Tertarik dengan Isu Politik? Ini Pilihan Jurusan Kuliah yang Cocok Untukmu!

 

 

 

Kalau kamu tertarik mengikuti perkembangan politik dan ingin mempelajari materi yang nyambung dengan politik, maka jurusan kuliah berikut ini bisa jadi pas untukmu. Psst, nggak cuma program studi Ilmu Politik, lho!

1. Ilmu Politik 

Kalau prodi ini jelas banget sejalan lah, ya. “Ilmu Politik secara garis besar mempelajari teori, filsafat, ideologi, pemikiran, hingga penerapan politik praktis,” jelas Muhammad Ichsan yang kuliah Ilmu Politik di Universitas Brawijaya. Yang dipelajari bukan hanya dinamika politik saat ini, tetapi juga berbagai teori dan sejarah politik. Mata kuliahnya antara lain Bisnis dan Politik, Kekuatan Politik di Indonesia, Politik Perkotaan, serta Perempuan Politik. 

2. Ilmu Hukum 

Prodi yang satu ini juga masih nyambung banget sama politik. Tentunya, kamu bakalan belajar mengenai kebijakan, aturan, undang-undang, serta hal lain yang masuk ranah hukum. Nah, pembuatan produk hukum terkait dengan bidang politik. Wawasan kamu soal politik bakalan bermanfaat dalam menjalani kuliah hukum. Jika memang bercita-cita menjadi politisi, latar belakang hukum juga sangat membantu. Harapannya sih, supaya nantinya bisa jadi politisi yang taat hukum dan menghasilkan kebijakan yang baik.

3. Hubungan Internasional 

Sejarah dan perkembangan politik luar negeri, tanah air, regional serta hubungan politik antara Indonesia dengan negara lain, serta hubungan antarnegara. dipelajari di jurusan HI. Kamu juga akan belajar soal negosiasi dan diplomasi. Kalau masuk jurusan ini kamu bakalan ketemu matkul Geopollitik dan Geostrategi, Pemikiran Politik Barat, Teori Politik Internasional, dan lain sebagainya.  

4. Ilmu Komunikasi 

Jika masuk kuliah Komunikasi, kamu mesti punya wawasan luas dan update dengan informasi terkini, termasuk soal politik. Nah, ada mata kuliah atau penjurusan di S-2 Komunikasi yang nyambung banget dengan politik, yaitu Komunikasi Politik. Salah satu peluang kerja bagi lulusannya adalah sebagai konsultan politik. Yup, jasa konsultan dan survei politik lagi marak banget di Indonesia.

5. Jurnalistik 

“Dalam prodi ini, selain diajarkan untuk meliput dan mewawancara, aku juga harus memahami proses praproduksi dan pascaproduksi pembuatan berita, baik itu untuk televisi, radio, maupun media cetak,” jelas Livani Rizky Putri dari Universitas Multimedia Nusantara. Jika sudah lulus, yang tertarik dengan bidang politik, bisa mengkhususkan diri sebagai jurnalis politik.

6. Ilmu Sejarah 

Apa hubungannya sejarah dan politik? Wih, politik nggak bisa terlepas dari sejarah, gaes. Untuk paham politik, perlu tahu peristiwa yang terjadi sebelumnya alias sejarahnya. Mata kuliah prodi Sejarah antara lain Sejarah Militer Indonesia, Sejarah Media Massa, dan Sejarah Diplomasi Indonesia. Presiden Amerika Serikat ke-43 George W. Bush juga merupakan lulusan prodi Sejarah di Yale University.

7. Ilmu Pemerintahan 

Kalau kamu tertarik dengan politik khususnya lembaga negara, kamu cocok kuliah di prodi ini. Materi yang dipelajari di prodi Ilmu Pemerintahan adalah seputar lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan organisasi publik lainnya. “Jurusan ini mempelajari mengenai sistem politik dan pemerintahan Indonesia, termasuk peraturan serta hukum konstitusi,” jelas Luis Intan Pratiwi yang mengmbil prodi Ilmu Pemerintahan di Universitas Indonesia .

8. Politik Islam 

Seperti halnya jurusan Ilmu Politik, jurusan ini mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan poltik, namun lebih mengkhusukan pada politik islam. Jadi di prodi ini mahasiswa juga perlu mempelajari hukum islam. Mata kuliahnya antara lain Perilaku Politik, Psikologi Politik, Tafsir Hadits, serta Agama dan Politik.

9. Filsafat 

Banyak teori dan pendekatan politik yang berasal dari Filsafat. Nggak heran sih, mengingat Filsafat merupakan induk berbagai ilmu. "Jurusan Filsafat mempelajari permasalahan manusia dan dihubungkan dengan realita. Di jurusan ini, kita akan belajar pemahaman dasar serta tujuan hidup, sehingga mahasiswanya dapat berpikir secara terstruktur," ujar Rafidah Griselda dari Filsafat UGM. Salah satu peminatan di prodi Filsafat adalah Filsafat Sosial Politik.

10. Sosiologi 

Masyarakat adalah kunci dari studi Sosiologi. Mahasiswanya mengkaji berbagai fenomena di masyarakat serta mencari solusi atas permasalahan yang muncul. Nah, politik merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Itu artinya, topik politik pasti akan muncul dalam perkuliahan, seperti di mata kuliah Sosiologi Politik.

***

Gimana gaes, ada prodi yang menarik minatmu? Jika diamati, pola belajar jurusan-jurusan di atas hampir sama. Kuncinya adalah banyak BACA dan NULIS. Yup, prodi di atas menuntut kamu untuk cinta membaca. Serius. Buku lama, buku baru, jurnal ilmiah, media cetak, dan lainnya. 

Segala tugas, ujian, serta proyek kuliah pun, nggak jauh-jauh dari tumpukan buku dan ebook. Menulis laporan, paper,  dan esai juga jadi makanan sehari-hari. Penting banget bagi mahasiswa untuk bisa menuangkan pemikiran dan analisanya ke dalam bentuk tulisan.

Makanya, salah satu perangkat yang bakalan sangat berguna dalam perkuliahan adalah laptop. Tentunya, mahasiswa jurusan di atas butuh laptop yang tepat untuk  memudahkan mengakses materi kuliah serta ngerjain tugas kapan pun dan di mana pun. Rekomendasi Youthmanual adalah notebook hybrid alias notebook bisa berfungsi layaknya laptop biasa dan bisa pula sebagai tablet yang nyaman untuk membaca. Plus, kamu bisa pakai mode display atau tent, untuk nonton video serta presentasi.

Cek deh, Acer Switch 1, laptop dengan prosesor Intel® Quad Core x5-Z8350 yang memenuhi kebutuhan perkuliahanmu. Laptop dengan RAM sebesar 2GB dan HDD 32GB eMMC + 500GB ini juga dilengkapi double power source, sehingga tahan hingga 12 jam. Mantap lah!

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini.


Baca juga:

10 Pilihan Jurusan Untuk Kamu yang Punya Passion di Bidang Kesehatan

8 Pilihan Jurusan Buat Kamu yang Menyenangi Pelajaran Bahasa

 

(sumber gambar: ted.com, Acer)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 1 bulan yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1