Inilah Daftar Perguruan Tinggi Terbaik Untuk Program Studi Ilmu Hukum

Di program studi Ilmu Hukum, para mahasiswa akan mempelajari segala sesuatu tentang hukum—baik praktek ataupun teorinya. Hukum mengatur bagaimana manusia bertindak dan bertingkah laku supaya tidak merugikan orang lain. Belajar tentang hukum memang lebih banyak mendalami konsep, teori, dan beberapa kasus hukum yang terjadi.

Menariknya, pada masa kuliah (entah di awal/akhir masa perkuliahan) para mahasiswa program studi Ilmu Hukum mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari selama ini bisa dipahami secara nyata.

Meskipun lulusan sarjana hukum sudah banyak, situasi hukum di Indonesia masih jauh dari kata ideal, gaes. Praktek hukum yang masih lemah inilah yang menyebabkan penyelewengan dan pelanggaran hukum sering terjadi.

Nah, kalau kamu termasuk salah satu yang berminat masuk ke kelompok Soshum ini, kamu perlu banget nih, kepoin perguruan tinggi terbaik mana aja yang menyediakan program studi Ilmu Hukum.

Oyaa, perguruan tinggi dengan program studi S1 Ilmu Hukum di Indonesia, yang tercatat di Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) berjumlah 519 kampus (untuk jenjang S1, S2, dan S3). Kampus-kampus  tersebut juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia—baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta, lho.

Berikut daftar perguruan tinggi terbaik untuk program studi Ilmu Hukum (urutan di bawah ini bukan berdasarkan peringkat/ranking, ya!).

Perguruan Tinggi dengan program studi Imu Hukum terakreditasi A

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Padjadjaran         
  3. Universitas Airlangga
  4. Universitas Hasanuddin
  5. Universitas Islam Riau
  6. Universitas Lampung
  7. Universitas Sriwijaya
  8. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  9. Universitas Trisakti
  10. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  11. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  12. Universitas Swadaya Gunung Djati
  13. Universitas Islam Indonesia   
  14. Universitas Muslim Indonesia
  15. Universitas Pelita Harapan Surabaya
  16. Universitas Wiraraja
  17. Universitas Pendidikan Nasional
  18. Universitas Riau
  19. Universitas Pattimura
  20. Universitas Jambi
  21. Universitas Bengkulu
  22. Universitas Surabaya
  23. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  24. Universitas Katolik Parahyangan
  25. Universitas Sumatera Utara
  26. Universitas Katolik Soegijapranata
  27. Universitas Andalas
  28. Universitas Muhammadiyah Malang
  29. Universitas Gadjah Mada
  30. Universitas Sebelas Maret
  31. Universitas Pakuan
  32. Universitas Bina Nusantara
  33. Universitas Brawijaya
  34. Universitas Muhammadiyah Jakarta
  35. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  36. Universitas Pelita Harapan
  37. Universitas Internasional Batam
  38. Universitas Islam Malang
  39. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  40. Universitas Merdeka Malang
  41. Universitas Pancasila
  42. Universitas Negeri Semarang
  43. Universitas Syiah Kuala
  44. Universitas Suryakancana
  45. Universitas Diponegoro
  46. Universitas Pasundan
  47. Universitas Mataram
  48. Universitas Tarumanagara
  49. Universitas Udayana
  50. Universitas Jenderal Soedirman
  51. Universitas Islam Bandung
  52. Universitas Kristen Indonesia
  53. Universitas Kristen Satya Wacana
  54. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  55. Universitas Esa Unggul
  56. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  57. Universitas Islam Sultan Agung
  58. Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau
  59. Universitas Pancasakti Tegal
  60. Universitas Tanjungpura
  61. Sekolah Tinggi Hukum Bandung  

Perguruan Tinggi dengan program studi Imu Hukum terakreditasi A untuk jenjang S2

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas Jayabaya
  4. Universitas Lampung
  5. Universitas Islam Sultan Agung
  6. Universitas Pasundan
  7. Universitas Udayana
  8. Universitas Katolik Soegijapranata
  9. Universitas Padjadjaran
  10. Universitas Merdeka Malang
  11. Universitas Sumatera Utara
  12. Universitas Tarumanagara
  13. Universitas Islam Indonesia
  14. Universitas Muslim Indonesia
  15. Universitas Jenderal Soedirman
  16. Universitas Kristen Satya Wacana
  17. Universitas Sebelas Maret
  18. Universitas Islam Bandung
  19. Universitas Brawijaya
  20. Universitas Hasanuddin
  21. Universitas Islam Riau
  22. Universitas  Airlangga

Perguruan Tinggi dengan program studi Imu Hukum terakreditasi A untuk jenjang S3

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Padjadjaran

***

Itulah daftar perguruan tinggi terbaik untuk program studi Ilmu Hukum. Apabila kamu punya kepedulian terhadap hukum di Indonesia, maka program studi Ilmu Hukum bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: blog.ipleaders.in)

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 3 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 7 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 7 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Nanda Kyala | 9 hari yang lalu

Kak, jadi anak ipa bisa pilih utbk soshum atau campuran?

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1