Sebelum Resmi Jadi Maba Universitas Indonesia, Ketahui Dulu 5 Informasi Dasar Ini!

Oleh Akbar Pangestu

Buat kamu para dedek-dedek gmz yang sedang bersiap-siap ikut seleksi Perguruan Tinggi Negeri, mungkin Universitas Indonesia termasuk salah satu PTN incaran kamu.

Nah, kalau kamu pada akhirnya sukses masuk UI, saya mau kasih tahu beberapa informasi tentang universitas ini, nih. Info-infonya, sih, basic banget, tapi penting untuk kamu ketahui, sebelum kamu melangkahkan kaki masuk Gerbang UI sebagai mahasiswa baru. Saelah. Cekidot!

1. Emblem Makara di jaket almamater UI warnanya berbeda-beda, sesuai fakultas kamu

jaket kuning universitas indonesia makara

Lewat jaket almamaternya—the famous yellow jacket itu, lho!—UI menciptakan sistem untuk menunjukkan identitas fakultas masing-masing pemakainya, yaitu lewat warna emblem Makara (simbol Universitas Indonesia) yang harus ditempel di sebelah dada kiri jaket. Sebagai contoh, emblem Makara Fakultas Hukum berwarna merah, emblem Makara Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya berwarna putih, emblem Makara Fakultas Ekonomi berwarna abu-abu, dan sebagainya. Warna-warni, deh, pokoknya.

Jadi, kalau penasaran sama fakultasnya seorang senior yang kamu kecengin, kamu nggak perlu repot kepo. Lihat aja warna Makara di jaket almamaternya. Ketahuan, deh, dia dari fakultas mana!

2. Ospek masih ada nggak di UI? Masih!

Kalau masuk UI, siap-siap, deh, menghadapi serangkaian Ospek yang nggak kunjung habisnya. Mulai dari Ospek tingkat universitas, fakultas, hingga jurusan kalian nantinya.

Ospek UI nggak (terlalu) kejam, kok. Palingan, selama masa Ospek berlangsung, kamu harus selalu memakai baju yang sama, di tempat yang sama, bersama kerumunan yang sama. Yup, selama Ospek, Maba diharuskan memakai baju putih-putih terus, dan cuma boleh nongkrong di tempat khusus Maba. Kamu pun otomatis bakal bergerombol sama teman-teman Maba juga, sih, kecuali mau nekat sok asyik nongkrong di kantin tongkrongan senior.

Kalau kamu malas ikut Ospek, kadang-kadang ada konsekuensinya, lho. Misalnya, jaket almamater kamu bisa ditahan. Hiks.

3. Kamu bakal punya Kartu Tanda Mahasiswa yang multiguna

Kartu Tanda Mahasiswa UI bukan kartu mahasiswa biasa, sob. Soalnya, selain berfungsi untuk menunjukkan identitas kemahasiswaan kamu, kartu ini memiliki banyak kegunaan lain, misalnya untuk akses meminjam sepeda dan meminjam buku di perpustakaan. Namun yang lebih canggih, Kartu Tanda Mahasiswa UI ini dilengkapi oleh TapCash, sehingga bisa dipakai untuk akses commuter line Jabodetabek dan busway. Sakti!

4. Siap-siap nongkrong terus di Crystal of Knowledge

universitas indonesia

Tahu Crystal of Knowledge? Yup, perpustakaan pusat Universitas Indonesia! Namanya aja udah keren ya, sob, gimana isinya. Memang, perpustakaan ini sudah jadi landmark UI karena bangunannya yang megah, dan fasilitasnya yang komplit. Nggak heran kalau Crystal of Knowledge menjadi pusat kegiatan untuk semua mahasiswa UI.

Fasilitasnya ada apa, sih? Di antaranya, ada gym (Gold’s Gym), berbagai coffee shop, toko buku internasional (Books & Beyond), berbagai restoran, sampai mini market (Indomaret). Widih!

5.  SIAK-NG akan menjadi situs paling “sakral” buat kamu

Saya cuma punya satu kata untuk mendeskripsikan SIAK-NG: sakral, men.

SIAK-NG adalah website akademis resmi mahasiswa UI, dan di situs inilah kamu akan mengisi Isian Rencana Studi di awal semester—alias memilih mata kuliah—lalu mengecek nilai di akhir semester. Sakral (dan bikin senewen) ‘kan?

Jadi jangan heran kalau di akhir semester, banyak mahasiswa UI yang marah-marah atau nangis di depan layar monitor laptop atau hape mereka. Pasti lagi pada cek nilai di SIAK-NG, tuh.

siak ng ui

***

Begitulah lima informasi penting buat kamu, para calon Kampus Kuning ini. Ditunggu kedatangannya di kampus perjuangan, ya!

(sumber gambar: panoramio.com, dowith-passion.blogspot.co.id/dok perpustakaan UI, anakui.com, pedidikanindonesia.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1