Serba-Serbi Konsentrasi yang Ada di Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) temasuk sepuluh besar jurusan terfavorit versi Youthmanual. Bisa diprediksi tingkat persaingannya tahun ini (dan tahun-tahun selanjutnya!) bakalan ketat banget, nih!

Buat kamu yang masih belum paham, jurusan DKV mempelajari bagaimana menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain) untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mempengaruhi publik atau penerima pesan. Bahasa rupa bisa berupa imagi grafis, simbol, tanda, atau unsur grafis lainnya. Nah, para lulusan jurusan ini diharapkan mampu menghasilkan suatu karya yang solutif dan kreatif untuk menghadapi permasalahan yang terjadi.

Sampai sini, ada yang merasa “terpanggil” oleh jurusan ini, belum?

Kalau ada, mulai, deh, perbanyak eksplorasi seputar jurusan DKV—mulai dari kampus-kampus kece yang menyediakan jurusan ini sampai pilihan profesi dan prospek karier untuk kedepannya. Biar hati kamu makin mantap milih jurusan DKV, gitu. Hihihi.

Kalau kamu bingung harus mulai eksplorasi dari mana, yuk, mulai pahami dulu tiga pilihan konsentrasi yang bisa kamu ambil di jurusan DKV. Sesuaikah dengan minat dan bakat yang kamu miliki?

1. DKV Animasi

animasi

Konsentrasi DKV Animasi memfokuskan pembelajaran pada dua kompetensi, yaitu animasi film (computer-generated imagery) dan animasi game (interactive animation). Di konsentrasi ini, kamu akan mempelajari teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan.

Kalau kamu penggemar film animasi dan berminat untuk belajar jadi animator handal, jurusan ini pas banget buat kamu. Nggak cuma sekadar menjadi animator, tapi kamu juga bisa jadi pembuat film, dan game developer. Jurusan ini mengajarkan mahasiswa membuat animasi dan sebagai pelengkap cerita dalam film, dengan mengkombinasikan ilmu film dan teknologi.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Menggambar Karakter
  • Algoritma Pemrograman
  • Logika Matematika
  • Videografi

2. DKV New Media

new media

Jurusan DKV New Media adalah jurusan dengan fokus pada penerapannya menggunakan multimedia. Perkembangan teknologi yang signifikan beberapa tahun belakangan membuat media nggak cuma berbentuk cetak aja, gaes. Sekarang, ada banyak media dan kanal lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi baru untuk menyampaikan pesan—seperti media sosial sampai merchandising.

Jurusan ini cocok banget buat kamu yang menyenangi bidang komunikasi melalui gambar maupun video. Kamu yang memilih konsentrasi ini akan dapat mengembangkan kreativitas dalam menggambar ataupun membuat video dengan “menyisipkan” pesan yang bagus didalamnya, dan mempelajari bagaimana cara menangkap pesan yang disampaikan dari sebuah konten visual.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Western & Eastern Art Review
  • Graphic Reproduction Method
  • New Media
  • Tipografi

3. DKV Creative Advertising

creative advertising

Periklanan dan DKV merupakan satu kesatuan umum yang nggak bisa dipisahkan. So, Konsentrasi DKV Creative Advertising menitikberatkan komunikasi secara visual sangat dibutuhkan untuk menyampaikan maksud dan tujuan seorang pemilik produk kepada publik. Jurusan ini lebih mengkhususkan diri dalam pengembangan kreatifitas tiap mahasiswanya untuk mengeksplorasi berbagai macam ide dan bentuk komunikasi visual dalam periklanan (advertising).

Tentunya jurusan ini pas buat kalian yang berjiwa kreatif dan ingin mempelajari dunia periklanan serta senang merancang kegiatan. Nggak cuma mendalami dunia periklanan, kamu juga bakal mempelajari berbagai hal tentang media dan seni seperti broadcasting dan copywriting.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Computer Graphic
  • Copywriting
  • Perilaku Konsumen
  • Manajemen Pemasaran

Selamat menentukan pilihan!

(sumber gambar: youtube.com, linkedin.com, binusian.org, ytimg.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 24 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1