8 Persiapan Sukses Lintas Jurusan Kuliah IPA-IPS dan Tes IPC

Kamu anak IPA yang tertarik ngambil jurusan kuliah IPS? Atau sebaliknya, anak IPS yang pengen lintas jurusan ke IPA?

Inilah 5 hal yang kamu harus siapkan akan mengambil tes IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran) di SBMPTN dan tes masuk perguruan tinggi lainnya.

1. Mantapkan diri. Kapan saatnya kamu menentukan untuk memilih IPC? Ketika mendaftar SBMPTN? Salah! Kamu harus menentukannya SEKARANG JUGA. Lebih cepat, lebih baik, karena kamu akan punya waktu untuk persiapan dan melakukan langkah-langkah berikut ini.

2. Tentukan pilihan jurusan dari program IPA dan juga IPS. Yup, karena kamu mengambil IPC, maka harus mengambil keduanya. Nggak bisa hanya IPS atau IPA.

3. Siap belajar ekstra keras, soalnya kamu dituntut untuk menguasai pelajaran IPA sekaligus IPS untuk tes masuk perguruan tinggi.

4. Walaupun lintas jurusan menjadi prioritas kamu untuk jurusan kuliah, kamu tetap nggak boleh kasih kendor dengan jurusan kamu sendiri. Jangan sampai nilai UN kamu jadi nggak karuan, gara-gara terlalu fokus mempelajari jurusan lain.

5. Sebaiknya kamu mengambil bimbingan belajar intensif yang sesuai dengan kebutuhanmu, bisa privat atau sistem kelas. Sebaiknya, pilih program IPC atau program yang nggak kamu dapatkan di sekolah. Contohnya di sekolah kamu di jurusan IPA, maka kamu kejar pelajaran IPS lewat kursus, atau sebaliknya.

6. Mesti rela ketika kamu hampir nggak memiliki waktu untuk santai dan kehidupan sosial. Apalagi kehidupan asmara. Hiks! Ibaratnya, bersusah-susah dahulu, untuk senang kemudian, ‘kan? *Amiiin

7. Mesti aktif belajar, nggak bisa mengandalkan guru di kelas atau les aja. Kalau bisa, bikin kegiatan belajar bareng sama teman yang juga semangat belajar. Biar bisa diskusi.

8. Nggak mudah untuk menguasai pelajaran yang berbeda dengan program yang kamu ambil. Harus punya semangat tinggi dan pantang menyerah.

Gaes, memilih program IPC itu memang membuat pilihan jurusan kuliah kamu jadi lebih luas dan lebih banyak. Tapi lintas jurusan itu nggak gampang, butuh kerja keras dan komitmen. Jangan asal ambil program IPC tanpa mempertimbangkannya dengan matang.

Untuk tambahan info kamu soal program IPC, cek informasi ini:

(sumber gambar: thekoterie.wordpress.com)

 

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
miaaa | 2 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 2 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 3 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1