Menu

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Hukum

Sedari dulu, jurusan Hukum‍  emang nggak pernah sepi peminatnya. Tapi, gara-gara ruang lingkupnya yang sangat luas, ternyata masih banyak, lho, yang belum paham-paham amat soal konsentrasi spesifik apa yang ada di dalam jurusan hukum.

Atau... mungkin kamu termasuk salah satunya?

Biar pengetahuan kamu tentang jurusan ini sedikit tercerahkan, simak serba-serbi pilihan konsentrasi yang bisa kamu temukan di jurusan Hukum di bawah ini.

1. Hukum Perdata

1

Konsentrasi Hukum Perdata bisa dibilang pilihan konsentrasi favorit para mahasiswa jurusan Hukum, karena topik bahasannya mengatur hak-hak dan kepentingan antar inividu yang penerapannya bisa di mana-mana.

Di konsentrasi ini, kamu bakal banyak belajar tentang hukum yang mengikat perjanjian dan kontrak. Kalau kamu bercita-cita ingin bekerja sebagai notaris atau pihak legal, kamu cocok banget mengambil pilihan konsentrasi ini.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Hukum Keluarga dan Waris
  • Hukum Perkawinan
  • Hukum Perselisihan
  • Perbandingan Hukum Perdata
  • Hukum Adat dalam Perkembangan

2. Hukum Lingkungan dan Tata Ruang

Dalam konsentrasi Hukum Lingkungan dan Tata Ruang, kamu bakal banyak ketemu sama yang namanya isu sengketa lahan dan tanah. Secara, bahasannya nggak jauh-jauh dari perizinan dan aturan tata ruang, gaes! Selain itu, kamu juga belajar mengenai pelestarian lingkungan karena hukum tata ruang meliputi sumber daya yang ada di dalamnya.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Hukum Tata Ruang
  • Hukum Perizinan
  • Hukum Keuangan Negara
  • Kapita Selekta Hukum Lingkungan
  • Hukum Lingkungan Internasional

3. Hukum Ekonomi

Konsentrasi Hukum Ekonomi dikenal juga sebagai Hukum Dagang. Pastinya bahasannya nggak jauh-jauh dari tingkah laku manusia dalam melakukan aktivitas perdagangan, dong, ya. Meskipun bahasannya ekonomi, tapi kamu cuma belajar dari aspek legalnya aja, kok. Pas banget nih buat kamu yang punya cita-cita jadi corporate lawyer! Hihihi.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Hukum Ekonomi
  • Hukum Perusahaan
  • Hukum Jaminan
  • Hukum Ekonomi Internasional
  • Hukum Penanaman Modal

4. Hukum Internasional

Konsentrasi Hukum Internasional terbilang masih cukup baru, karena adanya pengaruh globalisasi dan banyaknya wilayah-wilayah yang nggak terkena jangkauan perlindungan hukum suatu negara. Seperti halnya Hukum Ekonomi, meskipun ada kaitannya dengan jurusan Hubungan Internasional, Hukum Internasional hanya menitikberatkan pembelajaran pada aspek legal.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Hukum Organisasi Internasional
  • Hukum Perjanjian Internasional
  • Hukum Udara dan Ruang Angkasa
  • Studi Kasus Hukum Internasional
  • Hukum Laut Internasional

5. Hukum Administrasi Negara

Hukum Administrasi Negara mempelajari tentang aspek-aspek dinamis dan “merakyat” dalam aturan kenegaraan, seperti pembangunan dan aparatur negara dari segi behavioral. Karena berurusan dengan administrasi, pemahaman kamu soal jenjang birokasi harus banget kinclong jika kamu memang berminat untuk memilih konsentrasi ini.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Hukum Administrasi Negara di Daerah
  • Hukum Perizinan
  • Hukum Keuangan Negara
  • Hukum Perencanaan dan Pengawasan Pembangunan
  • Hukum Kepegawaian

6. Hukum Tata Negara

6

Meskipun pokok bahasannya sama dengan Hukum Administrasi Negara, konsentrasi Hukum Tata Negara mempelajari aturan kenegaraan lebih ke aspek statis, alias pokok aturannya itu sendiri. Kamu bakal belajar mengenai lembaga kenegaraan, konstitusi, sampai pembuatan undang-undang.

