5 Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Senang Berimajinasi

Setiap orang pasti memiliki imajinasinya sendiri terhadap suatu hal. Imajinasi ini pastinya beragam banget, ada yang suka berimajinasi tentang artis favoritnya, ada yang suka berimajinasi tentang suatu hal yang diluar nalar dan logika dan sebagainya. Nah, imajinasi ini pun merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa yang patut banget untuk kita syukuri. Dari semua makhluk hidup, hanya manusialah yang memiliki kemampuan untuk berimajinasi. Jadi, masa iya, sih, nggak mau bersyukur atas apa yang telah diberikan?

Nah, setiap orang pasti menggunakan imajinasi dalam hal yang berbeda-beda, nih, gaes. Ada yang berimajinasi hanya untuk kepuasan diri saja, ada yang berimajinasi lalu menjadi suatu film atau animasi, ada yang berimajinasi sehingga terbitlah suatu buku yang dikarangnya dan ada juga yang berimajinasi hanya untuk dipakai... Ya... Kalau kata anak sekarang, sih, halu.

Hmm... Well, sebenarnya banget, nih, kalau kamu menggunakan imajinasimu untuk berkarya, tetapi, kalau kamu memiliki daya imajinasi yang tinggi namun hanya digunakan untuk halu alias halusinasi, berkhayal atau mengkhayalkan sesuatu, ada baiknya kalau kamu gunakan imajinasimu untuk suatu karya. Nah, untuk mengasah hal tersebut, coba yuk, masuk jurusan-jurusan berikut ini yang dimana imajinasimu akan sering digunakan!

1. Jurusan Sendratasik (Seni, Drama, Tari, dan Musik) 

Siapa disini yang suka dengan drama? Yap! Ketika kamu sedang melakukan drama, hal teraebut sudah membuktikan bahwa kamu adalah seseorang yang memiliki daya imajinasi yang baik. Ketika kamu sedang melakukan drama, kamu pasti akan berimajinasi bahwa kamu adalah seseorang yang sesuai dengan peranmu, maka, kamu akan berusaha sebaik mungkin berimajinasi dan memeran peran tersebut. Kamu akan mengikuti bagaimana sifat dari peranmu, bagaimana peranmu selalu bertindak, bagaimana cara pikir dari peranmu dan sebagainya.

Selain suka dengan drama, kalau kamu suka berimajinasi dalam membuat suatu tarian yang bagus, membuat suatu musik pengiring yang bagus, nah, kamu, cocok banget nih untuk berkuliah di Jurusan Sendratasik. Pada jurusan ini kamu akan banyak belajar tentang seni, drama dan juga tari.

Lebih spesifiknya, pada jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai hal terkait seni, drama, tari dan musik seperti Teori Gerak Dasar Tari, Solfegio, Paduan Suara, Teori Musik, Teori Drama, Sejarah Seni Pertunjukan, Dasar-dasar Drama Melayu, Teknik Tata Pentas, Komposisi Musik, Estetika, Manajemen Kreatif Seni dan Koreografi. Seru kan?

Kalau kamu lulus dari jurusan ini, kamu memiliki banyak profesi yang bisa kamu pilih, lho, diantaranya adalah bekerja sebagai aktor atau aktris, bekerja menjadi seorang sutradara, koreografer, pemusik dan sebagainya. Kalau kamu ingin bekerja di ranah pendidikan juga bisa. Kamu bisa bekerja menjadi seorang guru musik atau guru tari. Kamu pun juga bisa bekerja menjadi seorang dosen Jurusan Sendratasik, lho.

2. jurusan Desain Komunikasi Visual 

jurusan desain komunikasi visual

Seperti yang kita tahu, jurusan Desain Komunikasi Visual merupakan jurusan dimana kamu harus menggambar ayau mendesain suatu hal agar bisa gambar dan desain tersebut dapat menyampaikan pesan yang ingin kamu sampaikan. Sudah sangat jelas disini bahwa kamu akan membutuhkan imajinasimu.

Pada jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal, nih, gaes, diantaranya adalah Rupa Dasar 3D, Tipologi Dasar, Ilustrasi Dasar, Ilustrasi Aplikatif, Fotografi Aplikatif, Metode Produksi, Komunikasi Visual, Komunikasi Visual Multimedia, Animasi, Narasi Visual, Motion Graphic, Bahasa Rupa, Tinjauan Desain dan sebagainya.

Nah, dari mata pelajaran yang sudah disebutkan di atas, kamu pastinya sudah tahu dong bahwa kamu akan memiliki kemampuan di berbagai bidang seperti fotografi, ilustrasi, animasi dan sebagainya. Ketika kamu memiliki banyak kemampuan diberbagai bidang, maka, kamu pun akan memiliki pilihan profesi yang cukup luas. Profesi yang bisa kamu pilih setelah lulus dari jurusan DKV ialah Desainer video game, Animator, Fotografer, Sutradara, kurator Seni dan sebagainya. Buat kamu yang suka banget berimajinasi, bisa banget, nih, masuk ke jurusan yang satu ini.

