Menu

5 Tempat Belajar Membuat Aplikasi Mobile (dan Berbagai Ilmu Digital Lainnya)

Rasanya percuma, deh, punya mobile gadget kalau nggak diisi dengan berbagai aplikasi seru dan berfaedah. Zaman sekarang, mobile gadget memang nggak mungkin terlepas dari berbagai aplikasinya.

Pernah terpikir nggak, sih, untuk bikin aplikasi sendiri? Seru kali, ya. Nah, kebetulan, di Indonesia memang ada beberapa tempat belajar membuat aplikasi. Berikut beberapa di antaranya.

Ima Studio
imastudio.co.id
Jl. Anggrek Cendrawasih II Blok J No.14A, RT4/RW3
Slipi, Palmerah
Jakarta Barat

Kalau kamu ingin belajar ilmu pembuatan aplikasi, tapi sama sekali belum tahu apa-apa, jangan khawatir, sob! Soalnya IMA Studio menyediakan kelas dari basic banget, yang mengajarkan cara membuat aplikasi di Android dan iOS benar-benar dari nol.

Kalau sudah paham dasar-dasarnya, kamu bisa lanjut ikut kelas yang lebih spesifik, berhubung IMA Studio juga mengajarkan cara membuat aplikasi ojek online, ticketing online, market place online, sampai cara membangun portal berita online.

IMA Studio juga rajin mengadakan roadshow pelatihan ke kota-kota di Indonesia, seperti di Bali, Padang, Batam, Makassar, Palembang, Medan, Bali, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Lampung.

Kisaran harga kelasnya relatif murah, yaitu antara 2-3 juta rupiah untuk kurang lebih 5 hari belajar, plus biaya pendaftaran sebesar 100 ribu rupiah. Isi kelas minimal 2 orang, dan maksimal 12 orang.

Karisma Academy
karismaacademy.com
Jl Watu Gong No.18, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru,
Malang, Jawa Timur
0341-2995599

Karisma Academy adalah sebuah perusahaan yang memberikan pelatihan software, termasuk aplikasi mobile. Untuk aplikasi mobile, kamu bisa belajar cara membuat aplikasi website dengan tampilan profesional, lengkap dengan fitur yang dinamis berbasis Content Management System (CMS).

Setelah lulus, nanti kamu bisa membuat aplikasi yang dinamis dalam berbagai bentuk, entah itu portal berita, company profile, ataupun e-commerce.

Karisma Academy yang berada di kota Malang ini sudah berdiri selama 10 tahun, lho. Nggak heran kalo alumnusnya sudah mencapai 5000-an orang! Dari dulu, Karisma Academy sering ngasih pelatihan dan sampai sekarang mereka masih dipercaya oleh ratusan perusahaan buat ngasih training di sana-sini.

Mataweb
matawebsite.com
Ruko Alexandrite 2 No.30 Gading Serpong Tangerang
021-54212191 / 085100084723

Mataweb Media Teknologi yang sudah berdiri sejak tahun 2012 ini menyediakan berbagai kursus yang berbasis online, seperti kursus webdesign, SEO, graphic design, digital photography, dan sebagainya. Terntunya termasuk kursus membuat aplikasi mobile, ya.

Kalau kamu belajar bikin aplikasi di sini, kamu bakal diberi tugas untuk menciptakan aplikasi yang original karya kamu sendiri. Sehingga kamu bisa menciptakan aplikasi yang benar-benar sesuai minat kamu. Dengan demikian, kamu nggak hanya mengasah skill teknis membuat aplikasi, tapi juga skill kreativitas.

Selain itu, untuk ikutan kelas di Mataweb, kamu nggak perlu menunggu kelasnya memenuhi kuota murid. Asalkan ada murid, Mataweb bisa menyediakan kelasnya, kok.

Asyiknya lagi, Mataweb bakal menyediakan sertifikat untuk murid-muridnya, yang tentunya bisa kamu pakai saat ngelamar kerja atau magang nanti.

Biaya kelasnya berapa, nih? Berbeda-beda, sob, tergantung kelasnya. Mataweb memang punya kelas yang beragam dengan  materi pelajaran yang berbeda-beda juga, misalnya, kelas Android, Jquery Mobile, atau PHP Database.

Durasi total masing-masing kelas antara 6-14 jam, dengan kisaran biaya 5-6 juta rupiah. Kamu juga bisa mengambil ketiga kelas tersebut dengan harga paket yang lebih murah.

Webhozz Training
webhozz.com
Jl Raya Pos Pengumben No.9, RT5/RW6,
Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk
Jakarta Barat
021-53666207

Di Webhozz Training, kamu bisa belajar berbagai macam materi, mulai dari cara menginstalasi Eclipse, SDK, dan ACD, cara membuat Project Aplikasi Android dengan Eclipse, pemrograman Android dengan HTML 5, CSS3, dan JavaScript, dan banyak lainnya.

Webhozz Training menawarkan empat tipe kelas application maker yang bisa kamu pilih, yaitu regular class, private class, full-day class, serta corporate class.

Kisaran biayanya adalah 1,6 juta rupiah untuk 4-8 sesi pertemuan, tergantung tipe kelas yang diambil. Sementara durasi waktu pertemuannya sekitar 2,5 jam per sesi.

Dumet School
dumetschool.com
Untuk informasi alamat masing-masing cabang, cek situs Dumet School

Seperti Karisma Academy, Mataweb, dan Webhozz Training, Dumet School juga bukan sekolah khusus belajar membuat aplikasi, karena di sini kamu juga bisa belajar tentang web programming, web design, digitsl marketing, graphic design, Wordpress, Javascript, dan banyak lainnya.

Tapi kalau kamu hanya tertarik untuk membuat aplikasi, kamu bisa pilih kursus mobile app di Dumet School. Nantinya kamu akan diajarkan untuk membuat aplikasi mobile di berbagai sistem operasi seperti iOS dan Android, bahkan menggarap proyek pengembangan aplikasi mobile.

Harga kursus di sini beragam, dengan kisaran antara 1-6 juta per modul.

Contoh paket kursus web programming

Sayangnya, nggak semua jenis kelas tersedia di semua cabang Dumet School. Misalnya, kelas Android hanya ada Dumet School cabang Depok, tapi nggak ada di cabang Kelapa Gading, Srengseng dan Grogol.

Tapi enaknya, jadwal kursus di sini fleksibel banget, karena kelasnya nggak ada kuota murid. Bahkan kalau hanya 1 murid yang mendaftar, kelasnya bisa dibuka. Jadwal kelasnya pun fleksibel banget, bisa disesuaikan dengan dengan jadwal masing-masing murid.

(sumber foto: coredigitalworks.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©