Peluang Beasiswa Buat Mahasiswa yang Sudah Kuliah

Beasiswa jenjang perguruan tinggi seringkali dicari sebelum menjalani perkuliahan. Namun banyak juga lho, kesempatan beasiswa untuk mahasiswa yang tengah menjalani perkuliahan. Seperti apa bentuk beasiswanya dan di mana kah mendapatkannya?

a. Beasiswa dari kampus untuk mahasiswa yang memiliki IPK tinggi

Beasiswa ini cukup standar ya, yaitu diberikan untuk mahasiswa dengan prestasi akademik formal, yakni nilai IPK yang tinggi. Biasanya sih, akan ada pengumuman dari kampus untuk siswa dengan nilai IPK tinggi. Ada beasiswa yang langsung diberikan adapula yang diseleksi dengan mahasiswa lainnya.

b. Beasiswa untuk mahasiswa yang menang kompetisi

Tentunya bukan untuk pemenang kompetisi 17 Agustusan ya. Tetapi kompetisi dengan standar antarperguruan tinggi. Contohnya, kompetisi robotic atau business plan tingkat nasional atau wilayah.

c. Beasiswa untuk mahasiswa dengan kemampuan dan prestasi olahraga.

Pihak kampus biasanya akan mendekati para “atlet” kampus untuk diberikan beasiswa. Jadi beasiswa tidak hanya untuk mereka yang berprestasi secarea akademik saja, ya.

d. Beasiswa untuk mahasiswa yang nggak mampu secara ekonomi

Contoh kasusnya begini, si C udah kuliah sejak 2018. Nah, pandemi memengaruhi ekonomi keluarga, dan tahun ini C kesulitan membayar biaya kuliah. Solusinya, menghadap pihak kampus. Biasanya mereka punya beasiswa untuk mahasiswa yang kesulitan membiayai Pendidikan.

e. Beasiswa dari perusahaan/lembaga.

Ternyata banyak lho, perusahaan yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa semester 3 ke atas. Salah satu syarat pendaftarannya biasanya adalah IPK minimum saat ini.

Biasanya sih, pendaftar diminta mengirimkan sejumlah berkas termasuk esai. Dari situ akan diseleksi peraih beasiswa. Ada pula perusahaan yang mengadakan tes dan interview.

f. Beasiswa penelitian/skripsi

Penelitian dan skripsi membutuhkan biaya. Nah, ada lembaga/perusahaan yang memberikan beasiswa untuk kegiatan tersebut. Dengan sokongan dana, kamu pun bisa lebih maksimal dalam berkarya.

Biasanya, ada persyaratan tema atau bidang yang diteliti. Nah, cari beasiswa yang sesuai dengan penelitianmu. Setelahnya kamu akan diminta mengajukan proposal untuk diseleksi. Jika berhasil mendapatkan beasiswa, hasil penelitian/skripsimu harus dilaporkan pada pemberi beasiswa.

g. Beasiswa kelas singkat di luar negeri

Maksudnya, kamu tetap kuliah di perguruan tinggi yang sama, tapi berkesempatan ikut kelas singkat atau bahkan kuliah 1-2 semester di luar negeri. Biasanya sih, `beasiswa ini terkait dengan kemampuanmu. Bisa prestasi akademik dan keaktivan di kampus, atau kemampuan di bidang tertentu. Misalnya, juara kompetisi film mahasiswa yang diberikan hadiah beasiswa kursus film 3 bulan di New York.

***

Nah, itulah contoh beasiswa yang banyak ditawarkan untuk mahasiswa semester 3 ke atas yang sedang menjalani perkuliahan. Sebagai mahasiswa, perlu proaktif kamu untuk mengejar beasiswa tersebut. Bagi yang merasa nggak cemerlang-cemerlang amat di kampus atau IPK-nya biasa aja, jangan patah semangat. Banyak lho, penilaian lainnya. Yang penting cari beasiswa yang tepat untukmu, jangan ragu untuk mencoba, kemudian berikan yang terbaik. Semangat!

(Sumber gambar: Pixabay)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 1 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1