Menu

10 Tanda Kamu Anak IPA, Tapi Hatinya IPS. Ejiyeeee!

Pas masuk SMA, kamu bakal dijuruskan masuk kelas IPA, IPS, atau Bahasa. Tujuannya, sih, supaya kamu bisa belajar dengan terarah dan memantapkan cita-cita. Sayangnya, setiap tahun ada banyak siswa yang salah pilih jurusan, memilih dengan setengah hati, atau memilih  ikut-ikutan.

Biasanya, begini nih, tanda-tanda kalau kamu anak IPA tapi hatinya nyangkut di IPS. #ejiyeeee

1. Kalau dipikir-pikir, kamu masuk IPA bukan karena kamu berminat untuk mendalami pelajarannya. Bukan pula demi jurusan kuliah yang kamu cita-citakan. Kamu masuk IPA karena gengsi (hari gini masih mikirin gengsi, sob?!), dorongan ortu/orang lain, atau karena kamu sendiri masih bingung dengan pilihanmu.

2. Kurang excited dengan berbagai proyek praktikum yang kamu jalani di sekolah.

3. Nggak enjoy menjalani kegiatan belajar mengajar di kelas IPA. Akhirnya, kamu hanya belajar demi mengejar nilai. Yiah!

4. Kamu suka membahas sesuatu dengan panjang lebar serta menjabarkan berbagai asumsi. Sebaliknya, kamu kurang tertarik sama sesuatu yang berhubungan dengan rumus dan ilmu pasti.

5. Sering berpikir, “Wow, seru ya, jurusan IPS...” sambil curi-curi pandang ke gebetan kelas IPS.

ipa ips diskusi

6. Asyik banget saat berdiskusi dengan teman-teman IPS seputar masalah sosial, politik, atau ekonomi. Sebaliknya, kamu jarang banget berdiskusi dengan sesama anak IPA.

7. Kalau ditanyak ingin lanjut kuliah di jurusan apa, pilihanmu kebanyakan adalah jurusan bidang IPS. FYI, jurusan kuliah di Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Komunikasi, Ekonomi dan Ilmu Budaya termasuk ke dalam program IPS. Sedangkan jurusan kuliah Psikologi di beberapa kampus, termasuk di Universitas Indonesia, adalah jurusan IPS.

8. Begitu pula kalau mikirin soal profesi dan karier di masa depan. Lagi-lagi pilihanmu justru jatuh ke bidang IPS.

9. Bisa juga, awalnya kamu belum tahu ingin mengambil jurusan kuliah—apalagi karier—apa. Eh, setelah masuk IPA, kamu malah tambah clueless dan nggak berminat mendalami salah satu bidang yang dipelajari di kelas.

10. Kamu suka baca buku yang membahas politik, bisnis, psikologi, sosial kemasyarakatan, tren, dan sejenisnya. Sebaliknya, kamu nggak suka dengan buku-buku yang membahas hal-hal teknis dan bidang IPA.

(sumber gambar: bksman6Cirebon.wordpress.com, gess.ethz.ch)

LATEST COMMENT
noer yahya | 1 hari yang lalu

Kalo statistik di psikologi itu langsung terapan ya kak. Biasanya langsung yang buat nguji alat tes dan hasil penelitian. Kalo ditanya gampang jawabannya ya SUSAH. Tapi nanti ada alat bantunya kok

Q & A Bedah Jurusan Kuliah Psikologi
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Ada isu yang beredar. Tapi sejauh ini tidak ada pemberitahuan bahwa tidak boleh lintas jurusan di SBMPTN. Sedangkan pada SNMPTN, tiap kampus memiliki aturan tersendiri mengenai boleh atau tidaknya lintas jurusan. Namun pihak penyelenggara tidak menyarankan hal tersebut (lintas jurusan di SNMPTN).

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
fauzyiahputri | 3 hari yang lalu

Kak mau tanya. Apakah benar tahun 2020 tidak boleh pindah jurusan?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Tisam Ali | 4 hari yang lalu

Setahu kami, mata pelajaran yang umum.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Tisam Ali | 4 hari yang lalu

Pendaftaran SNMPTN gratis. Namun setelah masuk kamu perlu membayar biaya kuliah sesuai kebijakan kampus. Untuk keringanan/beasiswa, bisa mengikuti program Bidikmisi.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©