8 Persiapan Sukses Lintas Jurusan Kuliah IPA-IPS dan Tes IPC

Kamu anak IPA yang tertarik ngambil jurusan kuliah IPS? Atau sebaliknya, anak IPS yang pengen lintas jurusan ke IPA?

Inilah 5 hal yang kamu harus siapkan akan mengambil tes IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran) di SBMPTN dan tes masuk perguruan tinggi lainnya.

1. Mantapkan diri. Kapan saatnya kamu menentukan untuk memilih IPC? Ketika mendaftar SBMPTN? Salah! Kamu harus menentukannya SEKARANG JUGA. Lebih cepat, lebih baik, karena kamu akan punya waktu untuk persiapan dan melakukan langkah-langkah berikut ini.

2. Tentukan pilihan jurusan dari program IPA dan juga IPS. Yup, karena kamu mengambil IPC, maka harus mengambil keduanya. Nggak bisa hanya IPS atau IPA.

3. Siap belajar ekstra keras, soalnya kamu dituntut untuk menguasai pelajaran IPA sekaligus IPS untuk tes masuk perguruan tinggi.

4. Walaupun lintas jurusan menjadi prioritas kamu untuk jurusan kuliah, kamu tetap nggak boleh kasih kendor dengan jurusan kamu sendiri. Jangan sampai nilai UN kamu jadi nggak karuan, gara-gara terlalu fokus mempelajari jurusan lain.

5. Sebaiknya kamu mengambil bimbingan belajar intensif yang sesuai dengan kebutuhanmu, bisa privat atau sistem kelas. Sebaiknya, pilih program IPC atau program yang nggak kamu dapatkan di sekolah. Contohnya di sekolah kamu di jurusan IPA, maka kamu kejar pelajaran IPS lewat kursus, atau sebaliknya.

6. Mesti rela ketika kamu hampir nggak memiliki waktu untuk santai dan kehidupan sosial. Apalagi kehidupan asmara. Hiks! Ibaratnya, bersusah-susah dahulu, untuk senang kemudian, ‘kan? *Amiiin

7. Mesti aktif belajar, nggak bisa mengandalkan guru di kelas atau les aja. Kalau bisa, bikin kegiatan belajar bareng sama teman yang juga semangat belajar. Biar bisa diskusi.

8. Nggak mudah untuk menguasai pelajaran yang berbeda dengan program yang kamu ambil. Harus punya semangat tinggi dan pantang menyerah.

Gaes, memilih program IPC itu memang membuat pilihan jurusan kuliah kamu jadi lebih luas dan lebih banyak. Tapi lintas jurusan itu nggak gampang, butuh kerja keras dan komitmen. Jangan asal ambil program IPC tanpa mempertimbangkannya dengan matang.

Untuk tambahan info kamu soal program IPC, cek informasi ini:

(sumber gambar: thekoterie.wordpress.com)

 

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1