3. Jurusan Desain Interior 

Kalau kamu suka dengan mengatur isi rumah, membeli barang-barang yang bisa kamu taruh di rumah, suka main sims karena ingin menghias rumah dan sebagainya, berarti, kamu suka berimajinasi dalam hal tata letak dan estetika dari interior rumah.

Jurusan desain interior mempelajari tentang perancangan tata letak dalam ruangan baik rumah, perkantoran, mall, hotel, layout display gerai, bahkan tata panggung pertunjukan. Perancangan dan penataan tata letak dalam ruangan ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan dan fungsi ruangan dan memberikan rasa nyaman dengan memaksimalkan space ruangan yang ada dan memperindah estetika ruangan. Tentu saja dengan mempertimbangkan aspek-aspek sosial psikologis manusia, serta budget yang dimiliki.

Mata pelajaran yang akan kamu pelajari diantaranya ialah Dasar Seni Rupa dan Desain, Rupa Dasar 2D, Rupa Dasar 3D, Pengantar Rekayasa dan Desain, Tinjauan Arsitektur, Desain Mebel, Tata Suara dan Cahaya Interior, Konstruksi dan Detail Interior, Tipologi Desain Interior dan sebagainya.

Dengan lulus dari Jurusan Desain Interior, kamu bisa menjadi seorang Desainer Interior, Perancang Pameran, Konsultan Arsitek, Perancang panggung dan Set, Desainer Furnitur, Visual Merchandiser dan sebagainya. Nah, dengan kuliah dan bekerja di ranah ini, kamu akan memanfaatkan kemampuanmu dalam berimajinasi.

4. Jurusan Arsitektur 

jurusan arsitek

Nah, siapa disini yang mau menjadi seorang Arsitek? Nah, sebelum kamu menjadi seorang Arsitek, kamu harus mempelajari ilmunya di Jurusan Arsitektur. Nah, pada jurusan ini, kamu akan menggunakan imajinasimu untuk belajar membuat bangunan yang aestetik namun juga kokoh dan aman bagi semua orang. Kamu yang suka berimajinasi dalam membuat rumah di the sims, kamu bisa banget deh masuk jurusan yang satu ini.

Dengan masuk jurusan ini, kamu akan banyak mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Ketika kamu lulus dari jurusan ini, kamu pun memiliki berbagai profesi yang bisa kamu pilih seperti Manajer Arsitektur dan Konstruksi, Arsitek Lanskap, Perencana Kota dan Wilayah, Desain Interior, Ahli Peta Geografi, Drafter Arsitektuk dan sebagainya.

5. Jurusan Tata Busana 

Ketika kamu suka menggambar suatu pakaian, kamu pastinya telah menggunakan imajinasi kamu, nih, gaes. Ketika menggambar pakaian pasti kamu akan memikirkan tentang warnanya, bentuk pakaian tersebut dan bagaimana motif dari pakaian tersebut. Nah, dalam memikirkan semua hal di atas, paati kamu melibatkan imajinasi dan juga kreativitasmu.

Kalau kamu suka menggambar suatu pakaian, maka, kamu cocok banget, lho, untuk masuk ke Jurusan Tata Busana. Pada jurusan ini, kamu akan belajar tentang pola, menjahit, dan seluk beluk produksi busana atau fashion. Nggak Cuma soal produksi, disini kita juga diajarin tentang analisa tren, bagaimana marketing dan manajemen bisnis fashion.

Para lulusan Tata Busana bisa bekerja  sebagai perancang busana atau desainer, desainer tekstil, pattern maker, fashion stylist, fashion illustrator, konsultan fashion, dan jurnalis fashion. Kalau kamu ingin berwirausaha pun bisa, lho.

***

Yap, itulah beberapa jurusan yang bisa banget untuk kamu pilih kalau kamu ingin menggunakan kemampuan imajinasimu sebaik mungkin. Seperti yang sudah disebutkan di atas, memiliki imajinasi merupakan suatu kelebihan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Dengan kelebihan tersebut, ada baiknya kalau kamu menggunakannya sebaik mungkin. Akan lebih baik lagi kalau kamu menggunakan kemampuanmu dalam berimajinasi untuk membuat suatu karya. Nah, maka dari itu, gaes, kalau kamu memiliki daya imajinasi yang tinggi, kamu nggak perlu malu dengan hal tersebut. Kamu hanya perlu mencari satu juruaan yang dapat menyalurkan kemampuanmu ini. Dengan begitu, pasti kamu akan membuat suatu karya yang bagus, menarik dan tentunya juga estetik. Nah, semangat mencoba, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: : blogspot.comidntimes.comthedailybeast.com)

LATEST COMMENT
Friska Amalia | 2 hari yang lalu

Unibraw, Telkom University Malang, dan Binus Malang

Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan
Friska Amalia | 2 hari yang lalu

ada nya D3 nih di Binus Malang dan Unibraw

Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1