Mengapa Kita Mendadak Ingin Merapikan Kamar Saat Harus Belajar Untuk Ujian?

Di momen krusial menjelang ujian, yang mana seharusnya kamu sibuk belajar, eh malah kepengen banget merapikan kamar dan mengubah tatanannya.  Ketika ada deadline tugas yang mepet, pengerjaannya jadi tertunda gara gara kamu asyik beberes lemari pakaian. Familiar dengan kisah di atas?

Well, you are not alone. Banyak orang yang merasakan dorongan mendadak untuk berbenah di saat “genting”, seperti ketika harus belajar untuk tes besok atau saat harus segera menyelesaikan pekerjaan.

Menurut Marie Kondo, penulis buku The Life Changing Magic of Tidying Up, banyak orang merasakan hasrat untuk berbenah ketika berada di dalam tekanan.  Marie pun mengalami hal serupa ketika masih sekolah dulu. Di malam sebelum ujian, ia nggak bisa belajar dan malah mengumpulkan kertas fotokopian, menata buku di rak, serta membongkari laci meja belajar hingga tanpa terasa sudah pukul 02.30 dini hari. Waduh!

Anehnya, setelah ujian berlalu, keinginan menggebu untuk beberes pun hilang. Saat selow, malah mager! Menurut Marie Kondo, dorongan mendadak untuk merapikan segala sesuatunya disebabkan tekanan yang dihadapi. Tanpa disadari, diri kita merasa perlu membereskan atau menuntaskan sesuatu.

Walaupun berberes dan rapi-rapi sangat baik untuk dirimu, tapi kalau dilakukan di saat yang nggak pas (malam sebelum UAS, misalnya), jadi kacau juga. Yup, yang seharusnya kamu mengulang materi dan istirahat untuk persiapan besok, malah menghabiskan malam dengan menguras energi. Ujian jadi nggak maksimal, manfaat bebenah pun kurang terasa.

Ingat Prioritas, Hingga Atur Nafas

Jadi, apa yang bisa kamu lakukan saat hasrat merapikan membuncah menjelang ujian atau saat batas pengumpulan tugas?

a. Ingatkan prioritasmu. Tahan diri dan lakukan apa yang menjadi prioritasmu. Meskipun tangan “gatel” ini membereskan ini itu, kamu harus tahu apa yang butuh menjadi fokusmu saat itu.

b. Jauhkan distraksi. Kamu pengen banget mengubah posisi lemari dan merapikan kamar saat harus belajar. Maka, coba belajar di luar kamar. Distraksi beberes ini bukan soal kamar aja lho, bisa pengen menyusun benda koleksi, menyortir file foto di hape, dan lainnya. Untuk sementara, jauhkan hal tersebut dari dirimu.

c. Kamu juga bisa bebenah seminggu sebelum pekan ujian. Dengan demikian kamar sudah rapi. Lagipula lebih enak dan mudah belajar jika segala sesuatunya teratur.

d. Jika telanjur (karena nggak tahan) membereskan kertas fotokopian, atau rak buku. Stop right there! Jangan diteruskan, salurkan energi serta perhatianmu pada hal yang mesti dikerjakan.

e. Tenangkan diri. Bisa dengan istirahat sejenak, mengatur nafas, dan makan. Sebab semakin gelisah dan kalut, keinginan beberes (dan godaan untuk melenceng dari tujuan utama, yakni belajar) akan semakin besar.   

(sumber gambar: Photo by Wendelin Jacober from Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1