian dari salah satu perhelatan IT terbesar di Indonesia ini. Pemenang IWIC akan berkesempatan mengasah jiwa entrepreneurship di Jakarta Founder Institute dan Crowdtivate.

INAICTA

Kompetisi IT 5 - Yotuhmanual

INAICTA merupakan acara  apresiasi terhadap karya-karya terbaik kreasi anak bangsa di bidang IT. Acara ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, lho.

Nah, hasil karya anak bangsa jebolan INAICTA diharapkan dapat bersaing di kawasan ASEAN dalam kerangka Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Kategori kompetisi yang dapat diikuti di antaranya Health & Well-Being, Tourism & Hospitality, Education & Culture, Financial & SME, Research & Development, Games, Digital Interactive Media, Digital Animation, Student Project Application, Student Project Games, e-Inclusion & Sustainability, dan Applicative Robot.

Sayangnya, masih belum ada keterangan jelas kapan INAICTA 2016 bakal berlangsung. Sabar menunggu ya, gaes!

*Diolah dari Techinasia

(sumber gambar: straighterline.com, umm.ac.id, imaginecup.com, compfest.web.id, filkom.ub.ac.id, kompas.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 9 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1