20 Pesan Penting untuk Mahasiswa

Inilah pesan untuk anak muda terutama mahasiswa dari Rencanamu serta dari para tokoh seperti Najwa Shihab, Nadiem Makarim, hingga Raditya Dika. Perlu kamu simak!

1. Apa yang dilakukan di masa muda akan menjadi momen yang paling kamu ingat dalam hidupmu. Jadi jangan buang momen tersebut dengan melakukan hal yang nggak berguna. Hal ini disampaikan oleh B.J.Habibie ketika berbincang dengan Najwa Shihab dalam tayangan Catatan Najwa. “Saya paling marah kalau cucu saya seharian main game. Itu membuang waktu!” tegas Pak Rudi Habibie.

Apa yang disampaikan Pak Rudi Habibie relevan banget buat mahasiswa. Refreshing dan bersantai sih boleh gaes, tapi jangan kelewat batas juga. Akhirnya kita jadi nggak produktif. Dan kebayang nggak sih, seandainya di usia kita yang nggak muda nanti, memori yang paling membekas adalah adegan main game? Aduh! 

2. Jangan menghindari suatu proyek atau topik hanya karena menurutmu sulit. Tantanglah dirimu dengan berbagai hal yang menambah pengetahuanmu. Jangan pilih mata kuliah hanya karena nilainya gampang atau cuma pengen mengerjalan tugas yang mudah aja, ya.

3. Cobalah menjelajaah rute jalan baru sepulang dari kampus. Dengan mencoba sesuatu yang baru kamu akan mendapatkan masukan baru.

4. Kerjakan tugasmu sendiri. Plis, jangan pake joki tugas, karena itu hal yang curang, melanggar aturan, dan membuatmu dalam masalah serius jika ketahuan. Jika nggak ketahuan pun ini tetap hal yang salah dan nggak bikin dirimu berkembang.

5. “Tuntutlah ilmu dan kuasai kemampuan teknis yang terbaik,” pesan Sri Mulyani ketika memberi ceramah di Universitas Indonesia. Ya, jangan hanya jago teori, kuasai juga skill yang penting, terutama yang berhubungan dengan bidang studimmu.

6. “Saat berada di persimpangan antara memilih menyelesaikan kuliah atau melakukan hal yang disukai, gue pilih menyelesaikan kuliah dulu,” cerita Raditya Dika saat diundang berbicara di FISIP UI.

Hal ini sejalan dengan yang dialami Andovi da Lopez "SkinnyIndonesian24". Content creator ini menceritakan bagaimana beratnya  perjuangan menjalani studinya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, namun akhirnya ia berhasil menuntaskannya. Ya, tuntaskan apa yang kamu kerjakan, jangan menyerah dan berhenti di tengah jalan.

7. “Bahagia atau sedih, itu diri lo sendiri yang mengontrol,” Raditya Dika berpesan pada mahasiswa. Jangan mudah merasa down, sedih, atau stres. Kadang kita cepat terganggu karena kritik/celaan orang lain atau merasa nggak pede karena pencapaian orang lain. 

8. Selalu ingin berkembang dan ingin lebih baik lagi.

9. Bergaul lah dengan banyak orang, berbuat baik dengan semua orang, namun nggak perlu akrab dengan teman yang toxic.

10. Nggak ada kata terlalu muda untuk mulai usaha atau berkarya.

11. Bertemanlah dengan senior dan junior di kampus. Selain bisa saling membantu di kampus, mereka menjadi salah satu modal untuk  membangun relasi/networking. Banyak lho, orang yang mendapatkan lowongan pekerjaan dari senior atau mendapatkan klien dari junior di bangku kuliah. Hilangin deh, “gap” dan ego antarangkatan.

12. Saat ini (di perguruan tinggi) adalah waktu terbaik untuk mengevaluasi serta membenahi manajemen keuangan pribadimu.

13. Walau sibuk di kampus, tetap jalankan tanggung jawabmu akan pekerjaan di rumah, seperti membantu beberes, memasak, atau lainnya. Memang sih, mungkin ada ortu dan ART yang menangani hampir semua urusan, tapi tetap saja kamu harus berperan. Manfaatnya banyak, di antaranya mengasah basic life skills (kemampuan dasar) kamu yang akan sangat berguna di masa depan serta melatih manajemen waktu/kesibukan.

14. “Ubah paradigma belajar di perguruan tinggi menjadi kuliah untuk belajar. Belajar bagaimana bisa berkarya atau bekerja di berbagai bidang, bukan hanya sekadar kuliah untuk bekerja,” sambutan Nadiem Makarim dalam Program Pengenalan Kehidupan Kampus 2020.

15. “Smart is a must but not sufficient, kesuksesan orang bukan cuma karena smart, bagi saya akhlakul karimah (perilaku) juga penting agar anda sukses. Keberadaan anda harus nyaman buat masyarakat dan juga membawa manfaat,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

16. Magang. Bisa magang ketika liburan, magang di bidang yang nyambung dengan studi, part time sebagai pelayan resto, atau lainnya. Just do it! Sebab magang bisa memberikan kamu banyak ilmu dan juga pengalaman.

17. Jangan reaktif menyikapi sesuatu, cari tahu faktanya dulu baru bertindak. Ini berlaku dalam berbagai hal ya, gaes.

18. Kejujuran adalah nomor satu.

19. Bersikap jujur berbeda dengan berkomentar/ngomong/mengutarakan apa aja tanpa batasan dan saringan ya gaes. Ingat juga bahwa diam lebih baik daripada mengatakan sesuatu yang nggak berfaedah, atau bahkan bisa memecah belah.

20. “Menjadi mahasiswa adalah sebuah privilege. Keistimewaan yang tak semua pemuda diberkahi kesempatan. Kalian adalah bagian dari 35 persen anak muda seusia kalian yang bisa merasakan bangku kuliah,” pesan Najwa Shihab kepada mahasiswa Indonesia.

Ya, masih banyak orang Indonesia yang tidak bisa mengenyam pendidikan tinggi. Manfaatkanlah kesempatan menjadi mahasiswa dengan sebaik-baiknya. 

Hidup mahasiswa!

(Sumber gambar: Photo by Vlada Karpovich from Pexels)

LATEST COMMENT
Rara | 1 hari yang lalu

Kalo mau double degree tapi sama² di indonesia gapapa?

Tips Memilih Program Kuliah Double Degree
Art | 3 hari yang lalu

Itu kayaknya nomor 3 yg pertama salah nulis seharusnya bait ke 9 (?)

Latihan Soal AKM Asesmen Nasional SMA Untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi
Dea Manda | 3 hari yang lalu

Hallo saya mau tanya saya bingung mengambil jurusan kuliah

Di Youthmanual, Kamu Bisa Tanya-Tanya Sepuasnya Tentang Persiapan Kuliah, Lho!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1