7 Kawasan Kos-Kosan Favorit Anak ITB

Oleh Nadia Fernanda

Kamu calon mahasiswa ITB yang lagi cari tempat kos? Atau udah officially jadi mahasiswa ITB dan mau pindah tempat kos, tapi nggak tahu harus cari kemana? Jangan khawatir! Kali ini Youthmanual akan membahas beberapa kawasan kos-kosan yang biasa jadi langganan mahasiswa ITB. Jadi, kamu nggak perlu keliling-keliling sambil tanya kesana kemari, buang-buang tenaga (dan bensin) demi mencari kamar kos idaman. Kurang baik apa kita?!

1. Cisitu

cisitu

Budget: $ - $$$

Bisa dibilang, Cisitu adalah kawasan yang paling terkenal sebagai “sarang”-nya mahasiswa ITB. Daerah cakupan Cisitu cukup luas, mulai dari Cisitu Lama, Cisitu Baru sampai Cisitu Indah. Jadi mungkin kamu bakal capek kalau langsung menjelajahi daerah ini dalam satu waktu. Daerah yang paling dekat dengan kampus ITB adalah Cisitu Lama, yang jaraknya hanya sekitar 10 menit dengan berjalan kaki dari ITB. Soal harga, ya, bisa ditebak, sih—semakin dekat ke kampus, harga kamar kosnya juga akan semakin mahal! Tetapi kalau kamu jeli, mungkin kamu bisa menemukan kamar kos dengan harga miring di gang-gang Cisitu.

Kekurangan kawasan Cisitu adalah jalanannya yang sempit (hati-hati kalau bawa kendaraan di sini!) dan angkot yang nggak tersedia 24 jam. Jadi, buat kamu yang doyan “ngalong”, usahakan nggak “ngalong” kemaleman kalau nggak bawa kendaraan pribadi, ya!

2. Pelesiran

pelesiran

Budget: $ - $$$

Daerah ini berada di selatan kampus ITB, dan merupakan surganya makanan kaki lima. Dibandingkan daerah-daerah lain, kuliner daerah Pelesiran memang terkenal dengan harganya yang juara. Jadi, kalau kamu mau ngekos di Pelesiran, siap-siap aja diet kamu cuma tinggal wacana. Di sini juga terdapat akses angkot 24 jam, sehingga kalau kamu dilanda kelaparan tengah malam, tinggal cari angkot trus cussss... meluncur berburu makanan ke Taman Sari. Sedappp!

Seperti halnya Cisitu, jalan utama di Pelesiran lumayan sempit, sehingga kamu yang membawa kendaraan pribadi—khususnya mobil—bakal lumayan kerepotan kalau harus bolak-balik setiap hari.

3. Taman Hewan

taman hewanIni patokan kalau kos-kosan kamu berada di kawasan Taman Hewan. Bukan kos-kosannya loh ya...

Budget: $ - $$$

Walaupun namanya Taman Hewan, bukan berarti kos-kosan mahasiswa di sini jadi satu sama kos-kosan hewan, ya. Daerah ini diberi nama Taman Hewan karena lokasinya persis di belakang Kebun Binatang Bandung. Kawasan ini adalah kawasan kos-kosan yang paling dekat dengan kampus ITB. Akses angkotnya pun 24 jam, sehingga kamu nggak perlu khawatir kalau pulang larut malam atau subuh buta... setelah nyubuh di masjid (ciyeee, masa’ sih?)

Kekurangan kawasan Taman Hewan cuma satu—penerangannya minim! Jadi kalau kamu pulang malam (atau subuh *teteup*) dan nggak bawa kendaraan pribadi, jangan kaget kalau tiba-tiba ada yang nepuk pundak kamu dari belakang...

... maksudnya, siapa tahu itu teman kosan kamu yang ngajak pulang bareng!

4. Dago Asri

dago asriDi Dago Asri juga tersedia tempat nge-gym yang kece berat, lho!

Budget: $$$ - $$$$$

Kalau kamu butuh tempat kos yang all-in, Dago Asri lah jawabannya! Soalnya, hampir setiap tempat kos di Dago Asri menyediakan fasilitas lengkap seperti laundry, TV kabel, air hangat, sampai katering. Bahkan ada tempat kos yang memiliki balkon dan basement khusus untuk menyimpan mobil. Duh, ini tempat kos apa hotel, sih? Nggak heran, deh, kalau mayoritas mahasiswa yang ngekos di sini adalah mahasiswa berkantong tebal.

