6 Jurusan Sepi Peminat dengan Potensi Gaji yang Fantastis Bagi Para Lulusannya!

Banyak sekali anggapan bahwa ketika kamu masuk jurusan yang ramai peminat, maka, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, kamu pun memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan gaji yang lebih besar. Anggapan seperti ini, di setiap generasinya pasti selalu ada.

Hmm... Kenapa sih, anggapan seperti itu selalu ada di setiap tahun ketika kamu hendak memilih suatu jurusan untuk melanjutkan studimu? Well, anggapan tersebut ada karena pada dasarmya, jauh di zaman dulu, pekerjaan hanya terbatas seputar yang berhubungan dengan ilmu-ilmu tertentu. Maka dari itu, untuk mencapai permintaan lapangan pekerjaan, jurusan-jurusan yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut banyak peminatnya.

Meskipun di masa sekarang pekerjaan sudah memiliki banyak ragam, tetapi, pemikiran dulu itu selalu bergulir di setiap tahunnya. Sehingga, anggapan bahwa jurusan yang ramai peminat akan mempermudahkanmu mendapatkan kerja dan juga gaji yang tinggi. Well, padahal nih, gaes, jurusan yang sepi peminat pun ada kok yang menawarkan gaji tinggi untuk para lulusannya. Hmm... Ada jurusan apa saja, ya?

1. Oseanografi

oseanografi

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Perilaku laut memang susah untuk diprediksi, gelombang yang tinggi, tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan lain sebagainya. Nah, karena hal tersebut, Oseanografi sangat menarik untuk didalami dan dipelajari.

Nah, kalau kamu masuk jurusan yang satu ini, kamu akan belajar tentang banyak hal, nih, gaes. Diantaranya adalah belajar Kalkulus, Fisika, Kimia, Matematika, Komputasi Oseanografi, Geologi Dasar, Motede Numerik Oseanografi, Hidro Dinamika dan sebagainya. Pokoknya, ketika kamu masuk jurusan yang satu ini, kamu akan mempelajari beberapa pelajaran SMA secara mendalam seperti Fisika, Kimia, Matematika dan Geografi.

Kalau kamu lulus dari jurusan ini dan mencari pekerjaan, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi, lho. Kenapa, sih, kok, lulusan jurusaj ini memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji yang tinggi? Well, jawabannya adalah karena Indonesia sendiri terdiri atas enam puluh persen lautan yang masih belum ditelusuri lebih lanjut, sehingga mereka yang lulus dari jurusan ini dibutuhkan sekali di dunia kerja dalam hal tersebut. Nah, gaji yang bisa didapatkan freshgraduate jurusan ini ialah sekitar sepuluh juta rupiah per tahun. Wah-wah...

2. Pengobatan Tradisional

Jaman sekarang, banyak dari kamu yang ingin sekali menjadi apoteker. Padahal, selain apoteker, ada juga, lho jurusan yang fokus pada pengobatan tradisional. Jurusan  yang satu ini sangat lah unik, karena disini kamu akan mempelajari berbagai metode pengobatan tradisional yang menggunakan bahan-bahan yang didapat dari alam dan diolah sendiri.

Pembelajaran di jurusan ini cenderung mengarah ke studi kedokteran timur atau dikenal dengan istilah Traditional Chinese Medicine (TCM). Di sini kamu akan belajar meracik obat-obat herbal, tentunya dengan tanaman asli Indonesia. Lalu kamu juga akan belajar menggunakan jarum akupuntur, dan bagaimana melakukan akupuntur dengan memahami teori Yin dan Yang dan teori lainnya. Kamu juga akan belajar teknik pijat memijat, lho. Bukan sembarang pijat, tapi dengan keahlian accupressure. Selain itu, kamu pun akan mendapatkan ilmu tentang gizi, lho.

Nah, dengan mempelajari hal ini, kamu bisa mendapatkan gaji atau pendapatan hingga ratusan juta, lho. Kok bisa? Ya bisa, dong! Kamu bisa menjual ramuan yang telah kamu pelajari yang memberikan banyak manfaat. Selain itu, kamu juga bisa membuka klinik akupuntur atau pijat accupressure-mu sendiri.

3. Pendidikan Luar Biasa

Berbeda dengan jurusan fakultas ilmu pendidikan yang lain, jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) lebih spesifik bagi para mahasiswa yang ingin menjadi tenaga pengajar untuk anak-anak yang mempunyai kebutuhan khusus. Jurusan ini membekali para mahasiswa yang kelak akan menjadi pengajar anak-anak berkebutuhan untuk mampu merancang proses pembelajaran dan cara berkomunikasi sesuai dengan keperluan peserta didik.

