Menu

5 Cara Untuk Terus Mendapat Ilmu, Walaupun Sudah Nggak Sekolah Lagi

Oleh Dewa Made Rai

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa yang namanya belajar dan mencari ilmu itu harus di sekolah atau kampus. Nah, kalau begitu, setelah kamu lulus kuliah—trus belum bekerja—apakah berarti kamu nggak bisa menuntut ilmu? Trus, gimana kalau kamu lagi liburan panjang?

Nope! You definitely still can learn outside classroom!

Youthmanual kasih tahu, nih, beberapa ide untuk mengisi masa “nganggur” kamu dengan berfaedah.

1. Belajar Bahasa Asing

Seperti yang sudah berulang-ulang kali Youthmanual ingatkan, Masyarakat Ekonomi sudah dibuka, lho. Jadi, selama lima tahun ke depan, saingan kerja kamu bukan cuma anak-anak muda dari Indonesia, tetapi juga dari negara-negara tetangga. Beraaaat! Sebaliknya, kamu juga bisa cari duit di negara tetangga. Buka warteg di Thailand, mungkin? Dengan demikian, belajar bahasa lain selain bahasa Inggris, tuh, penting banget, demi untuk meningkatkan nilai “jual” kamu saat mulai berkarier nanti.

2. Memperbanyak Kosakata

kosakata youthmanual

Kok bisa, ya, orang-orang “tinggi”—seperti para CEO atau Presiden—public speaking dengan tatanan bahasa yang baik dan kosakata yang canggih? Nggak usah jauh-jauh, deh. Senior di kampus yang sudah bekerja aja bisa berbicara dengan lebih advanced daripada kita. Padahal sama-sama dalam bahasa Indonesia, kok.

Hal tersebut karena mereka selalu memperkaya kosakata mereka, secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini penting, karena ketika kamu bekerja nanti, misalnya, gaya bicara kamu ke atasan kamu tentunya nggak bisa disamakan dengan gaya bahasa kamu ke teman-teman kampus. Itulah kenapa, kalau lagi “nganggur” atau libur kuliah, perkayalah khasanah berbahasa kamu. Jangan cuma jago ngomong, “Kilab, kuy!”. Kamu juga harus bisa luwes berbicara seperti, “Saya senang dengan usulan Bapak. Sangat menggugah perspektif saya!” Luar biasa…

3. Ambil Kursus Gratis Online

Selama “nganggur”, coba, deh, ambil beberapa kursus gratis online. Otak, tuh, seperti sebuah pisau. Jika jarang diasah, maka semakin lama akan semakin tumpul. Mengikuti kursus keahlian tentunya bakal bikin kamu lebih aktif dan lebih ahli dalam hal-hal tertentu. Bahkan kadang kamu bisa mendapatkan sertifikat dari kursus yang kamu ikuti tersebut.

4. Mulai Berbisnis

Kenapa kamu harus coba mulai berbisnis? Karena buka usaha nggak hanya sekedar jualan. Entrepreneurship bakal mengajari kamu banyak soft skills, mulai dari manajemen tim, manajemen waktu, public speaking, promo produk, pitching, dan banyak lainnya. Lagipula, kalau kamu memang bercita-cita jadi entrepreneur, kamu nggak akan bisa bikin bisnis trus langsung sukses dalam 6 bulan ke depan. Kemampuan entrepreneurship adalah life skill, dan nggak bisa langsung terbentuk dalam setahun. Jadi kenapa nggak latihan dari sekarang?

5. Belajar Memainkan Alat Musik

main musik youthmanual

Selama kuliah, pernah nggak kamu punya keinginan bisa memainkan alat musik? Nah, periode “nganggur” ini adalah saat yang tepat untuk belajar alat musik, gaes! Jika kamu nggak punya budget untuk ikut les, jangan khawatir, di Youtube, ada ratusan tutorial dasar hingga tutorial memainkan berbagai macam lagu. Jadi tunggu apalagi? Siapa tahu nanti, ketika sudah kerja, kamu menghadapi masalah berat di kantor, trus kamu “curhat” lewat lagu ciptaan kamu, eeeh tau-tau lagunya nge-hits! Hehehe.

Jadi, walaupun lagi “nganggur”, nggak ada alasan dong, ya, untuk nggak terus menuntut ilmu. Dan kalau kamu mempraktekkan minimal satuuu aja di antara lima hal di atas, dijamin, kamu bakal mendapatkan pengalaman baru yang akan membuka pikiranmu. Selamat mencoba!

(sumber gambar: student.societyforscience.org, notonthehighstreet.com, evansincorporated.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 20 jam yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©