Makanya, jangan kaget kalau di Dago Asri nggak ada kamar kos yang lebih murah dari satu juta per bulan. Jelas, dong. Ada harga ada rupa. Selain itu, Dago Asri merupakan perumahan yang luas, apik, dan memiliki sistem keamanan yang terjamin. Kulinernya pun beragam dan terjangkau. Selain harganya yang mihil dan lokasinya yang sedikit jauh dari kampus ITB, daerah ini nggak punya kekurangan yang berarti.

5. Kanayakan

kanayakan

Budget: $$-$$$$

Kawasan Kanayakan terletak di bagian Timur Dago, berseberangan dengan Dago Asri. Kebanyakan tempat kos di Kanayakan merupakan bangunan baru, sehingga nggak heran kalau harganya sedikit lebih mahal daripada harga tempat-tempat kos serupa di Cisitu atau Pelesiran. Meskipun cukup jauh dari kampus ITB, daerah ini adalah daerah kos-kosan favorit mahasiswa ITB, karena kebanyakan tempat kosnya memiliki fasilitas yang nggak jauh berbeda dengan Dago Asri, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Fun fact! Di Kanayakan, ada sebuah pabrik kerupuk yang lumayan besar. Biasanya, kalau kamu ngekos di dekat pabrik kerupuk ini, kos-kosan kamu pasti menyediakan sekaleng kerupuk gratis setiap hari untuk para penghuninya. Lumayan, ‘kan, bisa jadi penyelamat perut di akhir bulan! *langsung ngemil kerupuk dikecapin pagi-siang-malam*

6. Tubagus Ismail

tubagus ismail

Budget: $ - $$$$$

Tubagus Ismail merupakan daerah kosan favorit SEMUA mahasiswa Bandung, bukan cuma mahasiswa ITB aja. Soalnya, selain karena lokasinya sangat strategis untuk semua perguruan tinggi yang berada di sekitar Dago, Tubagus Ismail juga menyediakan kamar-kamar kos dengan harga variatif, tergantung jarak, lokasi dan fasilitas yang ditawarkan.

Kelebihan dari daerah Tubagus Ismail adalah tata letak bangunannya yang sangat rapi, akses angkotnya yang 24 jam, jalanannya yang lebar, serta keamanannya yang terjamin. Fasilitas di sekitar Tubagus Ismail pun oke punya, seperti minimarket di tiap sudut, berbagai kafe gaul, sampai poliklinik! Kulinernya juga sangat beragam dengan harga yang terjangkau. Kekurangannya, Tubagus Ismail berlokasi sangat dekat dengan Simpang Dago yang sangat rawan macet.

Oya, berbeda dengan daerah kos-kosan lain, semakin jauh jaraknya dari jalan utama, maka harga kamar kos di Tubagus Ismail akan semakin mahal! Kenapa? Soalnya, kebanyakan tempat kos di Tubagus Ismail bagian dalam merupakan bangunan baru dengan fasilitas dan furnitur yang lux.

7. Dipati Ukur

dipati ukurDipati Ukur a.k.a sarangnya mahasiswa kampus tetangga

Budget: $ - $$$

Daerah ini mungkin bukan kawasan kos-kosan yang most wanted untuk mahasiswa ITB, tapi nggak ada salahnya kamu cek-cek kamar kos di daerah ini kalau kamu... ingin cuci mata! Pasalnya, kawasan kos-kosan Dipati Ukur juga dipadati oleh mahasiswa-mahasiswa kampus tetangga, seperti Universitas Padjadjaran, Unikom dan ITHB.

Kelebihan Dipati Ukur adalah, selain punya akses yang oke dan mudah dijangkau, kawasan ini bisa dibilang nggak ada matinya. Rame terus! Kalau kamu mau keluar jam dua malam sekalipun, suasana Dipati Ukur masih sangat ramai dan terang benderang. Harga kamar kos yang ditawarkan pun relatif terjangkau dan pilihan kulinernya sangat beragam. Kekurangannya, kalau kamu nggak suka keramaian yang nonstop, daerah ini mungkin kurang cocok untuk kamu.

***

Selain tempat-tempat di atas, masih ada banyak area kos-kosan lainnya di Bandung, seperti Bangbayang, Dago Barat, Dago Atas, Sekeloa, dan Ciumbuleuit. Akan tetapi, daerah-daerah tersebut cukup jauh dari lokasi kampus ITB, sehingga mayoritas penghuninya pun mahasiswa-mahasiswa kampus tetangga. Tapi nggak ada salahnya juga, sih, kalau kamu mau cek daerah-daerah tersebut. Siapa tahu kosan idaman kamu ada di sana?

Akhir kata, selamat berburu kosan!

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 1 bulan yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1