10 Catatan Untuk yang Mengulang UTBK SBMPTN 2021

Mengulang UTBK untuk mendaftar SBMPTN 2021? Inilah 10 hal yang wajib kamu perhatikan.

1. Untuk mengulang, kamu harus lulusan SMA/Sederajat tahun 2020 atau 2019. Lulusan 2018 ke atas udah “expired” untuk ikutan UTBK tahun ini.

2. Kamu yang pernah lulus SNMPTN nggak bisa lagi ikutan UTBK. Misalnya, kamu diterima di SNMPTN 2020 namun setelah dijalani ternyata kamu merasa salah jurusan. Akhirnya,  memutuskan untuk pindah prodi. Otomatis kamu udah nggak bisa lagi nih, daftar UTBK 2021, karena sudah tercatat dalam data SNMPTN.

So, nggak semua lulusan SMA tahun 2020 da 2019 bisa ikut UTBK. Namun, kalau kamu pernah ikut SBMPTN dan seleksi mandiri, tampaknya nggak masalah untuk mengulang.

3. Materi UTBK 2021 memiliki perbedaan dengan ujian di tahun 2020 dan 2019. Di tahun 2020, ujiannya hanya TPS (Tes Potensi Skolastik), sementara di tahun 2021 ada TPS plus Tes Kompetensi Akademik IPA/IPS.

Pada  dasarnya materi UTBK 2021 hampir sama dengan UTBK 2019. Namun untuk TKA IPS tahun ini tidak ada lagi Matematika IPS, ya.

UTBK 2021 juga hanya  bisa dilakukan 1 kali, sementara pada tahun 2019 peserta memperoleh kesempatan maksimal 2 kali tes.

4. Jangan khawatir jika kamu pernah gagal di UTBK. Hal ini memberikan kamu pengalaman. Kamu dapat belajar dari kesalahan terdahulu. Kamu pun bisa lebih siap menghadapi ujian ketimbang peserta yang tidak mengulang.

5. Persiapkan 2 hal ini dengan lebih matang: Pilihan prodi dan penguasaan materi ujian. Jangan hanya salah satunya. Pilih program studi yang tepat, supaya kamu nggak perlu mengulang kuliah lagi. Kamu pun harus belajar dan mempersiapkan ujian dengan lebih keras, agar bisa unggul dari pesaingmu.

Apalagi kalau saat ini kamu sudah tidak di bangku sekolah dan belum  kuliah. Waktu dan perhatianmu bisa lebih fokus ke UTBK dan SBMPTN.

6. Pilihan prodi dan kampus tahun ini lebih banyak ketimbang yang sebelumnya. Ada 40 politeknik yang berpartisipasi dengan berbagai program D4. Kemudian, beberapa PTN (non poltek) mulai memasukkan prodi D4 mereka di SBMPTN tahun ini. Ada pula PTN yang memiliki prodi baru. Nah, kamu bisa eksplorasi kesempatan tersebut.

7. Cek lagi syarat prodi yang kamu inginkan, terutama soal lintas jurusan. Memang sih, di SBMPTN nilai rapor SMA kamu  nggak dilihat, tapi ada prodi dan PTN yang mensyaratkan pendaftar lulusan jurusan SLTA tertentu.

8. Kerjakan UTBK dengan maksimal. Selain untuk SBMPTN 2021, skor UTBK juga bisa dipakai di seleksi mandiri PTN, seleksi beberapa perguruan tinggi swasta, hingga penilaian calon maba di salah satu perguruan tinggi kedinasan.

9. Pendaftaran UTBK dilakukan bersaman dengan pendaftaran SBMPTN. Artinya, kamu belum mengikuti tes dan belum mendapatkan hasil ketika diminta menetapkan pilihan. Kamu bisa mempertimbangkan kemampuan dirimu, data passing grade dari tahun sebelumnya, keketatan persaingan, dan sebagainya. Asal, jangan berprinsip 'yang penting diterima', ya.

10. Tahun ini rencananya ujian masih dengan menerapkan protokol kesehatan. Sangat penting untuk mengikuti aturan tersebut.  Jangan lupa juga jaga kesehatan dan staminamu. Ini akan sangat memengaruhi performamu saat tes.

(Sumber gambar: Anna Tarazevich from Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1