Macam-Macam Salah Kaprah Soal Mahasiswa Jurusan Hukum

“Kuliah jurusan apa?”

“Jurusan Hukum, Tante.”

“Mau jadi pengacara, ya? Wah, penghasilannya pasti gede banget, tuh. Kaya yang di TV!”

#kemudianhening #langsungbelilamborghini

Hampir semua mahasiswa jurusan Hukum pasti mengalami hal ini. Pokoknya, kalau kita kuliah di jurusan Hukum, kita langsung dianggap pengen jadi pengacara andal dan banyak duit. Padahal, kuliah jurusan Hukum tuh susah banget. Banyak jenis teori hukum yang harus dihapal dan bikin kepala ngebul bak sate ayam dikipas abang-abang.

Salah Kaprah Jurusan Hukum 2 - Youthmanual

Kali ini Youthmanual merangkum macam-macam salah kaprah soal mahasiswa jurusan Hukum. Kamu merasakan hal-hal ini juga nggak, sih?

Mahasiswa jurusan Hukum nggak bakal melanggar hukum

Karena dianggap “melek” hukum, banyak yang mengira mahasiswa jurusan Hukum nggak bakal pernah melanggar hukum. Ini, sih, amin ya gaes… Tapi perkara melanggar hukum atau nggak, lagi-lagi balik ke sifat orangnya. Bisa juga justru mahasiswa jurusan Hukum jadi tahu soal menghadapi hukuman dan malah berani terobos sana sini. Jangan sampe, ya!

Mahasiswa jurusan Hukum selalu pengen jadi pengacara dan punya bayaran besar

Salah Kaprah Jurusan Hukum 3 - YouthmanualMenjadi Pengacara jadi salah satu salah kaprah yang paling besar buat mahasiswa jurusan Hukum. Padahal, nggak semua kepengen jadi pengacara, lho. Mereka bisa bekerja di banyak bidang hukum (Hakim‍, Ahli Perencanaan Pajak‍, Pengajar Ilmu Hukum‍, Petugas Hakim Hukum Administratif, Juri, dan Sidang‍) bahkan di perusahaan bisnis multinasional sebagai legal advisor.

Selain itu, menjadi pengacara selalu diidentikkan dengan bayaran yang besar dan memihak orang kaya aja. Kenyataannya, ada juga pengacara yang memang mau berjuang demi keadilan tanpa mikirin bayaran. Lagipula, profesi pengacara itu penting banget supaya setiap orang bisa didampingi ketika menghadapi masalah hukum.

Mahasiswa jurusan Hukum pasti dianggap jago berdebat

Punya bakat alami mempertahankan pendapat dan menyusun argument memang penting banget buat mahasiswa jurusan Hukum, tapi nggak semua orang terlahir dengan bakat ini. Ada juga yang harus belajar dari nol dan banyak mengikuti praktek di kelas supaya terbiasa menghadapi situasi dan bernegosiasi dengan baik. Khususnya kalau kita punya keperluan maju ke pengadilan.

Mahasiswa jurusan Hukum pasti hapal semua undang-undang

Salah Kaprah Jurusan Hukum 4 - Youthmanual

Saya juga sempat menyangka bahwa untuk jadi mahasiswa jurusan Hukum yang gemilang, kita harus hapal semua undang-undang. Ternyata jumlahnya ratusan, sob! Bahkan menurut Melani, mahasiswi jurusan Hukum Universitas Jayabaya, sebetulnya yang kita perlukan bukan mengahapal tapi memahami bunyi undang-undang yang akan kita pakai untuk menangani sebuah permasalahan.

Selain itu, banyak teori dan jenis hukum yang harus dihapal. Misalnya, kamu tahu nggak kalau setelah sebuah ketetapan hukum dikeluarkan, ia akan mengikat semua pihak. Nggak peduli orang tersebut sudah tahu atau belum.

(Sumber gambar: rappler.com, pinterest.com, giphy.com, cekricek.co.id, memecrunch.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 23 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1