Ketika kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal seperti Pendidikan Anak Tunanetra, Pendidikan Anak Tunagrahita, Pendidikan Anak Tunarungu, Pendidikan Anak Tunadaksa, Pendidikan Anak Kebutuhan Khusus Lainnya (misalnya seperti autisme dan sebagainya) dan sebagainya.

Biasanya, ketika kamu lulus dari jurusan yang satu ini, kamu akan memiliki peluang kerja yang besar, lho. Isu disabilitas kini telah mendapat banyak perhatian dari masyarakat maupun pemerintah. Pemenuhan hak bagi komunitas disabilitas pun mulai dilakukan di berbagai bidang, salah satunya pendidikan. Munculnya sekolah-sekolah inklusif yang menerima siswa difabel turut meningkatkan kebutuhan akan tenaga pengajar yang paham mengenai pendidikan luar biasa. Nah, karena hal tersebut, para pendidik luar biasa akan mendapatkan gaji yang cukup besar dibandingkan pendidik pada umumnya.

4. Sosiologi

Ilmu Sosiologi mempelajari interaksi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain dan pengaruhnya terhadap terbentuknya struktur sosial masyarakat. Mereka mencari penyebab perubahan situasi masyarakat, mengkaji akibat yang dihasilkan, dan mencari solusinya. Dengan cakupannya yang sangat luas, Sosiologi bisa dikerucutkan menjadi beberapa sub program studi seperti Sosiologi Industri, Sosiologi Lingkungan, dan Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Gender, dan lain sebagainya.

Nah, kalau kamu berkuliah di jurusan ini, selain kamu memiliki prospek kerja yang luas, kamu pun memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji yang besar, lho. Dengan menjadi lulusan Sosiologi, kamu bisa menjadi seorang market research yang minimal gaji sekitar lima juta rupiah, bekerja menjadi seorang copywriter dengan gaji di atas lima juta dan sebagainya.

5. Sendratasik

Program studi Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) adalah salah satu jurusan yang responsif dan berkepentingan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kegiatan pengkajian ilmu dengan meneliti  dan kegiatan penciptaan karya seni dengan pementasan karya seni terkait langsung dengan tujuan universitas yang konstruktif dan visible pada bidang eksakta, sosial, maupun humaniora.

Setelah kamu lulus dari jurusan ini kamu memiliki prospek kerja yang luas, nih, gaes seperti menjadu seorang penyanyi, seorang komposer musik, seorang koreografer, seorang aktor dan sebagainya. Biasanya, ketika kamu bekerja dalam ranah seni akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji atau pendapatan yang cukup besar.

6. Aktuaria

aktuaria

Jurusan Aktuaria mempelajari bidang matematika yang kerap kali disebut sebagai “Matematika Asuransi”. Ilmu Aktuaria sendiri adalah ilmu tentang asuransi, alias pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Mahasiswa Aktuaria akan mendapatkan mata kuliah-mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Nah, setelah kamu lulus dari jurusan yang satu ini, kamu bisa menjadi seorang Aktuaris,nih, gaes. Selain Aktuaris, kamu juga bisa menjadi seorang Penilai, Pemeriksa dan Penyelidik Klaim Asuransi, Agen Penjualan Asuransi, Surveyor Resiko Asuransi dan sebagainya. Kamu yang bekerja dalam ranah ini memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji sebesar puluhan juta per bulan, lho!

***

Yap! Itulah kesepuluh jurusan yang sepi peminat namun lulusannya memiliki kesempatan untik mendapatkan gaji yang besar. Di dunia pekerjaan yang sudah beragam ini, sudah seharusnya kamu mencoba untuk masuk dan belajar tentang jurusan-jurusan yang anti-mainstream, nih, gaes. Kenyataannya, jurusan yang anti-mainstream dan memiliki jarang peminat sama-sama memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang besar. Setelah mengetahui hal ini, apakah kamu tertarik untuk masuk jurusan yang anti-mainstream dan jarang peminatnya, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: blog.ruangguru.com, idntimes.com, timeshighereducation.com)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 17 jam yang lalu

Hai Bella, setahu kami,kamu harus mendaftarkan diri mulai 1 April mendatang. Simak informasi pendaftaran di atas.

Serba-Serbi Kartu Prakerja: Mulai April 2020, Dapat 1 Juta Per Bulan
Bella Salima | 18 jam yang lalu

Sekarang aku sedang ikut pelatihan kerja di balai latihan kerja. Dan sekarang libur karena kondisi lockdown. Apakah setelah selesai pelatihan akan mendapat kartu prakerja ?

Serba-Serbi Kartu Prakerja: Mulai April 2020, Dapat 1 Juta Per Bulan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1