Konsentrasi ini cocok banget buat kamu yang ingin berkarier di lembaga kenegaraan seperti Mahkamah Konstitusi atau Dewan Perwakilan Rakyat.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Hukum Acara Mahkamah Konstitusi
  • Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian
  • Kapita Selekta Hukum Tata Negara
  • Hukum Konstitusi
  • Perbandingan Hukum Tata Negara

7. Hukum Pidana

Konsentrasi Hukum Pidana ini sama tuanya dengan Hukum Perdata. Bedanya, Hukum Pidana mempelajari tentang keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana, serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya.

FYI, konsentrasi ini identik banget sama yang namanya analisis pasal-pasal KUHP yang jumlahnya lebih banyak dari bulu kucing anggora. Jangan khawatir, untuk jadi praktisi hukum yang kece, kamu nggak harus ngapalin semuanya, kok. Cukup dipahami aja!

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Kriminologi
  • Hukum Pidana Internasional
  • Perbandingan Hukum Pidana
  • Hukum Pidana dan Yurisprudensi
  • Pengadilan Hak Asasi Manusia

8. Hukum dan Perkembangan Masyarakat

Sesuai dengan namanya, Konsentrasi Hukum dan Perkembangan Masyarakat menitikberatkan pada sejarah hukum dan perkembangannya sesuai kehidupan masyarakat dari zaman ke zaman. Selain bakal ketemu sama banyak teori dan sejarah-sejarah hukum, kamu juga bakal mempelajari dinamika hukum yang terjadi di dalam masyarakat modern. Konsentrasi ini tepat banget untuk kamu yang mau jadi dosen, ahli, atau pegamat hukum.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Sistem Hukum Nasional
  • Sejarah Hukum
  • Antropologi Hukum
  • Penafsiran Hukum
  • Penemuan Hukum

9. Hukum dan Teknologi

Sama halnya seperti konsentrasi Hukum Internasional, konsentrasi Hukum dan Teknologi juga baru muncul karena adanya pekembangan teknologi. Di konsentrasi ini, kamu akan belajar hal-hal seputar hukum yang menaungi media, teknologi informasi dan telekomunikasi, sampai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Dengan munculnya kebebasan beropini di media sosial dan maraknya hate comment, kayaknya praktisi hukum teknologi yang jempolan bakalan banyak dibutukan di negara ini, ya, sob! Hihihi.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Hukum Perdagangan Secara Elektronik
  • Hukum Telekomunikasi
  • Hukum Penyelesaian Sengketa Hukum dan Arbitrase
  • Hukum Media
  • Studi Kasus Hukum Teknologi

10. Hukum Acara (Peradilan)

10

Konsentrasi Hukum Acara (Peradilan) sebenarnya nggak jauh-jauh amat dengan bahasan hukum pidana dan hukum perdata. Tapi, hukum acara tentunya lebih berfokus pada proses yang terjadi dalam pengadilan, seperti etika advokat, pembuktian, atau penghadiran serta syarat saksi. Buat kamu yang mau jadi pejabat peradilan, pas banget kalau kamu memilih konsentrasi ini.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Teknik Pemecahan Kasus
  • Perbandingan Hukum Acara
  • Kapita Selekta Hukum Acara
  • Praktikum Negosiasi dan Mediasi
  • Etika Profesi Hukum

***

Selain pilihan konsentrasi di atas, ada juga beberapa fakultas hukum di universitas-universitas tertentu yang menyediakan konsentrasi yang lebih spesifik seperti Hukum Adat, Hukum Islam, dan Hukum Pajak. Untuk lebih lengkapnya, ketersediaan pilihan-pilihan konsentrasi ini bisa langsung kamu temukan di laman web fakultas Hukum di universitas idaman kamu.

Selamat menentukan pilihan!

Baca juga:

(sumber gambar: wordpress.com, khsta.org, analisahukum.com, theatlantic.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 4 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©