Kembali Sekolah Tatap Muka: 10 Hal yang Perlu Diperhatikan

Akhirnya, sekolah tatap muka datang juga. Setelah hampir 1,5 tahun pembelajaran jarak jauh, memasuki bulan September 2021 sekolah tatap muka mulai diselenggarakan di banyak wilayah Indonesia termasuk di kota besar. Tunggu dulu, sekolah tatap muka ini sama sekali nggak sama dengan dulu. Dan kemungkinan besar, berbeda dari apa yang ada di bayanganmu. Inilah 10 hal yang perlu kamu perhatikan saat kembali sekolah tatap muka.

1.Jam super singkat dipadatkan serta nggak bisa setiap hari. Pembelajaran tatap muka berdasarkan peraturan pemerintah pusat, pemda, dan kesepatakatan orang tua. Salah satu poin pentingnya adalah batasan jumlah siswa dan batasan jam sekolah. Pembatasan tersebut dilakukan untuk mencegah penularan virus.

Alhasil, bisa jadi hanya sekolah 2 kali seminggu dengan durasi sekitar 2-3 jam. Kamu harus pandai memanfaatkan dan memaksimalkan waktu yang sangat sempit tersebut. Mesti ekstra fokus.

2. Tetap ada pembelajaran jarak jauh. Jangan pikir nggak ada lagi Google Meeting, Zoom, upload tugas, dan teman-temannya. Belajar di sekolah nggak setiap hari, cuma 3 jam pula! So, tetap persiapkan perlengkapan belajar jarak jauh, ya.

3. No social-social club! Haha-hihi, hang out sama temen di kantin atau selasar sekolah merupakan hal yang paling dikangenin. Sayangnya, ini juga harus direm ketika sekolah tatap muka. Kamu nggak bisa berlama lama di sekolah dan tetap harus jaga jarak. Pokoknya interaksinya sangat terbatas.

4. Kemungkinan nggak ketemu dengan teman. Karena kuota yang masuk dibatasi, maka tiap sesi hanya diisi sebagian murid. Mungkin saja kamu dan teman akrabmu memiliki jadwal masuk yang berbeda, sehingga nggak bakal ketemuan. Atau bisa juga dia memilih untuk tetap PJJ (pembelajaran jarak jauh). Sebab pilihan full PJJ juga diperbolehkan.

5. Nggak banyak kegiatan. Ya, di awal tatap muka, kegiatannya dipadatkan pada agenda akademik. Nggak ada ekskul tatap muka, pensi, ataupun kegiatan off air lainnya.

6. Nggak ada kantin sekolah!

7. Agak batuk dikit, jangan ke sekolah. Begitupula jika kamu mengalami badan anget, keluarga di rumah ada yang sakit, atau baru kembali dari luar kota. Untuk lebih jelasnya, cek peraturan di sekolahmu, ya.   

8. Nggak ada AC di kelas. Bagi yang terbiasa belajar di ruang tertutup full AC, harus membiasakan diri dengan perubahan ini. Ruang kelas akan dibuka untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga mengurangi risiko penularan virus.

9. Ruangan dan fasilitas sekolah juga dibatasi. Nggak boleh main di lapangaan olahraga, perpustakaan diperketat, laboratorium, ruang audio visual, dan lainnya juga dibatasi (bahkan ditutup!)

10. Tidak semudah itu, kawan!. Seperti halnya ketika kamu berjuang menyesuaikan diri dengan pembelajaran jarak jauh dulu, kamu juga akan kembali berusaha beradaptasi dengan tatap muka gaya baru ini. Bisa jadi ini akan bikin kamu capek (karena tetap ada sesi PJJ) atau merasa nggak efektif. Wajar jika belajar tataap muka nggak langsung berjalan mulus. Tetap berusaha, agar lebih baik lagi.

***

Pilih PJJ atau ikutan tatap muka, keputusan ada di tangan kalian (dan ortu). Namun bagi yang akan sekolah tatap muka, Rencanamu ingin mengingatkan agar menjalankan  protokol kesehatan dengan benar. Jangan sekadar jargon, seperti yang seriiing banget terjadi. Pakai masker yang sesuai dengan standar, dan kenakan dengan benar. Ingat hidung mulut mesti ketutup, jangan dipake buat maskerin dagu. Cuci tangan bukan formalitas, begitupula dengan menjaga jarak. Jika kendor sama prokes, yang rugi juga kalian sendiri.

(Sumber gambar: Pixabay)

  

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 24 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1