Menu

Ikutan Bimbel Itu Sebenarnya Nggak Perlu, Kecuali...

Kalau kamu ditanya, "Perlu nggak, sih, anak sekolahan ikutan bimbingan belajar?" Kamu pasti (dan akan selalu) jawab: tergantung.

Iya, tergantung. Kalau dibilang nggak perlu, ada juga kasus-kasus tertentu dimana peran bimbel  sangat menentukan masa depan kamu. Tapi kalau dibilang perlu, bimbel nggak selalu bisa menjadi solusi belajar kamu yang paling tokcer.

Apalagi biaya bimbel, tuh, nggak tergolong murah. Ikut bimbel setahun bisa lebih mahal dari SPP sekolah kamu tiga tahun, lho. Pait di kantong, makkk!

Makanya, menurut Youthmanual, sebenernya kamu itu nggak perlu ikutan bimbel, kecuali...

1. Kamu nggak bisa belajar tanpa didampingi orang yang lebih mengerti

Kalau kamu terbiasa belajar otodidak dan memang lebih fokus jika belajar sendiri, good for you. Kamu nggak perlu susah-susah mencari tutor untuk menjelaskan ulang materi pelajaran untuk kamu. Dengan kata lain, kamu nggak butuh bimbel!

Tapi kalau kamu justru nggak bisa belajar sendiri, ikut bimbel bisa menjadi pilihan yang tepat. Di tempat bimbel, ada banyak tenaga pengajar yang bisa kamu “ganggu” untuk membantu segala  gundah gulana kamu dalam belajar. Mereka juga tentunya akan memberikan metode, tips dan trik super saik agar kamu  dapat menyerap materi pelajaran dengan lebih baik.

2. Kamu merasa beberapa mata pelajaran yang didapatkan di sekolah kurang memuaskan

Ada kalanya kamu merasa nggak puas dengan sebuah mata pelajaran di sekolah. Entah karena gurunya sering absen, materi yang disajikan kurang lengkap, materinya memang susah, atau karena kamu nggak sreg dengan metode ajar guru kamu.

Daripada keteteran, cus ke bimbel aja!

Mungkin kamu merasa aneh kalau ikutan bimbel hanya untuk menguasai 1-2 mata pelajaran. Dan kalau mau les privat pun, biayanya bisa lebih mahal sekian kali lipat! Tetapi kalau kamu merasa mata pelajaran tersebut memang sangat penting untuk masa depan kamu, kenapa nggak?

Dulu temen saya ada yang ikutan bimbel dari kelas 1 SMA, hanya untuk fokus belajar Fisika dan Matematika. Hasilnya, dia tembus seleksi perguruan tinggi di salah jurusan teknik universitas ternama!

3. Kamu butuh belajar secara intensif

"Belajar intensif" bisa berarti berbeda-beda bagi setiap pelajar. Ada siswa yang butuh belajar intensif setiap musim ulangan, ada yang hanya butuh belajar intensif di tahun terakhir sekolah.

Sekali lagi, ini balik lagi ke gaya belajar kamu, ya. Kalau di kondisi-kondisi tersebut kamu masih bisa belajar sendiri, ya kamu nggak usah ikutan bimbel. Ikut bimbel nggak menjamin kelulusan, kok!

Tetapi kalau kamu ingin ikutan SBMPTN lintas jurusan, nah, kamu harus banget belajar intenstif, dan sebaiknya memang ikut bimbel. Belajar intensif di bimbel bakal membantu banget, lho!

Out of topic sedikit, ya. Walaupun kamu cuma punya waktu belajar dua bulan menjelang SBMPTN, bukannya nggak mungkin, kok, kamu mengejar peluang SBMPTN lintas jurusan. Jangan minder bakal kalah sama mereka yang udah belajar dua tahun sebelumnya, gaes, karena untuk sukses SBMPTN lintas jurusan, kamu NGGAK perlu menghafal SEMUA materi, kok.

Yang pasti, bimbel akan mendorong kamu latihan mengerjakan segudang soal, dan membantu kamu berdiskusi lebih dalam tentang materi apapun yang belum kamu pahami. Jadi kamu nggak perlu kelimpungan ketika harus belajar dari nol. Belajarnya lebih efektif, deh!

***

Terakhir, jangan sekali-sekali ikutan bimbel cuma karena ikut-ikutan teman, ya. Ingat, gaya belajar kamu nggak selalu sama dengan orang lain! Lebih baik kamu cari tahu lebih jauh gaya belajar seperti apa yang cocok sebelum memutuskan apakah ikutan bimbel adalah pilihan terbaik untukmu.

Baca juga:

(sumber gambar: bimbinganbelajarmedica.wordpress.com, bimbelprivatjogja.blogspot.com, print.kompas.com)

LATEST COMMENT
Aisyah Galuh | 4 jam yang lalu

Saya juga suka jasa titip. Tapi biasanya jastip saya dari toko online kemudian saya jual ke teman teman dengan menaikkan harga. Lumayan sih untungnya

10 Ide Bisnis Buat Mahasiswa dan Pelajar yang Nggak Menyita Waktu (Bagian 2)
Obbi Handira | 16 jam yang lalu

Program Pascasarjana S2 Terbaik di Sumatera Utara adalah Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area yang sudah Terakreditas A oleh BAN-PT, informasi lengkap kungjungi www.uma.ac.id dan pasca.uma.ac.id

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Agribisnis Terbaik
Obbi Handira | 2 hari yang lalu

Program Studi Ilmu Komunikasi terbaik ada di Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT Tahun 2019, informasi lengkap kunjungi www.uma.ac.id dan fisip.uma.ac.id

Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia Beserta Pilihan Kampus dan Prospek Kerjanya
Genius Revanza | 3 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©