Perguruan Tinggi dengan Prodi Art & Design Terbaik QS World University Rankings 2021. Ada Kampus Indonesia, lho!

Inilah perguruan tinggi dengan program studi art dan design terbaik di dunia versi QS University Rankings 2021. Ya, tiap tahun dirilis hasil riset peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia. Bagi kamu yang tertarik kuliah di jurusan seni atau desain bisa mengecek kampus terbaik di Asia dan di Indonesia berikut ini.

20 Perguruan Tinggi Dunia Terbaik Bidang Studi Art & Design 2021

1. Royal College of Art London, Inggris

2. University of the Arts London, London,Inggris

3. Parsons School of Design at The New School, New York City, Amerika Serikat

4. Rhode Island School of Design (RISD), Providence, Amerika Serikat

5. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat

6. Politecnico di Milano. Italia

7. Aalto University, Finlandia

8.  School of the Art Institute of Chicago, Amerika Serikat

9.  The Glasgow School of Art,Inggris

10. Pratt Institute, New York City,Amerika Serikat

11. Art Center College of Design, Pasadena, Amerika Serikat

12. Delft University of Technology, Delft, Belanda

13. Design Academy Eindhoven, Belanda

14. Tongji University, Shanghai, China

15. Goldsmiths, University of London, london, Inggris

16. RMIT University, Melbourne, Australia

17. California Institute of the Arts, Santa Clarita, Amerika Serikat

18. Carnegie Mellon University, Pittsburgh, Amerika Serikat

19. Stanford University, Stanford, Amerika Serikat

20. The Hong Kong Polytechnic University, Hong Kong

 Perguruan Tinggi Asia Terbaik Bidang Studi Art & Design 2021  

1.Tongji University, Shanghai, China  (Peringkat 14 dunia)

2. The Hong Kong Polytechnic University, Hong Kong (Peringkat 20 dunia)

3. Tsinghua University Beijing, China (Peringkat 23 dunia)

4.  Central Academy of Fine Arts (CAFA), Beijing,China (Peringkat 24 dunia)

5. National University of Singapore (NUS), (Peringkat 28 dunia)

6. The University of Tokyo, Jepang (Peringkat 38 dunia)

7. Seoul National University, Korea Selatan (Peringkat 39 dunia)

8. Nanyang Technological University, Singapore (NTU), Singapura (Peringkat 43 dunia)

9. Chiba University, Jepang (Peringkat 51-100 dunia)

9. Hongik University, Seoul, Korea Selatan (Peringkat 51-100 dunia)

9. Indian Institute of Technology Bombay (IITB), India (Peringkat 51-100 dunia)

9. Korea National University of Arts, Seoul, Korea Selatan (Peringkat 51-100 dunia)

9. Korea University, Seoul, Korea Selatan (Peringkat 51-100 dunia)

9. Kyoto University, Kyoto, Jepang (Peringkat 51-100 dunia)

9. Peking University, Beijing, China  (Peringkat 51-100 dunia)

9. Sungkyunkwan University(SKKU), Suwon, Korea Selatan (Peringkat 51-100 dunia)

17. Bandung Institute of Technology (ITB), Bandung (Peringkat 101-150 dunia)

17. Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta (Peringkat 101-150 dunia)

Nah, dua perguruan tinggi Indonesia ITB dan ISI Yogyakarta termasuk peringkat 17 Asia (bersama sejumlah perguruan tinggi lainnya).  Di dunia, keduanya berada pada peringkat 101 hingga 150. Baik ITB maupun ISI Yogyakarta merupakan perguruan tinggi negeri.

ITB memiliki hanya memiliki satu fakultas seni, yakni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Awalnya, calon maba mendaftar di FSRD, dan bukan mengambil prodi. Di tahun ke dua baru deh, masuk program studinya. Terdapat 5 prodi seni di ITB, yaitu Kriya, Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual. Desain Product dan Desain Interior.

Sementara ISI Yogyakarta memiliki banyak prodi, di antaranya Seni Tari, Seni Musik, Etnomusikologi, Desain Produk, Televisi dan Film, hingga prodi yang langka seperti Seni Pendalangan.  

Di Indonesia, untuk masuk prodi Seni dan Desain, selain tes tertulis kemampuan umum, juga ada tes praktik/menyertakan portofolio sesuai bidang yang diambil. Misalnya, untuk masuk jurusan Musik harus tes kemampuan musik atau mengirimkan video sedang bernyanyi/memainkan alat musik.

(Sumber gambar: Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/bodobe-1222375/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=911804">bodobe</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=911804">Pixabay</a>)

LATEST COMMENT
Ade Siip | 28 menit yang lalu

Gimana, caranya saya bisa kuliah, nya.?

8 Hal yang Nggak Diajarkan di Bangku Perkuliahan Tapi Bermanfaat untuk Kesuksesan
Dieva M | 1 hari yang lalu

Kak itu kakak ambil jurusan sastra apa kak, dan di universitas mana? Dan untuk matkul mintologi Yunani itu ambil jurusan sastra apa kak?

8 Mata Kuliah Paling Seru di Jurusan Sastra
Ignatius Yulianda Adi Prakasa | 2 hari yang lalu

Terimakasih ka....

Keuntungan Mencatat di Kelas
Naufal | 3 hari yang lalu

kalo gua sih suka olahraga dan fotografi nya ya. Apalagi main futsal, lebih bisa bonding dan bisa reunian aja gitu sama temen tongkrongan jaman SMA hehehe :D. Tapi makin kesini makin nyari hobi yang bisa menghasilkan uang sih, kayak dari artikel ini http://www.hobiberuang.com/hobi-yang-menghasilkan-uang/&#8230;

10 Hobi yang Mencerminkan Kepribadianmu
Alivia Salsabila | 4 hari yang lalu

Kalau tulisan tangan jelek, kira" masih bisa masuk ngga ya?

7 Hal yang Dialami Mahasiswa Jurusan Sejarah
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1