Keuntungan Kuliah Jarak Jauh

APA? Semester ini kuliah jarak jauh dari rumah lagi??? Memang sih, kuliah jarak jauh itu banyak tantangannya dan pastinya kangen banget sama kampus dan teman-teman. Belum lagi makanan dan tongkrongan di kampus. Namun di balik segala keterbatasan kuliah jarak jauh, ada juga lho, keuntungannya. Yaitu.....

1. Lebih banyak waktu di rumah, terutama untuk anak kos dan anak rantau. Nggak ada lagi homesick kangen rumah, atau batal mudik karena nggak kebagian tiket.

2. Biasanya, perjalann dari rumah jam setengah tujuh pagi. Selesai matkul pertama, harus ke tempat rapat UKM dan nunggu yang lain kumpul. trus balik kuliah lagi sampai menjelang sore. Abis itu perjalanan balik ke rumah (atau kos).

Dengan kuliah jarak jauh dari rumah, perjalanan yang kamu tempuh hanyalah dari kasur, laptop buat belajar, dan kamar mandi. Lebih praktis dan santai, 'kan?

3. Otomatis, waktu pun lebih efisien karena nggak terbuang di jalan.

4. Energi kamu pun bisa dihemat dan lebih nggak capek. Makanya, seharusnya kamu jadi lebih fit. Asalkan nggak mager dan nyemil mulu.

5. Kebayang nggak kalau kamu haus dan lapar pas kuliah berlangsung? Sekarang kamu bisa melakukannya, lho.

6. Bisa mengatur jam belajar sendiri, kecuali untuk beberapa mata kuliah yang harus belajar online secara langsung alias live. Selain itu, kamu bebas menentukan proses belajarnya.

7. Keuangan juga lebih efisien gaes, mengingat uang transportasi, jajan, kos, bisa diirit. Walaupun uang bulanan kamu ikutan didiskon sama mama papa.

8. Makanan juga lebih sehat dan terjamin karena bisa masak dari rumah. Apalagi kalau kamu hobi masak.

9. Jadwal lebih leluasa. Jadi seandainya kamu mesti ke kampung ayah, atau ikut webinar, atau nggak enak badan, tetap bisa kuliah.

10. Ngantuk saat jam kuliah? Bikin kopi. Sakit tapi ada matkul penting? Tetap bisa dilihat di video walau kamu di atas kasur. Semakin fleksibel dan makin mudah untuk mengakses dan mengatur perkuliahan.

11.  Penggunaan air yang “hemat”, karena nggak harus mandi sebelum kuliah. Ehe.

12. Proyek, UTS, UAS, kebanyakan adalah esai. Bukan soal isian yang harus dikerjakan dalam kelas sambil dipelototin dosen. Harusnya sih, ketegangan jadi berkurang, namun tetap aja tantangannya luar biasa.

13. Magang, bimbingan skripsi, rapat organisasi, semua dilakukan jarak jauh secara online sehingga jauh lebih praktis.

14. Kalau dulu kamu nggak bisa mengambil kursus/workshop ini itu karena jadwalnya bentrok, terlalu jauh jaraknya, atau capek bolak baik, kini kamu bisa menjalankannya secara online.

Gimana dengan kamu? Apa keuntungan kuliah jarak jauh yang kamu rasakan?   

(Sumber gambar: pexels.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1