Menu

Gaya Modifikasi Seragam Sekolah yang Nggak Bikin Kamu Kena Sanksi

Diadaptasi dari tulisan Ali Sobri dan laporan tim MySchoolPage (Rahmania Zara dan  Anzhari Ajmi dari SMAN 32, Jakarta) untuk Hai Online

Perkembangan fesyen nggak cuma bisa diikuti oleh para fashionista, lho. Kamu pun bisa tampil modis dengan seragam di sekolah. Iya, termasuk kamu, wahai siswa-siswa cowok!

Memang, sih, seragam sekolah nggak bisa dimodifikasi dengan terlalu ekstrim, apalagi kalau guru-guru sekolah kamu “galak” banget sama murid yang “merombak” seragam. Tetapi bukan berarti kamu nggak bisa tampil (sedikit) berbeda, dong.

Simak tips modifikasi seragam sekolah berikut ini, supaya kamu bisa tampil gaya, tanpa dianggap melanggar peraturan sekolah!

Gaya Kancing Sampai Leher

Kreatif dalam berpakaian itu memang susah-susah gampang, soalnya kalau salah gaya, kamu jadi malah kelihatan cupu.

Salah satu gaya berpakaian yang dulu dianggap “cupu” adalah memasang kancing baju sampai leher. Tapi zaman sekarang, gaya tersebut bisa diakali supaya malah jadi kelihatan keren.

"Kalau menurut gue, paling kece, tuh, kalau udah kancingin baju sampai ke atas. Terus paduin, deh, sama cardigan atau sweater yang bahannya nggak tebal, biar nggak gerah," ujar Putri dari SMAN 32 Jakarta. Yap, sejak akhir 2013 sampai sekarang, gaya ini memang lagi ngetren di kalangan pelajar SMP maupun SMA.

Back to Cutbray

Gaya celana cutbray—alias celana yang ketat di paha, dan melebar di bagian betis ke bawah—memang jadul berat, sih, tetapi fashion selalu berputar, dan gaya jadul diperkirakan akan ngetren lagi, kok. So, nggak ada salahnya kamu datang ke tukang jahit untuk merombak potongan celana seragam kamu. Lagian, dengan bercelana cutbray, kaki kamu jadi bisa “bernapas lega” sejak dari celana-celana stretch bin ketat yang ngetren banget beberapa tahun belakangan ini.

Kalau kamu merasa nggak cocok dengan gaya celana cutbray, kamu bisa mencoba gaya celana gulung. Gaya ini jadul juga, sih, tetapi kalau lipatan celana kamu pas, kadar kekecean kamu dijamin akan bertambah!

(sebaliknya, kalau lipatan celana kamu nggak pas, kamu malah jadi kelihatan seperti korban banjir. So, tiati, gaes!)

Oversized Hoodie

Nah, kalau celana udah oke, kamu bisa mendobel kemeja seragam kamu dengan hoodie yang oversized, alias agak kebesaran.

"[Gaya] hoodie begini, sih, memang gaya sehari-hari gue di sekolah. Kalau nggak [pake] hoodie, biasanya gue pakai jaket, deh," ujar Valdi, warga SMAN 32 Jakarta.

Kalau ada guru yang bertanya kenapa kamu menggunakan jaket di sekolah, kamu bisa menggunakan alasan ngeles andalan—nggak enak badan! Hehehe.

Aksesoris Simpel

Seragam putih abu-abu kamu yang standar bisa dibuat agak bervariasi dengan tambahan aksesoris yang simpel, misalnya jam tangan besar dan berwarna gelap yang bisa bikin tampilan kamu makin sporty.

Yang penting, gunakan aksesoris yang simpel, ya, supaya nggak memancing perhatian para guru yang kerap merazia barang yang mereka anggap “aneh-aneh”.

Seragam Minimalis

Seragam yang potongannya longgar memang identik dengan gaya seragam anak baru yang masih, ehem, cupu. Makanya, banyak anak SMP atau SMA—terutama yang sudah senior—yang mengecilkan seragam mereka. Selain supaya nggak kelihatan seperti anak baru yang masih cupu, seragam yang potongannya pas badan memang kelihatan lebih keren, sih.

Harus diingat, seragam yang pas badan akan menonjolkan lekuk tubuh kamu. Jadi kalau badan kamu keren, sih, oke banget. Tapi kalau perut kamu mbleber? Eaaa… Makanya, olahraga dulu, sob!

Harus diingat juga, seragam kamu jangan sampai terlalu ketat, bro. Nanti malah kelihatan alay! Haduh!

Jadi jangan lupa, konsultasi sama tukang jahit dan minta pendapat teman dekat dulu sebelum kamu mengecilkan seragam, supaya hasilnya nggak mengecewakan.

Selamat mencoba!

(sumber foto: hai-online.com, simonsaystoronto.blogspot.com, kapanlagi.com, rudibachtiar.wordpress.com, rooshvforum.com, lyst.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 1 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©